Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru

Dari dulu saya pengen banget mengulas tentang Transportasi dari Singapore ke Johor Bahru, tapi rencana tersebut selalu pending karena stock foto saya yang hampir ngga ada. Maklum, kalo saya sudah kecapekan bawaannya males banget ngeluarin kamera, sekalinya kamera keluar yang dijepret malah foto narsis. Namun, karena banyak yang nanya di email, ya sudahlah ini saya tulis...jangan dikira hoax yah kalo fotonya minimalis.

Johor Bahru memang lagi happening sekitar 3 tahunan ini, perlu diacungin jempol deh pemerintah Malaysia yang bisa mengemas tempat-tempat wisata di Johor Bahru. Sebut saja ada Legoland, Hello Kitty Town, The Liitle Big Club dan buat kaum hawa Johor Premium Outlet sering bikin iman belanja goyah.

Magnet wisata Johor Bahru karena letaknya yang bersebelahan dengan Singapore. Kalo saya perumpamakan seperti antara Surabaya dan Madura yang dipisahkan laut namun disatukan oleh sebuah jembatan. Meski saya punya pengalaman pahit di artikel (baca : Cara ke Singapore dari Johor Bahru) yang ketinggalan pesawat AirAsia, tapi Johor Bahru tetap menarik dihati cieeee

Nah, penerbangan pesawat Johor Bahru itu sedikit ajaib..kayaknya selalu ngga pas banget sama jadwal traveling, makanya kebanyakan wisatawan berangkat dari Singapore atau banyak juga yang sudah puas di Singapore lalu menyeberang ke Johor Bahru. Biar ngga bingung lagi tentang transportasinya, saya tulis Transportasi dari Singapore ke Johor Bahru yang dimulai dari Changi Airport maupun dari kota Singapore :

Transportasi dari Changi Airport ke Johor Bahru
Di Changi Airport untuk menuju Johor Bahru disediakan Coach yang dikelola oleh Transtar Travel dengan nomor bus TS1. Bus bisa ditunggu di Terminal 1 di Arrival Hall Coach Bay 2 didepannya resto fast food Burger King, sedangkan yang di terminal 2 maupun terminal 3 saya kurang tahu pasti letaknya. Karena biasanya saya naik pesawat low cost semacam airasia, tigerair dan jetstar yang turunnya di Terminal 1.


Biayanya untuk menaiki bus adalah $10 (adult) dan $5 (child) bisa dengan uang tunai maupun dari Ez-link Card. Keberangkatan bus mulai pukul 8.15 sampai pukul 11.00 malam, karena peminatnya banyak usahakan datang minimal 30 menit sebelumnya. Bus TS1 ini nantinya pemberhentian terakhirnya adalah JB Sentral.

Dari Changi Airport menuju Woodland (imigrasi perbatasan Singapore ke Johor Bahru ) kurang lebih 45 menitan. Semua penumpang harus turun beserta barang bawaannya seperti koper dan sebagainya harus dibawa untuk menuju imigrasi yang letaknya di lantai 2. Bus akan menunggu sekitar 10 - 15 menitan. Disinilah biasanya para penumpang Indonesia sering ngedumel karena kita harus cepat untuk proses imigrasi, kalo tidak kita akan ketinggalan bus. Belum lagi kalo weekend yang antri panjang banget, harus sabar dan ikhlas hehehe...

Biasanya banyak penumpang yang lari-lari marathon, sambil bawa koper dan sambil gendong anaknya. Kalo saya sih santai saja jalannya, karena kalo sudah tertinggal bus TS1 masih bisa naik bus TS8 asalkan karcis yang saya beli tadi ngga hilang. Jadi karcis pembelian TS1 harus disimpan baik-baik jangan sampai dibuang karena untuk naik bus lagi.



Setelah proses imigrasi selesai, saya naik bus lagi untuk menuju JB Sentral. JB Sentral ini merupakan imigrasi Johor Bahru yang jaraknya cuma 5 menit dari Imigrasi Singapore. Lalu jika ingin melanjutkan ke tempat wisata Johor Bahru bisa langsung naik bus LM 1. Rute Bus LM1 adalah JB Sentral - Hello Kitty - Legoland dengan biaya RM 5.40


Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru
  • Coach Singapore Flyer to Legoland Malaysia

Kalo yang ngga mau repot bisa bisa naik Coach yang dikelola oleh WTS Travel, rutenya start dari Singapore Flyer lalu turun di Legoland. Karena peminatnya cukup banyak sebaiknya untuk menaiki coach ini, booklah secara online terlebih dahulu. Biayanya adalah $20 two way Coach dengan jadwal keberangkatan 8.30 am. 09.00 am dan 10.30 am. Biar tidak kecewa, yang belum book sebaiknya jangan langsung datang ke Singapore Flyer karena pasti akan penuh.



Cara ke Singapore Flyer :
bisa diakses dengan MRT Promenade Exit A lalu berjalan sekitar 10 menitan.

  • Superior Coach dari MRT Lavender 

Bagi yang menginap di daerah Lavender bisa banget naik Coach ini yang mangkalnya di depan station MRT Lavender exit B. Lokasinya pas di Mc Donalds. Berbeda dengan dengan Coach yang berangkat dari Singapore Flyer yang ada 3 kali sehari, Superior Coach jadwalnya cuma 1 kali sehari pukul 08.30 dengan kepulangan ke Singapore 17.30. Biayanya juga sama $20 two way, dan harus book online terlebih dahulu ya....

Ini ada juga yang paket dengan tiket Legoland


websitenya googling aja ya hehehe (lagi pelit ngasih link)

  • Transportasi dari Resort World Sentosa ke Johor Bahru 

Mungkin ini rekomendasi buat yang menginap di sekitar Resort World Sentosa untuk menaiki bus RWS8. Busnya sama seperti yang di Changi Airport dikelola oleh Transtar Travel, namun ini start dari Sentosa. Untuk menunggu bus bisa langsung menuju Resort World Sentosa yang parkirannya casino. Kalo dari Universal Studio Singapore turun eskalator yang didepannya resto Malay Village.



Yang membuat istimewa alasan memilih Coach adalah ketika di Imigrasi Woodland dan JB Sentral tak perlu lari-lari ketinggalan bus. Si coach ini bakal nungguin kita dengan santai sampai semua penumpangnya naik dan ngga perlu bawa koper ke imigrasinya. Lumayan ngga perlu ngeluarin tenaga ekstra untuk jalan cepat dan angkat koper.

...

Panduannya kayak gini ya : start dari MRT Kranji - Naik CW 1 turun di Woodland Checkpoint - Imigrasi - Naik bus CW1 lagi - Turun di JB Sentral - Imigrasi - kemudian bisa melanjutkan perjalanan naik bus entah ke Senai Airport - atau bus LM 1


Nah, dari semua pilihan yang ada diatas, saya paling suka yang start dari MRT Kranji karena lebih hemat hehehe... Hitungannya sih kalo saya sama suami dan anak jika naik coach bertiga bisa kena $60 alias 600ribu, belum termasuk tiket legoland, hello kitty dsb. Jadi saya lebih milih sengsara sedikit tapi hemat (duh emak-emak banget sih). Coach itu saya naiki kalo bareng teman ke Singaporenya, jadi kalo bawa keluarga saya lebih memanfaatkan tenaga suami untuk angkat-angkat barang di imigrasi JB Sentral maupun woodland hehehe (sadis)

Rute : MRT Kranji, CW 1 dan LM1 merupakan favorit saya. Letak MRT Kranji ini hampir ujungnya Singapore, jadi jika dari kota kurang lebih waktunya 40 menitan. Usahakan pagi sekali start dari penginapan kalo ingin main di Johor Bahrunya sebelum siang bolong. Biayanya cuma $2 yang bikin saya bahagia. Setelah turun di MRT Kranji langsung cari exit C, kemudian menunggu bus didepan station MRT dengan nomor CW 1 . Busnya dioperasikan oleh Causewaylink dengan warna kuning menyala. 

Bus CW 1 akan berhenti di Woodland Checkpoint untuk proses imigrasi, penumpangpun harus turun beserta barang bawaannya. Lalu naik ke lantai 2 untuk proses imigrasi, kelar imigrasi turun lagi di lantai 1 dan antri bus yang sama seperti tadi. Disini nanti kita ketemu sama coach WTS Travel, Transtar dan sebagainya, tapi tetaplah naik Causewaylink ya dan tidak menghilangkan tiketnya.



Saya kemudian naik bus CW1 lagi untuk menuju Johor Bahru Checkpoint (CIQ), semua penumpang wajib turun membawa semua barang bawaannya untuk menuju lantai 5 imigrasi. Di JB CIQ ini setelah proses imigrasinya selesai bisa langsung menuju JB Sentral untuk menaiki bus LM 1.

Alternatif ke-2 jika ngga ingin naik MRt bisa juga naik bus dari Queen Street Terminal :
Beberapa kali ke Johor Bahru saya lebih suka start-nya naik MRT, tapi beberapa adapula yang naik dari Queen Street Terminal yang lokasinya di Bugis. Alternatif ini recommended buat yang menginap disekitaran Bugis. Nanti di Bus tersebut bisa naik CW2, pengalaman beberapa teman mudah kok cari busnya, karena petunjuknya sangat jelas.

...

Beberapa istilah ini mungkin akan sedikit membingungkan yang baru pertama kali ke Johor Bahru :

  • JB Sentral : 

Merupakan bangunan yang menjadi satu dengan JB CIQ, merupakan station, mall dan juga terminal untuk melanjutkan perjalanan ke pusat kota maupun beberapa wisata di Johor Bahru

  • Larkin Bus Terminal :

Terminal Bus di Johor Bahru
  • JB CIQ : 

Johor Bahru Custom & Immigration Quarantine atau sering disebut kastam, merupakan imigrasi Johor Bahru yang letaknya di perbatasan antara Singapore
  • CIQ 2nd Link : 

imigrasi Johor Bahru ada 2 satu JB CIQ yang satunya lagi CIQ 2nd Link, jika turunnya di imigrasi ini maka untuk ke Legoland, hello kitty dsb naik Bus JPO2 bukan Bus LM1 

Untuk ke CIQ 2nd Link, rute transportasinya berbeda dengan rute menuju JB CIQ. Akses transportasinya dari Singapore dimulai dari MRT Jurong East lalu naik CW3 atau CW4 nantu turun CIQ 2nd Link. Untuk proses naik maupun turun imigrasi sama dengan yang JB CIQ.

Setelah proses imigrasi beres, untuk ke legoland dan beberapa tempat wisata Johor Bahru kemudian naik JPO 2. 

Rute Bus 


  • Woodland  Checkpoint : 

Imigrasi Singapore, perbatasan antara Johor Bahru dan Singapore
  • Senai Airport : 
nama bandara di Johor Bahru,  jika start dari airport menuju ke Singapore bisa ikuti panduan ini :


Ini penampilan bus Causeway Link dengan warna kuning dan ini foto sewaktu saya naik free shuttle bus airasia dari Senai Airport

Hmmm, gimana-gimana masih bingung ngga Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru??? kalo masih bingung bisa tanya langsung di kolom komentar "feel free"

Noted: Biar nyaman, jika naik bus naik turun di Singapore - Johor Bahru maka lebih baik membawa tas ransel.

You Might Also Like

105 komentar

  1. Wahhh, kapan ya aku bisa ke Singapura? 😊
    Artikelnya keren.

    ReplyDelete
  2. Wahhh, kapan ya aku bisa ke Singapura? 😊
    Artikelnya keren.

    ReplyDelete
  3. berarti kalau naik coach kayak tiket terusan gitu ya (((tiket terusan))), enak dong nggak perlu bingung cari transportasi lain *noted*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coach itu seperti tiket bus PP mba :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. mbak, terimakasih untuk sharingnya sangat membantu hehe.
    yang saya masih bingung, bagaimana untuk kembali dari legoland ke Senai airport lagi yah?n LM1 apakah berlaku untuk rute kembali?
    mohon pencerahannya hehe terimakasih

    Vivi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab ya :D

      Klo dari Legoland ke Senai Airport naik bus JPO2 rutenya adalah legoland-hello kitty- JPO - senai airport

      LM 1 itu kalo dari JB Sentral ke Legoland. Jadi LM1 itu ngga ke senai airport.

      Thx, semoga ngga bingung lagi ya :D

      Delete
  5. Hai mba salam kenal. Aku mau ke legoland dari changi airport kalo naik TS1 n tertinggal nanti bagaimana mba? Ada bus lain lagi? Dan brapa lama perjalanan tiba dilegoland. Trims yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya kalo TS1 itu ngga akan ninggalin penumpangnya karena mereka kan seperti travel service jadi di JB sentral nungguin penumpngnya lengkap baru berangkat.

      Tapi buat jaga2 saya ksih tahu bus Jb sentral ke Legoland bisa naik LM1

      Delete
  6. Halo mbak, seneng banget yah saya nemu blog ini... penjelasannya lengkap. Kebetulan dalam waktu dekat saya dan kawan-kawan mau ke singapore - Malaysia, masih agak bingung nih, karena kita mua ke KL Sentral naik sleeper train dari JB Sentral. Nah yang mau saya tanyakan, di JB Sentral stasennya sebelah mana yah... apa dictionary di sana lengkap dan jelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didalamnya gedung JB Sentral. Nanti di JB Sentral ada banyak security & information, kamu bisa tanya mereka :)

      Delete
  7. mba kalo dr queenstreet terminal maka turunnya di larkin bus terminal atau di jb sentral? kemudian bus dr johor ke KL apa bisa tiketnya dibeli pada hari itu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi maaf baru balas :D

      Dua2nya bisa, mau turun jb sentral atau larkin. Rencananya mau explore johor atau lanjut ke KL? Tiket bus bisa dibeli langsung tapi kalo ke KL ke johor biasanya saya lebih suka naik kereta daripada bus

      Delete
    2. mau lanjut kl via bus mba karena menurut orang2 lebih cepat bus drpd kereta.
      kalo bus dr queenstreet lebih dulu berhenti di jb sentral atau larkin mba?

      Delete
  8. Mba saya mau tanya, dalam dekat ini saya mau ke SG 4hari Nah rencananya 1 hari mau main ke JB. Dari JKT setibanya di SG harus isi kartu imigrasi, disitu ada kolom "Next City/Port of Disembarkation After Singapore" itu kita isi Singapore atau Johor Bahru ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. next city tulis ke Negara kembali biar tidak banyak pertanyaan.

      Delete
  9. Halo mbak,

    Jadi ditulisnya singpore ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditulis Negara kembali, contoh saya dari Surabaya, jadi Surabaya (Indonesia)

      Delete
  10. Halo mbak

    Jika naek bus ts1 terus keburu ditinggal karna imigrasi lama, selanjutnya harus naek bus apa ya?

    Rencana saya rombongan keluarga ber 5

    ReplyDelete
  11. Halo mbak,

    Saya rencana sekluarga (4 dws, 1 anak) mau ke johor bahru dr changi, mohon infonya:

    1. Jika saya bawa stroller quinny yg gede bisa ya naek bus ts1?
    2. Klo trnyata pas di imigrasi antri lama dan ketinggalan bus ts1, selanjutnya gimana ya mbak? Naek bus Ts8 itu dimana ya?
    3. Setelah turun di imigrasi Malaysia, apakah naek bus yg sama lagi utk ke jb sentral?
    4. Dari sana kami hendak nginap di citrus hotel, naek apa ya sebaiknya?

    Terimakasih

    - Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, saya bantu jawab ya...

      1. Bisa, asal harus dilipat ya...karena naik bus kan harus cepat..
      2. Bisa naik TS8, semua pemberhentian bus jadi satu jadi kalo bingung bisa tanya ke petugas atau ikuti papan penunjuk menuju pemberhentian bus.
      3. Imigrasi Malaysia itu jadi satu dengan JB Sentral.
      4. Dari JB Sentral bisa jalan kaki sekitar 1 km ke Citrus, coba cek artikel saya yang Kuliner Johor Bahru http://www.diarysivika.com/2016/03/kuliner-johor-bahru-hua-mui-restaurant-it-roo-cafe-eh-hee-cafe.html Di artikel tersebut ada panduan ke Hipster Street kuliner johor bahru dan melewati citrus hotel

      Delete
    2. terimakasih banyak mbak :)

      - ari

      Delete
  12. Hai sis mau tanya,ini naik mrt turun di kranji yg line merah ( north south line ) kan ya? Nanti keluar mrt kranji baru naik bus lagi,betul tidak?thx

    ReplyDelete
  13. hai mbak....
    1.Mau nanya dong, klo dari JB Sentral mau ke KL Sentral gimana yah??
    2.Klo Coral itu dari JB Sentral naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naik bus dari larkin atau kereta dari JB sentral, saya sih lebih suka naik kereta.

      Kalo sudah sampai ke Kl sentral untuk ke colmar, berikut panduannya : http://www.diarysivika.com/2015/12/colmar-tropicale-desa-perancisnya-kuala.html?m=1

      Delete
  14. mau nanya

    1. dari stasiun mrt kranji untuk beli tiket bus nya bagaimana?
    2. cara balik lagi ke singapore bagaimana?
    3. brp jam sekali bus tsb ada, singapore-jb-singapore? apakah tiap jam ada ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Langsung bayar ke driver, sebaiknya selalu bawa uang pas karena mereka tidak akan mengembalikan uang jika lebih.

      2. Untuk kembali ke Singapore dari JB sentral naik CW2, tempat pemberhentian bus ada di bawah JB Sentral. Jika bingung lokasinya bisa menanyakan langsung ke beberap orang, tiketnya langsung bayar ke driver dan bayar dengan uang pas.

      3. Saya tidak tahu persisnya jadwal keberangkatannya, tapi durasinya cukup sering.

      Delete
  15. Mb makasih udah share gimana cara ke legoland by singapore
    Klo boleh tau itu yg pp $20 belum termasuk tiket masuk ke legoland theme park ya mb?
    Brp harga tiket masuk peroranganya mb? Apakah ada paket keluarga bwt 5 org g ya mb (biar lebih murah hehehe ) sebelumnya terimakasih mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu busnya aja mba tanpa tiket.

      Tiket legoland harganya RM158 sekitar 580.000 an. Ngga ada paket keluarga mba cuma per orangan.

      Delete
  16. halo vika,,untung ketemu blog kamu,, hehe,, sleepers train kan ud ga ada tuh,, na bsok ak mo ke singpore, lanjut KL, mo mmpir JB dlu,, baru hbs tu naik psawat dr JB ke KL, yg cmn 100rb,, krn klo mo naik bis ke KL katanya view biasa saja,, nah,, kalo naik bis kan jg ak baca2 mahal jg 250an rb,, $26 gt kan,, atau km ada ide enaknya gmn,,dari JB ke KL,, kreta jg view bakal biasa,, klo psawat disini 95k ( http://www.airpaz.com/en/search/result?dda=11-10-2016&fc=Johor+Bahru+-+JHB&tc=Kuala+Lumpur+-+KUL+%7C+SZB&tt=0&ad=1&ch=0&in=0 ) thx u ya vika info dari km hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sleeper train atau KTM masih ada di tahun 2016 ini dari JB sentral ke KL biayanya sekitar RM45-RM36. Thanks

      Delete
    2. Bantu jawab yaa..iya untuk sleeper train untuk sementara ngga ada dulu ngga tau sampe kapan..jadi rute train jadi jb sentral-gemas trus gemas-kl sentral

      Delete
  17. Halo vika..mau tanya,saya desember ini ke sing tapi malamnya saya naik kereta jam 11 malam dari jb sentral ke kl..kira" saya dari changi jam brp ya untuk ke jb sentral via mrt kranji..dan berapa biaya untuk naik cw 1 nya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali dari changi mending langsung naik coach dari Changi turun langsung ke Johor biayanya SGD10. Ambil coach sekitar 3 jam sebelum keberangkatan kereta.

      Delete
    2. Mbak brarti dah ke KL via Johor naik kereta ya? Share donk mbak naik Dr stasiun mana turun mana dan mesti lanjut lagi ga?
      Lalu apa itu sleeper train juga? Beli tiket nya brp dan dimana ? Bisa go show ato mesti pesen?

      Delete
  18. hei mbak...
    mo nanya kalo dari senai airport ke pusat kota kira2 berapa lama ya?
    taun depan aku ada rencana ke JB-SG kalo mo jalan2 sehari aja di JB enaknya kemana aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke JB sentral sekitar satu jam dari senai. Mungkin ke legoland + JPO + kuliner hipster street. Cek artikelnya di label Johor Bahru :D

      Delete
  19. Hay mba.. Aku mau tnya ne. Rencana setelah seharian main di sin, mau nginap di JB utk bsknya main ke legoland. Trs sorenya lanjut ke KL. Ini bagusnya gmn ya mba? T4 penginapan di JB,naik bus ke legoland, serta bus dan biaya ke KL. Trmksh byk mba.

    ReplyDelete
  20. Hay mba.. Aku mau tnya ne. Rencana setelah seharian main di sin, mau nginap di JB utk bsknya main ke legoland. Trs sorenya lanjut ke KL. Ini bagusnya gmn ya mba? T4 penginapan di JB,naik bus ke legoland, serta bus dan biaya ke KL. Trmksh byk mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga masalah sih nginep di JB malah lebih enak lebih murah daripada Sin :D nginepnya di daerah JB sentral aja. waktu itu saya menginap di Citrus Hotel, oke sih strategis.

      Untuk transportasi dan kuliner JB silahkan buka label/tag Johor Bahru ya...ulasannya saya tulis lengkap.

      Untuk transport JB-KL saya biasanya naik kereta KTMB sekitar 21 MYR. Untuk tiket bisa dibeli di KL Sentral. Keretanya berangkat malam jadi bisa tidur di kereta. Mohon maaf jika bus saya belum pernah.

      Thanks

      Delete
    2. typo sorry maksud saya tiket bisa dibeli di JB sentral lantai 2 ^^

      Delete
  21. Haii mba..salam kenal mau tanya tau ga caranya kl dr sing ke jb tapi naik taxi?

    ReplyDelete
  22. Haii mba..salam kenal mau tanya tau ga caranya kl dr sing ke jb tapi naik taxi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kalo naik uber :D lebih asik dan lebih murah dibandingkan taksi.

      Kalo naik taksi dari Sing saya belum pernah ada pengalaman, maaf ya dear.

      Delete
  23. Mba..kalo yg coach itu, selalu bolak balik ya? Gak bisa beli searah aja? sy rencana nya dr SIN ke JB trus mo ke KL..makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coachnya beli dimana? Ada link nya mba?

      Delete
    2. Beli online di WTS Travel atau Superior Coach

      Delete
  24. Hai mba, aku rencana akhir tahun inj mau ke sg, awal tgl 1 nya aku ke JB bawa anak main ke lego (nginap sih), klo dari sg ke jb enak naik apa yaa mba, yang ga perlu turun naikkan barang. Dan mesti naik lewat mana, nanti setelah nyampe jb sentral aku ke hotel (dekat legoland) aku mesti naik apa. Karena aku bawa anak. Makasih mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba

      Sudah saya ulas di atas, untuk transportasi bisa naik coach WTS Travel dan Superior Coach. Kalo turun memang harus turun karena pemeriksaan imigrasi, sedangkan barang bisa tidak dibawa.

      Untuk transportasi di JB Sentral bisa di cek yg artikel "Memahami transportasi di JB" di label Johor Bahru

      Delete
  25. Hi mb Fika, tlg masukannya yah. Kami 3 Des, 2 toddler, rencana bakal mendarat di sing pk. 16.35. menimbang lamanya perjalanan Dr Mksr ke sing, rencana kita mau naik taxi aja menuju JB. Apa boleh dan bisa naik Uber/grab dr Changi ke JB? Kalau bisa, naiknya dr pick up point juga? Atau hrs ngumpet" kaya di jkt :-p Tq sebelumnya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga perlu ngumpet sih mba :D legal kok hehehehe...

      Kalo naik Taksi atau uber sekitar 4 jutaan ke JB. Kalo mau lebih hemat bisa menggunakan coach sama nyamannnya kayak taksi dan bus tersebut juga nungguin semua penumpang ketika di imigrasi.

      Delete
  26. hi fika mau tny apa benar di legoland panas skl? krn sy rcn bawa 2 anak 2,5th dan 4,5th
    legoland ada rental stroller?
    dari legoland ke hello kitty kira2 brp jauh dg taxi?
    di legoland byk taxi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya panas, karena JB tanahnya tandus dan sekitarnya masih banyak lahan kosong. Panasnya sama kayak Jakarta lah.

      Stroller ada persewaannya. Taksi juga ada banyak, lebih murah naik uber :D Tapi kalo pengen naik bus, nyaman juga. Saya sendiri sering bawa anak saya yg umur 5 tahun naik bus nyaman n ngga rewel :)

      Delete
    2. vik mau tanya universal studio ke sea aquarium brp jauh? jalan kaki dekat?

      Delete
    3. hi maaf baru balas...

      Dekat banget...dari globe USS itu sea udah terlihat :D

      Delete
  27. Mbak dr mrt bugis ke terminal queen street jauh ga dan gampang ga? Cw2 hrg brp? Turun di jb sentral trus naik cw2 lagi? Abis itu turun dimana lagi dan lanjut naik bis apa lagi? Tujuan legoland. Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gampang :D lebih mudah lagi setting GPS ke queen street. Jangan lupa beli sim card dulu, cek caranya di label Singapore.

      Saya lupa persisnya harganya, sekitar 2-3 dolaran.

      Ke Legoland dari JB Sentral naik bus LM 1, rute lengkap bisa cek artikel saya di label johor bahru atau klik ini dari hp
      http://www.diarysivika.com/2016/04/pahami-rute-bus-di-johor-bahru.html?m=1

      Delete
  28. Hi mba Fika...
    Mba sy mau tanya kalau dr sentosa resort mau ke legoland itu naik bus sekali aja? Gak perlu turun2 lagi kecuali di imigrasi?
    Oh iya sama satu lagi..( agak melenceng dr topik siih �� ) mba.. kalo titip koper di hotel selama 2 hari gitu bisa gak sih mba biasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya turun sekali di imigrasi :D

      Boleh :D jangan lupa cek tingkat keamanan tas kita karena biasanya koper kita hanya diletakkan begitu saja tanpa ada tanda bukti untuk pengambilannya. Jadi pastikan keamanannya ya^^

      Delete
  29. haii mba...
    tau ga klo bus dr singapure (sentosa) ke jb sentral terakhir jam brp ?
    plan mo main2 di singapure trus ttp balik ke johor mlm nya gtu.
    thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. sentosa ke JB sentral naik TS8, bus terakhir jam 00.15. Bus ini ada setiap satu jam sekali ^^

      Delete
    2. nunggu nya d sebelah mana yaa mba hehe.. n tarif brp ya
      ? maaf yaa nanya mulu

      Delete
    3. Mba Vika.. kmrn sy sempet tanya coach dr sentosa ke johor..org tiketing nya geleng2 kepala doang trs bilang gak ada bus dr sentosa ke johor. Akhirnya sy naik bus dr changi lagi bayar nya only 5 sgd for adult , 2,5 sgd for kids.
      Pulang nya sy naik bus dr legoland langsung turun di jurong east..stlh itu nyambung pakai mrt ke orchard 😊

      Delete
    4. Hah serius sekarang TS8 udah ga ada? Aku terakhir naik bus ini awal 2016 yang lalu.


      Terima Kasih ya infonya.

      Delete
    5. Hi @sandyawike untuk memastikan TS8 masih beroperasi silahkan email di general@transtar.com.sg , terkait info dari @intan di atas.

      Delete
  30. halo vika apa kabar nih saya selalu terbantu oleh blog ini ketika saya ingin jalan jalan ke sing atau malay.butuh bantuan vika nih ?
    1. saya akan ke johor baharu via singapura saya dari daerah bugis via apa ya ? 2. langsung cek in dulu ke citrus hotel langsung mau ke lego land naik apa ya dari hotel dan balik nya naik apa ya ? 3. besok nya saya balik ke indo via changi pesawat jam 3 naik apa yah ke bandara ? sorry banyak pertanyaan nya heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1.Naik CW2 dari queenstreet terminal.

      2. Naik LM1 dari JB sentral, baliknya juga sama busnya

      3. Naik Coach TS1

      Thanks

      Delete
    2. thanks vika. oo iya kira kira lama perjalanan dari jb sentral ke changi airpot berapa lama yah vika ? sekali lagi Tq , saya sangat terbantu oleh blog ini waktu 6 bulan lalu ke malaysia dan di singapura dengan aplikasi go there nya heheh

      Delete
    3. Ah jadi semangat nulis nih kalo dapat support kayak gini hehehehe...terima kasih ya udah nyasar ke blog ini :D

      Untuk bus, normal perjalanannya 1,5 jam ya..tergantung trafficnya juga.

      Delete
  31. Hai mba vika ..
    Ikutan nanya, rencana mo ke jb via sing krn pesawat dr kotaku yg direct adanya sing.

    1. Biasanya di imigrasi (changi) kan nanya "stay dimana selama di singapur?"

    Jawaban yg aman apa yaks? Blg stay di jb kah krn cm transit or?

    Thanks yaks .. artikelnya helpful bgtssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bilang aja transit mau ke JB, kalo bilang transit malah lebih enak ngga ditanya macem2.

      Delete
  32. Mbak thx ya blognya helpful bgt,, tdnya ragu2 mau ke jb dr sin, abis baca ini jd semangat pgn nyubain,, bte mbk,, rencananya sy mau nginep di bugis, trs klo ke jb lbh cpt pk mrt ke kranji atau bus dr queenstreet ya mbk? Thx before :D

    ReplyDelete
  33. Hi.. mbak mau tanya nih.. Saya rencana mau Ke JB melalui sing Jd rencana rute Saya Dari sing ( changi ) lagsg ke Jb nginap 2 malam lalu balik lagi ke sing nginap 1 malam. Di JB Saya hanya rencana ke JP outlet Dan jalan2 di beberapa tujuan wisata.. yang mau Saya tanyakan :
    1. Dari rute Saya Dari changi ( sy naik airasia) ke jb Saya naik Apa Dan disblah mana tempat naik nya
    2. Apakah Ada ide hotel di JB yg murah bersih
    3. Bagaimana balik nya Ke sing nya menuju tujuan Ke area bugis .. mulai Dari hotel yg di JB ke bugis
    Thx buat feedback nya .. sory banyak pertanyaan nya Dan mgkn mbak Dah bosan ngejawabin pertanyaan hehehe soalnya masih baru Dan blm pernah .. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo

      1. Ini review untuk transport ke JB dan jawaban no 3 ya
      http://www.diarysivika.com/2016/02/transportasi-dari-singapore-ke-johor.html?m=1

      2. Biasanya saya di Citrus Hotel
      Ini rutenya ke Citrus Hotel :

      http://www.diarysivika.com/2016/03/kuliner-johor-bahru-hua-mui-restaurant-it-roo-cafe-eh-hee-cafe.html?m=1

      Thank u 😊

      Delete
  34. mbak mohon masukannya, rencana sy dan teman2 dari SG mau ke Bandara Senai. Rutenya MRT little India-Woodlands lalu lanjut woodlands-JB Sentral-Senai airport dgn Uber. Jadwal keberangkatan pesawat kami dari Senai airport pukul 10.40. Kira2 keburu tdk ya dgn rute sprti tadi,trmasuk utk mengurus di imigrasi? terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Start mulai jam brp dari MRT little India? Kalo menurutku sih lebih baik nginep di JB aja kalo flight pagi, karena selain macet woodland ke JB sentral juga imigrasi JB itu padat, belum lagi dari JB sentral ke senai sekitar 50 menit. Oia jgn lupa MRT baru beroperasi jam 5.30.

      Waktu itu aku juga pernah ketinggalan pesawat di JB, sama sih dari little India dan flight jam 10.40 hehehe... saran aja nih, jadi lebih baik menginap di JB :D

      Delete
    2. kalau misalkan sy menginap malam di JB Sentral, baiknya dari Little India brkt jam brp ya mbak? imigrasu Woodlands dan JB sentralnya apakah beroperasi 24 jam,termasuk transport woodlands-JB sentralnya? terimakasih ^^

      Delete
    3. Imigrasi buka 24 jam. Jam berapanya sih terserah karena MRT juga beroperasi hingga jam 23.30. Tapi lebih baik nginep di beberapa hotel dibelakang JB sentral, jgn tidur di JB sentral hehehe

      Delete
    4. kirain itu tidur jb sentral nya mbak...hehehe. Sip deh makasih tipsnya ya mbak vika,sangat membantu buat pertimbangan ^^

      Delete
  35. Hai mbak vika.
    Aku rencananya mau ke johor bahru dari singapur. 1 hari itu cukup g buat bulak balik sing-jb-sing lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cukup banget kak :D meskipun selalu antri di imigrasi JB. Banyak kok yg PP dari Singapore - JB demi legoland

      Delete
  36. kalau saya dari queen street, lokasi tersebut jauh dari MRT Bugis? thanks

    ReplyDelete
  37. Hay ka Vika,
    Saya mau tanya, bulan depan saya ada pergi ke singapura-Malay bersama 2 org teman saya.
    1. Hotel saya di geylang. Saya mau ke Malay, dri sini mending naik bus dri changi / bugis / MRT Kranji / MRT woodlands ? Dan kalau untuk naik bus, apakah bisa beli tiket secara cash ? Dan untuk Harganya, mana yang murah ya ?
    2. Imigrasi singapur itu di woodlands check point bukan ya ?
    3. Jadi saya naik bus / MRT dri singapore & turun diimigrasi & naik turun bus ke JB sentral untuk ke imigrasi & lanjut lagi ke KL ?
    4. Dri JB Sentral ke KL itu lebih enak naik bus / Kereta / Uber ? *untuk harga yg murah.

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku sih lebih enak naik bus dari Singapore ke KL, enaknya nggak ribet nggak turun imigrasi bawa koper dan sebagainya.

      Naik busnya dari golden mille tower singapore dan nanti diturunkan di Berjaya Times Square. Lama perjalanan sekitar 6 jam dan tiket $15,5 - 23 tergantung seat bus. Nama busnya starmart express, sri maju atau KKKL. Bisa beli on the spot atau online.

      Cara ke golden mille untuk naik bus MRT nicole highway exit A.

      Naik uber dari JB sentral ke KL itu jelas nggak memungkinkan, bisa dibayangin biayanya kalo naik uber selama 5-6 jam :D jadi saya lebih menyarankan naik bus dari Singapore. Saya rasa naik bus antara 150ribu-200ribu masih terjangkau :D

      Tapi kalo memang harga tersebut tidak sesuai budget, bisa mengambil rute ini :

      Geylang ke Kranji MRT exit C $2
      Bus CW1 nanti turun di Larkin Terminal biayanya $1,50. Nanti tetap turun di JB CIQ custom - woodland imigrasi dan kamu harus bawa semua barang untuk ke imigrasi, setelah imigrasi naik bus lagi untuk ke Larkin terminal. Naiknya tetap CW1 dan tiket nggak boleh hilang, kalo hilang bawa lagi.
      Setelah turun di Larkin naik bus pacific express atau mayang sari bus. Biayanya maksimal 10 ringgit atau 35ribu.

      Jadi kalo di total biayanya MRT dan bus dari Johor ke KL sekitar 75ribu. Kalo naik bus langsung Singapore 150-200ribu tapi nggak perlu geret2 koper naik turun tangga dan hemat waktu :D



      Delete
  38. Hallo mbak...

    Aku mau tanya nminta saran nih.

    Mindep mau ke malaysia 4D3N.

    Ke legoland via changi, dr changi naik TS1, ke jb sentral.
    Nginap semalam di area jb sentral, jam 9 check out lgs ke legoland. Kemungkinan sewa loker utk koper. Jam 18.30 naik causeway link KL dr medini. Rencana dr sana sy menginap 2mlm di sekitaran KLCC.

    H3. Saya ingin ke genting dr jam 9an. Rencana tdk ingin terlalu lama disana, krn ingin turun lg utk explore KL.

    H4 sy masih agak bingung utk kemana2nya, sebelum check out dan naik pswt dr KLIA mnuju jakarta.

    Pertanyaannya:
    1. Itinerary nya cukup masuk akal tdk? Scr sy bawa 3 anak laki2 (10,6,3th).
    2. Adakah sewa loker di legoland yg bisa memuat 3 koper 20"?. Brp biaya sewanya?
    3. Lbh ekonomis dan nyaman mana, naik bis/mrt selama di malaysia? Atau naik uber?
    4. Ada saran di KL bisa kemana sj pd H3 setelah sy turun dr genting?
    5. Sy ingin ajak anak2 main (air) di KlCC park, lbh baik stlh turun dr genting, atau H4 sebelum atau sesudah check out?
    6. Stlh check out jam 12, enaknya sy kmn ya sblm naik pswt jam 18?

    Maaf kalau byk pertanyaan 🙏🙏

    Nuhun,

    Sandra

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Itinerrary masuk akal kok :D
      2. Biaya sewa loker di legoland untuk small RM20 dan large RM40
      3. Kalo bawa rombongan lebih enak naik uber karena harus naik turun tangga, untuk biayanya uber bisa kita lihat di aplikasi meskipun di Indonesia. sedangkan MRT, LRT, monorel dan sebagainya rata-rata RM2,5 sekali jalan. Untuk anak dibawah 7 tahun gratis. Tapi sebaiknya juga di mixed aja antara naik uber dan Monorail dll, karena anak-anak pastinya juga penasaran naik Monorail
      4. Nggak ingin ke Colmar Tropicale? Bagus loh coba baca artikel saya colmar tropicale :D kalo ke colmar pulangnya bisa ke genting.

      Kalo nggak mau colmar hanya genting saja, setelah dari genting bisa ke KLCC aja. Ini ke gentingnya naik coach dari KL sentral kah?

      5. Setelah turun dari genting bisa ke KLCC kalo nggak lelah. Semua dikembalikan ke selera, kalo suka foto KLCC malam hari ya setelah dari genting, kalo ingin suasana siang ya besoknya.

      6. Lebih baik check out pagi trus koper dititipkan di KL sentral jadi bisa keliling mulai pagi hari. Bisa jalan-jalan ke Central Market, Chinatown, City Gallery foto di tulisan I Love KL, Upside Down House, mini zoo KL tower.

      ...

      Koreksi aja untuk ke KL dengan causewaylink bisa naik langsung dari legoland dan turunnya di hotel swiss garden bukit bintang. Jadi nggak perlu ke Medini.

      Delete
    2. Loker besar itu cukup ya utk 3x koper 20"? Scr sy blm kebayang sebesar atau sekecil apa loker itu 😁

      Noted buat saran ke colmar nya mbak... Nanti aku diskusiin sm pak suami😉

      Aku galau ttg klcc😥. Mau (window) shopping di suria,... Mau main air di klcc park,... Mau juga liat petronas di malam hr n nonton airmancurnya...

      Enaknya yg mana yah?? Hehehe...
      Turun dr genting lgs nongkrong aja gitu di klcc smp malam? Aku mah oke bgy, tp takut pasukan rewel.😌😌

      Btw, klo koper di titip di hotel bisa ga ya? Dr waktu check out smp jam 3an? Sy sih rencana ke klia naik uber.

      Btw, sy naksir sm fraser residence, model apartment fasilitas oke, kolaam renang nyaman buat krucils, n harga ga terlalu menohok.

      Btw mba, aku liat di site legoland, itu bener dr medini koq.

      Nuhunnnnn

      Delete
    3. Loker besar itu buat luggage kalo yg kecil buat tas ransel, dan 1 loker cuma muat untuk 1 koper.

      Mahal yah kalo 3 koper jadinya :( Mau dititipin ke hotel kalo area Jb sentral juga pasti bolak balik. Kenapa hotelnya nggak di dekat legoland aja? Nggak harus legoland resort sih, banyak hotel di sekitar legoland yg 5km an.

      Hahhaahha ya udah malem aja langsung dari genting. Pasukan rewel kalo lihat air mancur pasti langsung adem :D

      Aku kalo apartemen sorry banget ga banyak pengalaman biasanya cari yang murah di airbnb. kalo frasser jaminan lah fasilitasnya, tapi jadwalnya padat masak bisa berenang hehehe

      Koper bisa dititipin ke hotel, biasanya sih bebas waktunya.

      Ah iyes dari Medini hahahaha maafkan :D baru baca juga di website legoland. Kalo dulu ada yg langsung :D




      Delete
  39. Kyknya pak suami hari terakhir sblm check out, maunya ngadem di kolam aja, sy yg muter2 cari oleh2... Kapok doi😂😂 lbh aman jaga krucils ceunah😎

    Wah berarti bnr2 pindah destinasi ke arah deket legoland ya.... Hmm... Kudu cek cek lagi😥😥 cabai sangat sayah

    ReplyDelete
  40. Halo mba sivika, kalo saya kan beli Tourist Pass Ezlink yang di Singapore yang 1 day, itu refundnya di MRT KRanji berarti yaa terakhirnya ? soalnya kan deposit 10 SGD lumayan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lokasi refund bisa di Changi Airport, Kranji, Lavender, Dhoby Ghaut and Marina South Pier, terserah mau pilih yang mana di 5 tempat tersebut :D

      Delete
  41. Mbaa.. mau nnya nii.. kl aq bli coach dr Singapore flyer Khan udh PP, nah itu hrus digunakan pada hr yg sama yaa?? Ato bs beda hari?? Krn rencananya mau nginep semlm di JB... Mksih ya mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ini untuk tiket pulangnya nggak harus hari yang sama, nanti kalo book sekalian setting tanggalnya sesuai hari kepulangan :D

      Delete
  42. mba mau nanya hehe... beli tiket bus CW1 nya itu di mana nya yah? apa bayar di dalam bus??

    ReplyDelete
  43. lalu jadwal bus nya ada jam berapa saja yah mba? makasi sebelumnya

    ReplyDelete