Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru

Dari dulu saya pengen banget mengulas tentang Transportasi dari Singapore ke Johor Bahru, tapi rencana tersebut selalu pending karena stock foto saya yang hampir ngga ada. Maklum, kalo saya sudah kecapekan bawaannya males banget ngeluarin kamera, sekalinya kamera keluar yang dijepret malah foto narsis. Namun, karena banyak yang nanya di email, ya sudahlah ini saya tulis...jangan dikira hoax yah kalo fotonya minimalis.

Johor Bahru memang lagi happening sekitar 3 tahunan ini, perlu diacungin jempol deh pemerintah Malaysia yang bisa mengemas tempat-tempat wisata di Johor Bahru. Sebut saja ada Legoland, Hello Kitty Town, The Liitle Big Club dan buat kaum hawa Johor Premium Outlet sering bikin iman belanja goyah.

Magnet wisata Johor Bahru karena letaknya yang bersebelahan dengan Singapore. Kalo saya perumpamakan seperti antara Surabaya dan Madura yang dipisahkan laut namun disatukan oleh sebuah jembatan. Meski saya punya pengalaman pahit di artikel (baca : Cara ke Singapore dari Johor Bahru) yang ketinggalan pesawat AirAsia, tapi Johor Bahru tetap menarik dihati cieeee

Nah, penerbangan pesawat Johor Bahru itu sedikit ajaib..kayaknya selalu ngga pas banget sama jadwal traveling, makanya kebanyakan wisatawan berangkat dari Singapore atau banyak juga yang sudah puas di Singapore lalu menyeberang ke Johor Bahru. Biar ngga bingung lagi tentang transportasinya, saya tulis Transportasi dari Singapore ke Johor Bahru yang dimulai dari Changi Airport maupun dari kota Singapore :

Transportasi dari Changi Airport ke Johor Bahru
Di Changi Airport untuk menuju Johor Bahru disediakan Coach yang dikelola oleh Transtar Travel dengan nomor bus TS1. Bus bisa ditunggu di Terminal 1 di Arrival Hall Coach Bay 2 didepannya resto fast food Burger King, sedangkan yang di terminal 2 maupun terminal 3 saya kurang tahu pasti letaknya. Karena biasanya saya naik pesawat low cost semacam airasia, tigerair dan jetstar yang turunnya di Terminal 1.


Biayanya untuk menaiki bus adalah $10 (adult) dan $5 (child) bisa dengan uang tunai maupun dari Ez-link Card. Keberangkatan bus mulai pukul 8.15 sampai pukul 11.00 malam, karena peminatnya banyak usahakan datang minimal 30 menit sebelumnya. Bus TS1 ini nantinya pemberhentian terakhirnya adalah JB Sentral.

Dari Changi Airport menuju Woodland (imigrasi perbatasan Singapore ke Johor Bahru ) kurang lebih 45 menitan. Semua penumpang harus turun beserta barang bawaannya seperti koper dan sebagainya harus dibawa untuk menuju imigrasi yang letaknya di lantai 2. Bus akan menunggu sekitar 10 - 15 menitan. Disinilah biasanya para penumpang Indonesia sering ngedumel karena kita harus cepat untuk proses imigrasi, kalo tidak kita akan ketinggalan bus. Belum lagi kalo weekend yang antri panjang banget, harus sabar dan ikhlas hehehe...

Biasanya banyak penumpang yang lari-lari marathon, sambil bawa koper dan sambil gendong anaknya. Kalo saya sih santai saja jalannya, karena kalo sudah tertinggal bus TS1 masih bisa naik bus TS8 asalkan karcis yang saya beli tadi ngga hilang. Jadi karcis pembelian TS1 harus disimpan baik-baik jangan sampai dibuang karena untuk naik bus lagi.



Setelah proses imigrasi selesai, saya naik bus lagi untuk menuju JB Sentral. JB Sentral ini merupakan imigrasi Johor Bahru yang jaraknya cuma 5 menit dari Imigrasi Singapore. Lalu jika ingin melanjutkan ke tempat wisata Johor Bahru bisa langsung naik bus LM 1. Rute Bus LM1 adalah JB Sentral - Hello Kitty - Legoland dengan biaya RM 5.40


Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru
  • Coach Singapore Flyer to Legoland Malaysia

Kalo yang ngga mau repot bisa bisa naik Coach yang dikelola oleh WTS Travel, rutenya start dari Singapore Flyer lalu turun di Legoland. Karena peminatnya cukup banyak sebaiknya untuk menaiki coach ini, booklah secara online terlebih dahulu. Biayanya adalah $20 two way Coach dengan jadwal keberangkatan 8.30 am. 09.00 am dan 10.30 am. Biar tidak kecewa, yang belum book sebaiknya jangan langsung datang ke Singapore Flyer karena pasti akan penuh.



Cara ke Singapore Flyer :
bisa diakses dengan MRT Promenade Exit A lalu berjalan sekitar 10 menitan.

  • Superior Coach dari MRT Lavender 

Bagi yang menginap di daerah Lavender bisa banget naik Coach ini yang mangkalnya di depan station MRT Lavender exit B. Lokasinya pas di Mc Donalds. Berbeda dengan dengan Coach yang berangkat dari Singapore Flyer yang ada 3 kali sehari, Superior Coach jadwalnya cuma 1 kali sehari pukul 08.30 dengan kepulangan ke Singapore 17.30. Biayanya juga sama $20 two way, dan harus book online terlebih dahulu ya....

Ini ada juga yang paket dengan tiket Legoland


websitenya googling aja ya hehehe (lagi pelit ngasih link)

  • Transportasi dari Resort World Sentosa ke Johor Bahru 

Mungkin ini rekomendasi buat yang menginap di sekitar Resort World Sentosa untuk menaiki bus RWS8. Busnya sama seperti yang di Changi Airport dikelola oleh Transtar Travel, namun ini start dari Sentosa. Untuk menunggu bus bisa langsung menuju Resort World Sentosa yang parkirannya casino. Kalo dari Universal Studio Singapore turun eskalator yang didepannya resto Malay Village.



Yang membuat istimewa alasan memilih Coach adalah ketika di Imigrasi Woodland dan JB Sentral tak perlu lari-lari ketinggalan bus. Si coach ini bakal nungguin kita dengan santai sampai semua penumpangnya naik dan ngga perlu bawa koper ke imigrasinya. Lumayan ngga perlu ngeluarin tenaga ekstra untuk jalan cepat dan angkat koper.

...

Panduannya kayak gini ya : start dari MRT Kranji - Naik CW 1 turun di Woodland Checkpoint - Imigrasi - Naik bus CW1 lagi - Turun di JB Sentral - Imigrasi - kemudian bisa melanjutkan perjalanan naik bus entah ke Senai Airport - atau bus LM 1


Nah, dari semua pilihan yang ada diatas, saya paling suka yang start dari MRT Kranji karena lebih hemat hehehe... Hitungannya sih kalo saya sama suami dan anak jika naik coach bertiga bisa kena $60 alias 600ribu, belum termasuk tiket legoland, hello kitty dsb. Jadi saya lebih milih sengsara sedikit tapi hemat (duh emak-emak banget sih). Coach itu saya naiki kalo bareng teman ke Singaporenya, jadi kalo bawa keluarga saya lebih memanfaatkan tenaga suami untuk angkat-angkat barang di imigrasi JB Sentral maupun woodland hehehe (sadis)

Rute : MRT Kranji, CW 1 dan LM1 merupakan favorit saya. Letak MRT Kranji ini hampir ujungnya Singapore, jadi jika dari kota kurang lebih waktunya 40 menitan. Usahakan pagi sekali start dari penginapan kalo ingin main di Johor Bahrunya sebelum siang bolong. Biayanya cuma $2 yang bikin saya bahagia. Setelah turun di MRT Kranji langsung cari exit C, kemudian menunggu bus didepan station MRT dengan nomor CW 1 . Busnya dioperasikan oleh Causewaylink dengan warna kuning menyala. 

Bus CW 1 akan berhenti di Woodland Checkpoint untuk proses imigrasi, penumpangpun harus turun beserta barang bawaannya. Lalu naik ke lantai 2 untuk proses imigrasi, kelar imigrasi turun lagi di lantai 1 dan antri bus yang sama seperti tadi. Disini nanti kita ketemu sama coach WTS Travel, Transtar dan sebagainya, tapi tetaplah naik Causewaylink ya dan tidak menghilangkan tiketnya.



Saya kemudian naik bus CW1 lagi untuk menuju Johor Bahru Checkpoint (CIQ), semua penumpang wajib turun membawa semua barang bawaannya untuk menuju lantai 5 imigrasi. Di JB CIQ ini setelah proses imigrasinya selesai bisa langsung menuju JB Sentral untuk menaiki bus LM 1.

Alternatif ke-2 jika ngga ingin naik MRt bisa juga naik bus dari Queen Street Terminal :
Beberapa kali ke Johor Bahru saya lebih suka start-nya naik MRT, tapi beberapa adapula yang naik dari Queen Street Terminal yang lokasinya di Bugis. Alternatif ini recommended buat yang menginap disekitaran Bugis. Nanti di Bus tersebut bisa naik CW2, pengalaman beberapa teman mudah kok cari busnya, karena petunjuknya sangat jelas.

...

Beberapa istilah ini mungkin akan sedikit membingungkan yang baru pertama kali ke Johor Bahru :

  • JB Sentral : 

Merupakan bangunan yang menjadi satu dengan JB CIQ, merupakan station, mall dan juga terminal untuk melanjutkan perjalanan ke pusat kota maupun beberapa wisata di Johor Bahru

  • Larkin Bus Terminal :

Terminal Bus di Johor Bahru
  • JB CIQ : 

Johor Bahru Custom & Immigration Quarantine atau sering disebut kastam, merupakan imigrasi Johor Bahru yang letaknya di perbatasan antara Singapore
  • CIQ 2nd Link : 

imigrasi Johor Bahru ada 2 satu JB CIQ yang satunya lagi CIQ 2nd Link, jika turunnya di imigrasi ini maka untuk ke Legoland, hello kitty dsb naik Bus JPO2 bukan Bus LM1 

Untuk ke CIQ 2nd Link, rute transportasinya berbeda dengan rute menuju JB CIQ. Akses transportasinya dari Singapore dimulai dari MRT Jurong East lalu naik CW3 atau CW4 nantu turun CIQ 2nd Link. Untuk proses naik maupun turun imigrasi sama dengan yang JB CIQ.

Setelah proses imigrasi beres, untuk ke legoland dan beberapa tempat wisata Johor Bahru kemudian naik JPO 2. 

Rute Bus 


  • Woodland  Checkpoint : 

Imigrasi Singapore, perbatasan antara Johor Bahru dan Singapore
  • Senai Airport : 
nama bandara di Johor Bahru,  jika start dari airport menuju ke Singapore bisa ikuti panduan ini :


Ini penampilan bus Causeway Link dengan warna kuning dan ini foto sewaktu saya naik free shuttle bus airasia dari Senai Airport

Hmmm, gimana-gimana masih bingung ngga Transportasi Dari Singapore ke Johor Bahru??? kalo masih bingung bisa tanya langsung di kolom komentar "feel free"

Noted: Biar nyaman, jika naik bus naik turun di Singapore - Johor Bahru maka lebih baik membawa tas ransel.

You Might Also Like

47 komentar

  1. Wahhh, kapan ya aku bisa ke Singapura? 😊
    Artikelnya keren.

    ReplyDelete
  2. Wahhh, kapan ya aku bisa ke Singapura? 😊
    Artikelnya keren.

    ReplyDelete
  3. berarti kalau naik coach kayak tiket terusan gitu ya (((tiket terusan))), enak dong nggak perlu bingung cari transportasi lain *noted*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coach itu seperti tiket bus PP mba :D

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. mbak, terimakasih untuk sharingnya sangat membantu hehe.
    yang saya masih bingung, bagaimana untuk kembali dari legoland ke Senai airport lagi yah?n LM1 apakah berlaku untuk rute kembali?
    mohon pencerahannya hehe terimakasih

    Vivi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya bantu jawab ya :D

      Klo dari Legoland ke Senai Airport naik bus JPO2 rutenya adalah legoland-hello kitty- JPO - senai airport

      LM 1 itu kalo dari JB Sentral ke Legoland. Jadi LM1 itu ngga ke senai airport.

      Thx, semoga ngga bingung lagi ya :D

      Delete
  5. Hai mba salam kenal. Aku mau ke legoland dari changi airport kalo naik TS1 n tertinggal nanti bagaimana mba? Ada bus lain lagi? Dan brapa lama perjalanan tiba dilegoland. Trims yah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setahu saya kalo TS1 itu ngga akan ninggalin penumpangnya karena mereka kan seperti travel service jadi di JB sentral nungguin penumpngnya lengkap baru berangkat.

      Tapi buat jaga2 saya ksih tahu bus Jb sentral ke Legoland bisa naik LM1

      Delete
  6. Halo mbak, seneng banget yah saya nemu blog ini... penjelasannya lengkap. Kebetulan dalam waktu dekat saya dan kawan-kawan mau ke singapore - Malaysia, masih agak bingung nih, karena kita mua ke KL Sentral naik sleeper train dari JB Sentral. Nah yang mau saya tanyakan, di JB Sentral stasennya sebelah mana yah... apa dictionary di sana lengkap dan jelas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Didalamnya gedung JB Sentral. Nanti di JB Sentral ada banyak security & information, kamu bisa tanya mereka :)

      Delete
  7. mba kalo dr queenstreet terminal maka turunnya di larkin bus terminal atau di jb sentral? kemudian bus dr johor ke KL apa bisa tiketnya dibeli pada hari itu juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi maaf baru balas :D

      Dua2nya bisa, mau turun jb sentral atau larkin. Rencananya mau explore johor atau lanjut ke KL? Tiket bus bisa dibeli langsung tapi kalo ke KL ke johor biasanya saya lebih suka naik kereta daripada bus

      Delete
    2. mau lanjut kl via bus mba karena menurut orang2 lebih cepat bus drpd kereta.
      kalo bus dr queenstreet lebih dulu berhenti di jb sentral atau larkin mba?

      Delete
  8. Mba saya mau tanya, dalam dekat ini saya mau ke SG 4hari Nah rencananya 1 hari mau main ke JB. Dari JKT setibanya di SG harus isi kartu imigrasi, disitu ada kolom "Next City/Port of Disembarkation After Singapore" itu kita isi Singapore atau Johor Bahru ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. next city tulis ke Negara kembali biar tidak banyak pertanyaan.

      Delete
  9. Halo mbak,

    Jadi ditulisnya singpore ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditulis Negara kembali, contoh saya dari Surabaya, jadi Surabaya (Indonesia)

      Delete
  10. Halo mbak

    Jika naek bus ts1 terus keburu ditinggal karna imigrasi lama, selanjutnya harus naek bus apa ya?

    Rencana saya rombongan keluarga ber 5

    ReplyDelete
  11. Halo mbak,

    Saya rencana sekluarga (4 dws, 1 anak) mau ke johor bahru dr changi, mohon infonya:

    1. Jika saya bawa stroller quinny yg gede bisa ya naek bus ts1?
    2. Klo trnyata pas di imigrasi antri lama dan ketinggalan bus ts1, selanjutnya gimana ya mbak? Naek bus Ts8 itu dimana ya?
    3. Setelah turun di imigrasi Malaysia, apakah naek bus yg sama lagi utk ke jb sentral?
    4. Dari sana kami hendak nginap di citrus hotel, naek apa ya sebaiknya?

    Terimakasih

    - Ari

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, saya bantu jawab ya...

      1. Bisa, asal harus dilipat ya...karena naik bus kan harus cepat..
      2. Bisa naik TS8, semua pemberhentian bus jadi satu jadi kalo bingung bisa tanya ke petugas atau ikuti papan penunjuk menuju pemberhentian bus.
      3. Imigrasi Malaysia itu jadi satu dengan JB Sentral.
      4. Dari JB Sentral bisa jalan kaki sekitar 1 km ke Citrus, coba cek artikel saya yang Kuliner Johor Bahru http://www.diarysivika.com/2016/03/kuliner-johor-bahru-hua-mui-restaurant-it-roo-cafe-eh-hee-cafe.html Di artikel tersebut ada panduan ke Hipster Street kuliner johor bahru dan melewati citrus hotel

      Delete
    2. terimakasih banyak mbak :)

      - ari

      Delete
  12. Hai sis mau tanya,ini naik mrt turun di kranji yg line merah ( north south line ) kan ya? Nanti keluar mrt kranji baru naik bus lagi,betul tidak?thx

    ReplyDelete
  13. hai mbak....
    1.Mau nanya dong, klo dari JB Sentral mau ke KL Sentral gimana yah??
    2.Klo Coral itu dari JB Sentral naik apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa naik bus dari larkin atau kereta dari JB sentral, saya sih lebih suka naik kereta.

      Kalo sudah sampai ke Kl sentral untuk ke colmar, berikut panduannya : http://www.diarysivika.com/2015/12/colmar-tropicale-desa-perancisnya-kuala.html?m=1

      Delete
  14. mau nanya

    1. dari stasiun mrt kranji untuk beli tiket bus nya bagaimana?
    2. cara balik lagi ke singapore bagaimana?
    3. brp jam sekali bus tsb ada, singapore-jb-singapore? apakah tiap jam ada ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Langsung bayar ke driver, sebaiknya selalu bawa uang pas karena mereka tidak akan mengembalikan uang jika lebih.

      2. Untuk kembali ke Singapore dari JB sentral naik CW2, tempat pemberhentian bus ada di bawah JB Sentral. Jika bingung lokasinya bisa menanyakan langsung ke beberap orang, tiketnya langsung bayar ke driver dan bayar dengan uang pas.

      3. Saya tidak tahu persisnya jadwal keberangkatannya, tapi durasinya cukup sering.

      Delete
  15. Mb makasih udah share gimana cara ke legoland by singapore
    Klo boleh tau itu yg pp $20 belum termasuk tiket masuk ke legoland theme park ya mb?
    Brp harga tiket masuk peroranganya mb? Apakah ada paket keluarga bwt 5 org g ya mb (biar lebih murah hehehe ) sebelumnya terimakasih mb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu busnya aja mba tanpa tiket.

      Tiket legoland harganya RM158 sekitar 580.000 an. Ngga ada paket keluarga mba cuma per orangan.

      Delete
  16. halo vika,,untung ketemu blog kamu,, hehe,, sleepers train kan ud ga ada tuh,, na bsok ak mo ke singpore, lanjut KL, mo mmpir JB dlu,, baru hbs tu naik psawat dr JB ke KL, yg cmn 100rb,, krn klo mo naik bis ke KL katanya view biasa saja,, nah,, kalo naik bis kan jg ak baca2 mahal jg 250an rb,, $26 gt kan,, atau km ada ide enaknya gmn,,dari JB ke KL,, kreta jg view bakal biasa,, klo psawat disini 95k ( http://www.airpaz.com/en/search/result?dda=11-10-2016&fc=Johor+Bahru+-+JHB&tc=Kuala+Lumpur+-+KUL+%7C+SZB&tt=0&ad=1&ch=0&in=0 ) thx u ya vika info dari km hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf sleeper train atau KTM masih ada di tahun 2016 ini dari JB sentral ke KL biayanya sekitar RM45-RM36. Thanks

      Delete
    2. Bantu jawab yaa..iya untuk sleeper train untuk sementara ngga ada dulu ngga tau sampe kapan..jadi rute train jadi jb sentral-gemas trus gemas-kl sentral

      Delete
  17. Halo vika..mau tanya,saya desember ini ke sing tapi malamnya saya naik kereta jam 11 malam dari jb sentral ke kl..kira" saya dari changi jam brp ya untuk ke jb sentral via mrt kranji..dan berapa biaya untuk naik cw 1 nya..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kali dari changi mending langsung naik coach dari Changi turun langsung ke Johor biayanya SGD10. Ambil coach sekitar 3 jam sebelum keberangkatan kereta.

      Delete
  18. hei mbak...
    mo nanya kalo dari senai airport ke pusat kota kira2 berapa lama ya?
    taun depan aku ada rencana ke JB-SG kalo mo jalan2 sehari aja di JB enaknya kemana aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke JB sentral sekitar satu jam dari senai. Mungkin ke legoland + JPO + kuliner hipster street. Cek artikelnya di label Johor Bahru :D

      Delete
  19. Hay mba.. Aku mau tnya ne. Rencana setelah seharian main di sin, mau nginap di JB utk bsknya main ke legoland. Trs sorenya lanjut ke KL. Ini bagusnya gmn ya mba? T4 penginapan di JB,naik bus ke legoland, serta bus dan biaya ke KL. Trmksh byk mba.

    ReplyDelete
  20. Hay mba.. Aku mau tnya ne. Rencana setelah seharian main di sin, mau nginap di JB utk bsknya main ke legoland. Trs sorenya lanjut ke KL. Ini bagusnya gmn ya mba? T4 penginapan di JB,naik bus ke legoland, serta bus dan biaya ke KL. Trmksh byk mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga masalah sih nginep di JB malah lebih enak lebih murah daripada Sin :D nginepnya di daerah JB sentral aja. waktu itu saya menginap di Citrus Hotel, oke sih strategis.

      Untuk transportasi dan kuliner JB silahkan buka label/tag Johor Bahru ya...ulasannya saya tulis lengkap.

      Untuk transport JB-KL saya biasanya naik kereta KTMB sekitar 21 MYR. Untuk tiket bisa dibeli di KL Sentral. Keretanya berangkat malam jadi bisa tidur di kereta. Mohon maaf jika bus saya belum pernah.

      Thanks

      Delete
    2. typo sorry maksud saya tiket bisa dibeli di JB sentral lantai 2 ^^

      Delete
  21. Haii mba..salam kenal mau tanya tau ga caranya kl dr sing ke jb tapi naik taxi?

    ReplyDelete
  22. Haii mba..salam kenal mau tanya tau ga caranya kl dr sing ke jb tapi naik taxi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gimana kalo naik uber :D lebih asik dan lebih murah dibandingkan taksi.

      Kalo naik taksi dari Sing saya belum pernah ada pengalaman, maaf ya dear.

      Delete