Uniknya Wisata Farm House Lembang

Salah satu alasan saya mengunjungi Bandung di tahun 2016 ini karena timeline dari social media saya yang tak pernah berhenti tentang uniknya wisata Farm House Lembang yang dibuka bulan Desember 2015 yang lalu. Sayapun gelisah dan penasaran tentang Farm House yang konon konsepnya seperti Eropa. Ya, foto narsis dengan background rumah hobit dan kostum ala wanita Holland membuat saya memutuskan pergi ke Bandung secara mendadak. 

farm house lembang

Peminat dari Farm House ini sangat luar biasa, sepertinya tak akan sepi pengunjung meskipun disaat weekday apalagi long weekend. Antrian mobil pengunjungpun tak terhindarkan, padahal saya sampai lokasi pukul 09.30 dan saya sudah tidak mendapatkan parkiran di area Farm House Lembang. Akhirnya dengan sangat terpaksa saya harus parkir yang ditawarkan para tukang parkir yang disediakan di luar Farm House dengan biaya parkir Rp. 30.000,- jadi biaya parkir lebih mahal dari pada harga tiket masuknya.


farm house lembang 2

Untuk akses ke Farm House Lembang ini sangat mudah, dengan mengandalkan GPS saya yang buta akan peta Lembang dan Bandung dengan mudahnya sampai ke wisata ini. Sebenarnya ada loh akses dengan angkutan umum, tapi karena saya bukan asli orang Bandung jadi saya tidak berani merekomendasikannya takut malah menyesatkan ☺ Sebaiknya jika beramai-ramai dengan keluarga atau teman, menyewa mobil lepas kunci adalah pilihan yang tepat.

HTM Rp. 20.000,-


Saya salut dengan harga tiket masuk di Farm House Lembang ini yang sangat terjangkau, cukup dengan Rp. 20.000,- saja untuk anak-anak dan dewasa. Dengan HTM tersebut saya mendapatkan pilihan gratis susu atau sosis dengan menukar potongan tiket. Rasa susu bisa memilih antara plain atau coklat dan kedua rasa tersebut sama-sama enak, seperti rasa ultra milk yang tidak encer.

farm house 3

Selain susu, kita juga dapat memilih sosis. Rasa sosispun sangat enak, sangat terasa dagingnya dan ukurannya pun montok. Di cuaca Lembang yang mendung dan dingin, saya sangat menikmati sosis yang dihidangkan panas-panas. Jadi apapun pilihannya memilih antara susu atau sosis di Farm House ini sama-sama enaknya.

farm house 4

Di Farm House ini boleh membawa makanan berat dan minuman, tak ada pemeriksaan tas untuk mengecek barang bawaan kita. Sayapun melihat beberapa keluarga yang asik membawa bekal makanan yang di makan didalam wisata Farm House ini.

Keramaian di Farm House Lembang

Menuju Farm House Lembang saya memang sudah berniat datang sepagi mungkin untuk menghindari keramaian pengunjung. Namun. tetap saja Farm House Lembang tetaplah ramai di pagi hari dan semakin siang makin berjubelnya lautan manusia. Kendala utama jika sangat ramai pengunjung adalah susahnya berfoto dengan background tanpa penampakan orang Untunglah para pengunjung kini sudah tertib, seperti untuk berfoto mereka berbaris rapi menunggu antrian.

farm house lembang 1

farm house 7

Sepertinya tempat ini sangat ngehits di kalangan wisatawan luar, sewaktu disana saya mendapati warga Melayu, orang Korea dan beberapa bule yang asik berselfie di tempat ini. Andai urat malu saya hilang saya pengen berfoto dengan Opa Korea #ehadaanak

farm house 5
Seperti ini ramainya Farm House


Gembok Cinta di Farm House

farm house 10
pintu masuk gembok cinta

Berkiblat pada wisata-wisata di luar negeri yang selalu ada paddle love alias gembok cinta, di Farm House ini juga ada loh. Karena masih satu bulan, gembok-gembok cinta tersebut belumlah sebanyak di Namsan Korea. Gembok cinta terpasang di sebuah pagar kayu yang bagian tengahnya terdapat besi untuk menggantungkan gembok.

Disini saya ada kejadian kurang mengenakkan. jadi sewaktu berkeliling di area gembok cinta saya memegang pagar kayu tersebut. Lalu beberapa serabut kayu kecil-kecil menempel di tangan saya, istilahnya kalo Jawa "telusupen" dan jika serabut kayu tersebut tidak segera diambil dari telapak tangan saya maka akan membuat tangan bengkak.

Saya kemudian melapor di toko yang menjual gembok cinta, saya kemudian diberikan pinset untuk mengambil serabut kayu di telapak tangan. Sepertinya banyak juga pengunjung yang tak sengaja terkena, jadi mereka sudah siap dengan pinset. Jadi "be carefull" jangan pegang kayunya ya guys...

gembok cinta farm house
So sweet banget yah.. gemboknya untuk bapak dan ibu

gembok cinta farm house 3
Masih banyak yang kosong 

Bagi yang mengantungkan hatinya di gembok cinta dengan tulisan love-love-an bisa membeli gembok cinta dengan harga Rp. 25.000,- Dengan harga tersebut kita bisa memlilih gembok lucu dengan kuncinya, spidolpun sudah disediakan oleh toko tersebut. Jangan lupa ketika menggantungkan gembok cinta membawa kuncinya yah, karena saya mendapati kunci yang nyantol di gemboknya, lah kalo nyantol hatinya kebuka donk  Eh, tapi saya ngga beli gembok cinta, malu dengan umur hehehe

gembok cinta farm house 4

gembok cinta farm house 6
Gembok cinta Rp. 25.000,-


Spot Foto di Farm House Lembang

Menjelajahi Farm House Lembang berarti anda harus bersiap dengan baterai dan memori kamera yang full. Farm house Lembang ini sangat instagramable, mulai dari bangunan ala Eropa, restoran kece, rumah-rumah yang berdesain unik dan beberapa spot lainnya yang sangat cantik. Siap-siap saja anda harus bersabar dengan antrian pengunjung yang bernarsis ria.

farm house lembang 6

farm house lembang 7

farm house lembang 8

farm house lembang 10
pintu aja kece kalo difoto

Di Farm house ini banyak sekali spot dengan sepeda onthel, kebanyakan sih dominan warna putih tapi ada beberapa yang berwarna lain. Untuk mengabadikan sepeda-sepeda itu tanpa manusia, saya cukup kesulitan loh, karena spot dengan sepeda onthel banyak di favoritkan pengunjung.

farm house lembang 14

farm house lembang 15

Farm House Lembang 16

Didalam Farm House ini saya sengaja tidak mengunjungi beberapa cafe-nya, saya hanya menikmati suasana cafe sambil berfoto saja. Seperti foto dibawah ini, saya dengan cueknya hanya berfoto tanpa memesan makanan, pramusaji disana maklum kok dengan pengunjung yang narsis ala-ala saya.

IMG_0697


farm house Lembang 20
cafe di Farm House Lembang

farm house Lembang 18

Nah, kalo pengen berfoto sambil mengenakan pakaian ala Holland atau Eropa, keluarkan uang sebanyak Rp. 50.000,- perdua jam. Saya sih ngga menyewa pakaian tersebut karena takut ngga muat  karena suami ngga pede harus berkeliling di Farm House dengan pakaian Eropa. Sewa baju ini tidak hanya khusus untuk wanita dewasa saja, namun anak-anak maupun laki-laki bisa juga menyewa pakaian ala Eropa dengan berbagai ukuran. Saya juga sering melihat beberapa pasang keluarga yang menyewa pakaian lengkap mulai dari suami, istri dan anak-anaknya. 

farm house lembang 17
Rumah Hobit


Tak lengkap rasanya ke Farm House tanpa ke Rumah Hobit, untuk berfoto di depan rumah ala Lord Of the Ring ini saya harus antri beberapa menit. Jadi untuk berfoto harus siap dilihat berjuta pasang mata yang antri, saya mau gaya ala abg-abg jadi malu sendiri

farm house lembang 11
Abaikan perut buncit sebelah kiri saya

farm house Lembang 12
Jangan lupa pakai kacamata Korea ala saya 

Mini Zoo

Disamping rumah hobit ada sebuah mini zoo dengan beberapa hewan seperti kelinci, kuda poni, kambing, domba bahkan beberapa burung dan hewan melata lainnya. Sayang area ini tercium sekali bau yang "something" jadi beberapa pengunjung sedikit terganggu, dan di area ini pula masih ada pembangunan wahana lain yang belum selesai di bangun. Ya, meskipun ada bau yang menyengat beberapa pengunjung juga ada yang cuek dengan masuk kandang kambing, meskipun kandang tersebut penuh dengan kotoran kambing.

farm house lembang 19
Bergaya ala koboi dengan kelinci

farm house Lembang 21
kuda poni

farm house lembang 16
Beberapa pengunjung cuek memasuki kandang kambing meskipun...

Farm house Lembang 23

Puas sekali saya berkeliling di Farm House Lembang, ngga rugi saya harus menempuh perjalanan jauh dari Surabaya ke Bandung dengan menaiki kereta api selama 18 jam. Jadi yang di Jakarta atau Bandung masak belum ke Farm House sih?

Farm House Lembang

Jalan Raya Lembang No. 108 Lembang, Bandung

Open Hours: 

09.00  – 21.00 (Weekdays),

09.00  – 23.00 (Weekend)

Tiket Masuk Farm House Lembang

Rp 20.000 
(Dapat ditukar dengan Susu atau Sosis)

Parkir Mobil 

Rp 10.000 (di area Farm House)
Rp 30.000 (di depan / di luar Farm House

Parkir Motor

 Rp 5.000 (di Area Farm House)
Rp. 15.000 (di luar Farm House)
Sewa Pakaian Eropa
 Rp 50.000 (2 jam)

Harga Gembok Cinta Rp 25.000 

Setting GPS dengan alamat Jalan Raya Lembang 108 ya, jangan langsung search dengan Farm House Lembang karena yang akan muncul adalah Natural Farm House.

You Might Also Like

22 komentar

  1. Mb pke kamera type apa?
    Serius cakep bgt foto fotonya...

    ReplyDelete
  2. wah udah deh kalau udah cerita soal kota Lembang mah nggak ada matinya, apalagi Farmhousesemua ilmutentang sapi sampai cara memerahnya bakal kita dapetin disitu mah...tiketnya murah pula.

    #brangkat....

    belom folow balik blog butut saya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh iya lupa hehehe

      Sudah saya follow ya :D

      Delete
  3. Weekdays pun rame kek gini, alamaaaak. APa krn masih baru buka itu yak, dan momen telusupan untungnya segera diatasi yah. Hihihi spot2nya benar2 bikin pusing pala bebi mo narsis yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini weekend mba :D tapi bukan long weekend

      Delete
  4. Murah ya tiket masuknya, dapat ganti susu atau sosis pula. Tapi mesti datang gasik ya biar bisa parkir di dalam, di luar bayarnya mahaaaal

    ReplyDelete
  5. Dicatet nih siaps tahu main ke Bandung

    ReplyDelete
  6. Aduh, Bandung maneeh.
    Mbak-mbak klo bawa gembok sendiri dari luar boleh? Kelarangen nek tuku gembok rego 25 ewu wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oleh pokok e gembok ngga karaten :D nek perlu dicat pilox jek apik

      Delete
  7. Mbak Vikaaa, itu suami mu ya? Mbok gituu klo foto Suami dan anak diajak, nek foto sendiri dilirik sama Oppa Oppa, lho.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dipajang situ nanti naksir suami saya :D kan sayanya yang repot

      Delete
  8. omg bagus banget, keren kalau dibuat foto - foto nih, coba di deket sini ada :'((( setidaknya di batu malang kali yaa huhu

    ReplyDelete
  9. Aaaak!! *teriakheboh*
    jadi makin pengen ke Bandung... hiks. kapan ya?

    ReplyDelete
  10. kereenn.. yang dari Surabaya aja udah ke sini hehehe
    aku cuma 1.5 jam ke Bandung malah belum pernah *kedip-kedip suami*

    ReplyDelete
  11. Spot-spot disana Instagramable banget ya mba Vika, puas kalo motret. Kalo weekday kira-kira bakal serame apa yah? Puyeng kalo kebanyakan manusia hihihi :D

    ReplyDelete
  12. sy tinggal di dago,
    bandung utara emg bnyak tmpt wisatanya, skrg yg lagi ngtrend ya itu farmhouse
    kayaknya hampir tiap tahun ada objek wisata baru

    ReplyDelete
  13. mbak, gemboknya itu cantik bngt yaaa

    bisa enggak diambil satu aja, hehe

    ReplyDelete
  14. asli jadi kepingin kesana juga deh, apalagi rumah hobbit nya tuh

    ReplyDelete
  15. tempatnya bagus gitu ya, udah mirip di film film :)

    ReplyDelete
  16. oh tidaaaak....
    jadi pengen k sana sekalian ngajak jalan si manis.... keren banget tempatnya

    ReplyDelete
  17. Saya orang jawabarat, bandung mah emang juara tiap tahun pasti ada aja wisata yang baru. apalagi daerah lembang wisata apa aja ada.

    ReplyDelete