Depot Bamara, Kuliner Surabaya yang Tersembunyi

Depot Bamara, Kuliner Surabaya yang Tersembunyi - Kuliner Surabaya itu memang banyak, sebut saja yang sering diburu para wisatawan luar kota yaitu sate klopo ondomahe, nasi empal pengampon, nasi campur tambakbayan dan beberapa lainnya. Tetapi ada satu kuliner yang jarang disebut yaitu Depot Bamara. Padahal nih penduduk lokal Surabaya nggak pernah absen mengunjungi depot ini.

collage

Dari segi lokasi, Depot Bamara memang sulit ditemukan jika tidak dipandu oleh GPS. Tempatnya harus masuk ke beberapa gang dan berada di pemukiman penduduk. Depot akan terlihat dengan deretan mobil yang terparkir membludak. Terkadang saya harus rela berjalan kaki demi mendapatkan spot parkir.

Suasana dan interior Depot Bamara layaknya rumah makan yang mementingkan rasa dibandingkan dengan interior kekinian. Meja dan kursi panjang yang terbuat dari kayu mendominasi. Rumah makan yang buka dari pagi hingga malam ini selalu full pengunjung, apalagi jika weekend atau jam makan siang maka dibutuhkan kesabaran untuk mencari tempat duduk dan memesan menu.

Dari segi kebersihan sih sudah lumayan cepat dibandingkan dulu, kini ketika pengunjung selesai makan, maka para waitres akan dengan sigap membersihkan meja. Pun ketika pengunjung baru datang maka waitres akan segera menuju meja kita untuk mendata menu pesanan kita.

Menu di Depot Bamara ini banyak, mulai dari gurame, udang, kerang, urap-urap dan beberapa menu lainnya. Tetapi yang teristimewa dari menu istimewa lainnya yaitu gurame bakar dan sambal pencitnya yang juara pake banget.


depot bamara surabaya 4

depot bamara surabaya 7

Pesanan saya jika ke Depot Bamara memang nggak pernah aneh-aneh, begitu pula meja-meja yang berada di sebelah saya. Hanya gurame bakar, sambel pencit dan urap-urap dengan nasi putih punel yang mengepul memiliki rasa yang tiada tara.

Gurame bakar di Depot Bamara ini memiliki tekstur seperti gurame bakar pada umumnya. Rasanya tidak manis namun gurih dan bumbunya meresap dengan cukup. Lalu penyandingnya yaitu sambel pencit ini yang bikin kangen. Aroma sambal mentah ulek ini khas banget, sambil dicocolkan dengan pencit yang kecut maka gurame tiada tandingnya. 

depot bamara surabaya 6

depot bamara surabaya 1

depot bamara surabaya 2

Jangan lupa memesan urap-urapnya untuk pelengkap sayurnya. Rasa sih seperti urap-urap pada umumnya, hanya saja dengan gurame dan sambal maka urap-urap ini terasa sangat sempurna.

depot bamara surabaya 3

depot bamara surabaya 5

Depot Bamara yang merupakan singkatan dari Banjarmasin dan Madura ini memang layak dinobatkan menjadi kuliner Surabaya yang wajib dikunjungi. Harganya pun masuk akal, seporsi gurame bakar 8k, nasi putih 3k dan urap-urap 4k. Lupakan sejenak tentang pecel, tahu tek atau bebek Surabaya demi Depot Bamara.

Jangan lupa baca juga kuliner : Nasi Empal Pengampon Surabaya


Depot Bamara
Jl. Raya Purwodadi No.82,
Bubutan - Surabaya

Buka :
Setiap Hari
07.00–20.00

You Might Also Like

6 komentar

  1. Saya tiap Sabtu dibawain suami ini sepulang kerja :-D Karena dia kalau Sabtu masuk setengah hari di kantor sekitar Jl Kemayoran Surabaya. Jadi kami punya tradisi Bamara Party di rumah (Sidoarjo) tiap weekend. Wkwkwk. Makan di tempat enak juga sih, cuma karena jauh ya rutinnya nitip tiap Sabtu aja. Salam kenal mbak Sivika. Tulisannya bikin laper semuaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. suka banget sama ide Bamara party wkwkwkwk emang loh depot bamara ini ngangenin :D

      Delete
  2. Nanti deh kalau pas ke surabaya tak mampir. Gurame bakar cuma 8k, mantap banget tuh buat pendatang biar ngirit :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murah dan ngangenin :D kalo ke Surabaya wajib coba

      Delete
  3. Depot Bamara memang top markotop, saya udah beberapa kali ke surabaya tapi baru ini nemu restoran khas banjar di surabaya.Menu guramih bakar dan sambel pencitnya sangat recomended.Selamat mencoba buat yang belum pernah mampir di Depot Bamara.

    ReplyDelete