Tips Backpacker ke Singapore

Singapore sepertinya memiliki magnet yang tiada habisnya bagi traveler Indonesia. Siapapun tak akan menolak ke Singapore dengan biaya tiket pesawat promo. Pun saya yang beberapa kali ke Singapore tidak ada bosan-bosannya karena selalu ada yang baru dan ada aja spot yang belum saya kunjungi.

image

Permasalahan yang utama jika ke Singapore adalah kurs yang semakin melonjak seperti pada Januari 2018 yaitu Rp. 10.200,- Hampir semua transportasi, akomodasi, dan biaya makan terasa mahal. Hanya satu yang murah yaitu tiket pesawat dengan kisaran harga hanya 1-jutaan, lebih murah dibandingkan pesawat ke Labuan Bajo hehehehe...

Untuk menghemat pengeluaran di Singapore saya memiliki Tips Backpacker ke Singapore, yaitu :

Transportasi
Di Singapore untuk menghemat pengeluaran transportasi yaitu dengan naik MRT dan bus. Kisaran naik MRT dan bus di Singapore hanya SGD 1 - SGD 2 saja, jauh lebih murah dibandingkan dengan naik taksi atau sewa mobil. Nah untuk naik MRT dan Bus di Singapore wajib memiliki kartu pembayaran non tunai, ada Ez-Link dan ada Singapore Touris Past (STP).


Jika trip kalian antara 1-3 hari maka lebih baik menggunakan STP karena kartu ini menggunakan sistem unlimited bebas naik bus dan MRT. Biaya STP untuk 1 day pass $10, 2 day pass $16 dan 3 day pass $20. Dibandingkan Ez Link, STP jauh lebih murah karena Ez Link dikenakan biaya pembelian kartu $5, lalu ketika saldo tinggal $3 kartu tidak bisa digunakan lagi dan harus di top up minimal $10.

Sistem STP yaitu dihitung unimited dari jam pembelian. Misalnya jika ketika membeli STP 3 day pass dan membelinya hari Senin pukul 16.00 maka STP bisa digunakan sampai pada rabu pukul 16.00 sesuai jam pembelian.

Namun jika kalian pergi bersama dengan teman sekitar 3-4 orang maka menggunakan Uber atau Grab di Singapore jauh lebih murah dibandingkan dengan naik bus dan MRT. Uber dan Grab jika pergi ramai-ramai dengan teman, pembayaran bisa patungan.

Makan
Biaya makan di Singapore termurah itu sekitar $3,5 - $5, harga tersebut hanya ada di restoran tertentu dan hawker. Makanya saya selalu memikirkan lokasi tempat makan yang sesuai dengan budget backpacker. Beberapa referensi kuliner murah di Singapore yaitu:

Encik Tan menjadi favorit saya didaerah Bugis karena halal dan murah. Lokasinya tak jauh dari Bugis Street, bersebelahan dengan Uniqlo Bugis+. Misalnya satu porsi nasi lemak harganya cuma $3,5 atau favorit saya chicken cutlet set $4,3. Kawasan Bugis lainnya ada Qiji nasi lemak yang lokasinya juga tak jauh dari Bugis Street. Nasi lemak harganya sekitar $4,3-$6 saja.

image
Encik Tan



Daerah Orchard yang terkenal akan restoran mahal, tetap ada loh restoran backpacker seperti Puncak Noddle di Far East Plaza. Harga makanan bervariasi, termurah ada nasi lemak sekitar $4,5. Di kawasan Chinatown bisa mengunjungi People Park Complex Food Center dan Chinatown Food Street. Beberapa referensi lainnya bisa dilihat di artikel saya kuliner halal Singapore.

image
Hainanse Chicken Rice di Puncak Noodles Orchard

Wisata Gratis
Di Singapore banyak sekali wisata gratis untuk kalian yang pengen narsis tapi nggak mau kantong jebol. Referensi wisata gratis di Singapore pilihan saya yaitu:

  • Asian Civilisations Museum, Victoria Theatre dan Merlion Park
Jika ke Merlion Park dari exit Raffles Place maka akan melewati Asian Civialitations Museum dan Victoria Theatre. Dua lokasi tersebut jika malam hari akan sangat cantik karena ada pertunjukan laser mural secara gratis. Biasanya banyak wisatawan yang duduk didepan dua gedung tersebut sambil menikmati lasernya. Setelah puas menikmati mural laser maka lanjutkan jalan kaki ke Merlion Park.

image
Victorian Theatre

image
Asian Civilisations Museum
  • Haji Lane dan Tan Teng Niah
Pasti banyak yang sudah tahu kalo Haji Lane merupakan destinasi favorit orang Indonesia jika ke Singapore. Di Haji Lane kita bebas berfoto dengan deretan toko-toko mungil yang dihiasi dengan mural cantik. Tan Teng Niah juga menjadi primadona baru menikmati mural didaerah Little India. Selain banyak mural ada rumah warna-warni yang sering dijadikan spot berfoto.
Gardens By The Bay merupakan taman kota yang merupakan icon wisata di Singapore. Di dalam Gardens By The Bay ini ada tiga tempat wisata, yang berbayar ada Flower Dome dan Cloud Forest. Nah yang tidak berbayar yaitu Sky Tree.

image
Supertree Grove

image
Para pengunjung tidur santai menanti pertunjukan di Skytree


Sky Tree merupakan Supertree Grove yang berada di kawasan Gardens By The Bay. Jika naik keatas melewati jembatan setinggi 22 meter maka akan dikenakan biaya SGD 8, tapi kalo hanya nongkrong dibawahnya biaya gratis. Asyiknya nih setiap jam 6 sore ke atas pengunjung akan duduk di bawah Supertree Grove sambil melihat atraksi laser dan lagu-lagu dari beberapa Negara.

  • Library Orchard
Di kawasan Orchard selain bisa foto-foto gratis di sepanjang jalanan Orchard, ada spot baru yang diburu wisatawan yaitu Library@Orchard. Selain gratis untuk berfoto, tempat ini juga disukai bagi penggila buku.

image
Kawasan Orchard


image
Library Orchard

Akomodasi
Memilih akomodasi di Singapore itu sedikit susah jika menyesuaikan budget terbatas. Jaringan hotel bintang 3 di bawah satu jutaan ada jaringan fragrance dan hotel 81 bisa jadi pilihan diberbagai kawasan Singapore seperti di Bugis, Little India, Chinatown dan Geylang.

Pengalaman saya jika lagi backpackeran di Singapore saya memilih hostel. Favorit saya yaitu hostel di kawasan Bugis karena dekat dengan masjid dan makanan halal. Salah satu hostel favorit saya yaitu Five Stones Hostel.

image
Five Stones Hostel


Saya booking Five Stones Hostel melalui hotel traveloka karena jauh lebih murah dibandingkan dengan lainnya, dan saya juga memiliki point yang bisa dipotong langsung dari jumlah tagihan booking hostel. Pembayarannya sangat mudah bisa transfer, melalui supermarket atau kartu kredit.

Pengalaman saya menggunakan traveloka ketika booking penginapan di luar negeri maupun di Indonesia karena kemudahannya ketika check inn yang tidak ribet. Pun ketika saya sampai lokasi Five Stones Hostel saya tidak kesulitan untuk check inn karena traveloka langsung mengirimkan bukti booking sewaktu saya booking di internet. Ada juga free cancel sekitar 5 hari sebelum check inn jika saya tidak jadi menginap.

image

Saya memilih female dorm berkapasitas 8 orang bersama satu teman. Five Stones Hostel fasilitasnya sangat bagus dan bersih. Saya memilih kamar di lantai khusus wanita dan juga kamar mandinya. Sarapannya juga lengkap ada roti, cereal, susu, dan kopi. Kita juga tidak perlu cuci piring sendiri karena ada staff hostel yang mencucikan piring.

image

image
Sarapan di Five Stones Hostel

Lokasi sangat strategis karena berada di dekat masjid sultan, kampong glam cafe dan haji lane. Untuk MRT jaraknya sekitar 700 meter dari hostel, namun ada halte bus didepan hostel dan diseberang hostel jika kita malas jalan kaki di MRT.


image
Lokasi Five Stones Hostel yang dekat Masjid Sultan

You Might Also Like

21 komentar

  1. Mbak Vika, kemarin aku banyak baca blog ini soal Singapore. Dan terbantu banget. Terima kasih yaaa :)

    ReplyDelete
  2. Aku penasaran pengen ke Orchard Library itu. Instagenic abis tempatnya :D
    Kalo Tan Neng Niah sebenarnya udah cukup lama mbak. Sejak dipakai jadi lokasi syuting Asia's Next Top Model yang pertama, jadi sering dikunjungi turis juga. Tempatnya lucu sih ya, colourful banget. Dekat pasar tradisional pula jadi lebih 'hidup'.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah iya tan teng Niah dekat sama pasar tradisional, kalo ke sana berasa jadi penduduk Singapore yang lagi belanja sayuran dan buah hehehhe

      Delete
  3. Huaaaa aku gak dijak ke Tan Neng Niah kemareeen...

    ReplyDelete
  4. Mbk, rencananya saya dan teman teman akan ke singapura Maret nnti,adalah tempat penitipan tas didaerah Bugis street Mbk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. daerah Bugis nggak ada penitipan tas. Biasanya kalo nitip tas di The InnCrowd Hostel di daerah Little India yang bisa untuk umum.

      Delete
  5. Gak pernah bosan ke Singapore ya, Vika. Aku baru 2 kali dan masih pengin kembali. As always, foto-fotonya cantik. :D

    ReplyDelete
  6. Kaget juga kurs januari kemarin udah di angka 10rb, pertama ke singapore dulu cuma 6000an kalo ga salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. 6.000 itu sekitar 2010 ya..hehehe iya dulu sekitar segitu sekarang mahal banget. Bentar lagi mungkin bisa di 12 makin ngeri

      Delete
  7. Mbak vika terimakasih ya informasinya untuk tips backpacker ke singapurnya

    ReplyDelete
  8. Kak vika, di singapore tempat penitipan barang ada dimana aja ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya cuma ada di bandara aja, kalo di kota Singapore nya cuma ada di inn crowd hostel. di MRT atau di penitipan dalam kota belum ada

      Delete
  9. Halo, Vika informatif banget blognya. Mau tanya kalo STP itu cuma bisa dipakai satu orang ya? Nggak bisa barengan? Bentuknya card juga dan di-tap di tiap gate MRT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. STP untuk satu orang kak bentukbya card dan ditap ditiap gate MRT. dan nggak bisa untuk barengan.

      Delete
  10. Thanks, vika. Saya mau tanya-tanya lebih lanjut nih nanti. Boleh lewat line kan? Hehe

    ReplyDelete
  11. Hai mbak Fika, salam kenal saya Mami Nia. Boleh minta no WA nya mbak Fika gak? Sy dan suami serta baby saya rencanya mau ke Singapore via Malaysia. Kelihatannya mbak sudah hapal betul Singapore. Ini perdana mau kesana bawa baby pula. Kalau mbak berkenan saya mau sharing2 tips nya mbak untuk mempermudah perjalanan nanti. Sy harap mb Fika tidak keberatan. Bisa saya minta emailnya mb, atau bisa send ke email saya footprint.simple@gmail.com.. Terima kasih mb Fika

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mba salam kenal :) Email saya di diarysivika@gmail.com

      Delete