Masih ingat kan rujak viral Bu Mella di Surabaya yang harganya 60 ribu? Harga 60 ribu aja udah jadi viral ya, nah ini malah saya nyobain Rojak Harga 80 ribu di Penang pula. Rujak atau Rojak di Penang memang berbeda tampilannya dengan yang di Indonesia. Kalau di Indonesia, Rujak terbagi dua yaitu Rujak Petis berwarna hitam dan Rujak Manis menggunakan buah. Di Penang malah Rojak menggunakan gorengan.

Di Penang saya "menjajal" Rojak di Gurney Street Food yang merupakan pusatnya kuliner di Penang. Di Gurney ada dua stall Rojak, saya beli yang di Stall 9 di Disco Pasembur. Stall nya sih mentereng banget dengan alunan musik lagu-lagu islami yang terletak di pojok stall.

rojak penang 1

Deretan gorengan di Disco Pasembur ini bakalan membuat kita kalap. Bayangkan ada fish cake, udang gede banget, sotong, bakwan, chicken ball, cucur udang, kerupuk kacang dan beberapa gorengan lainnya. Lalu saya ambil sotong, fish cake 2, kerupuk kacang 2 (tempe) totalnya RM 25.

Setelah memilih gorengan tadi, sama penjualnya lalu dipotong-potong menggunakan pisau. Lalu ditambahkan bumbu Rojak atau disiram dengan saus cokelat yang terbuat dari gula merah, cabai merah, cabai rawit, terasi dengan gerusan kacang tanah. Sayurnya kalau nggak salah ada wortel dan mentimun yang tercampur sama bumbu tadi.

rojak penang 3
Sayangnya Fotonya ngeblur

Seporsi memang jadi banyak banget setelah dipotong-potong, bisa untuk 5 orang. Rasa bumbunya itu ada manis, asam dan gerusan kacang tanah yang terasa banget. Memang kalau dibandingkan dengan rujak petis beda, tapi kalau sama rujak manis bumbunya lebih mirip meskipun tidak semanis bumbu rujak manis di Indonesia.


Tersadar Harga Rojak 80 Ribu
Seperti biasa kalau di Luar Negeri kan selalu nggak sadar dengan kurs yang kita tukarkan. Nah waktu itu di tengah-tengah saya makan, saya mulai menghitung.. Eh RM 25 berarti kan Rp. 82.500 hah mahal banget. (Sengaja saya genapin jadi 80 ribu)

Jadi kita ditipu donk? Sebenarnya sih nggak, harga udah tertulis jelas banget di stallnya. Seperti Sotong itu harganya terbagi RM 10, RM 15 dan RM 20, udang RM 10, fish cake pun harganya macem-macem yang fish cake sotong RM 5 dan fish cake biasa RM 3, cucur udang (ote-ote/bakwan udang) RM 5. Kalau yang murah-murah dan jarang dilirik seperti tahu, dan keripik tempe seharga RM 1.20.

rojak penang

Jelas aja kan saya ambil sotong aja udah harganya RM 15 atau Rp. 49.500 sebiji aja loh belum gorengan yang lainnya. Nah setelah tersadar dengan harga Rojak yang 80 ribu ini ternyata banyak yang syok juga saya lihat reviewnya di youtube malah habis Rp. 120.000, ada yang Rp. 100.000 hahahaha... Untung aja kemarin nggak jadi ambil udangnya yang menggiurkan bisa-bisa habis di atas 100 ribu.

Wajib Mencoba Rojak di Penang
Ya meskipun harganya mahal, mencoba Rojak di Penang memang wajib banget ya. Kalau nggak nyobain kan nggak akan tahu rasa kuliner lokalya. Pastinya harus nyiapin duit minimal 80 ribu kayak saya...kecuali kalau kalian irit cuma ambil tahu tempe hehehehe...

Disco Pasembur Stall 09 yang saya coba ini terkenal banget sama Rojaknya. Selain itu kalian bisa nyicipin yang ada HOCK SENG ROJAK AT GAT LEBUH CECIL yang harganya lebih murah karena udah ada paket seperi small RM 7, medium RM 10 dan Large RM 14.