Perjalanan pulang dari kulineran di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih, saya pengen banget naik MRT Jakarta. Sebagai anak daerah dari Surabaya, ibukota punya MRT saya turut bangga. Lalu saya memutuskan dari Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih naik Grab terlebih dahulu menuju ke stasiun Bundaran HI.

MRT JAKARTA 10

Percakapan saya dengan driver Grab begini: "Mbak memang nginep didaerah mana?" Daerah Blok M Pak. Loh Kenapa nggak sekalian aja naik Grab ke Blok M-nya kan lebih cepet? Ya kali Pak kita bukan butuh kecepatan sampai tujuan, tapi butuh pengalaman naik MRT Jakarta. Si bapaknya langsung ngikik...padahal beliaunya juga belum pernah naik MRT Jakarta.

Panduan Membeli Tiket MRT Jakarta
Saya yakin banyak yang sudah paham kalau naik MRT, karena kebanyakan sudah pernah naik MRT di Singapore. Dulu awal-awal ke Luar Negeri katanya harus ke Singapore dulu supaya nggak bingung kalau naik MRT. Intinya kalau belajar MRT harus ke Singapore, tapi itu dulu kan sekarang udah ada Jakarta... Eh tapi saya juga sudah pernah naik MRT atau LRT di Palembang. Bedangnya di Palembang lebih sepi dibandingkan Jakarta.

Untuk naik MRT diwajibkan punya kartu pembayaran. Biaya jaminan kartu adalah Rp 15.000,00 dan tarif MRT nya Rp. 8.000,00 nanti biaya jaminan bisa direfund ketika sampai di stasiun akhir. Namun, waktu pulang saya baru tahu loh kalau pembayaran di MRT bisa menggunakan kartu elektronik seperti Flazz, TapCash, Brizzi, e-money. Jadi nggak harus pakai kartu "Jelajah" untuk pembayarannya.

kartu pembayaran MRT
MRT Jakarta
Pembelian Tiket Bisa Melalui Mesin

Naik MRT Jakarta
Udah ada kartu pembayaran maka tinggal masuk aja gerbang masuk sambil tap (menempelkan) kartu. Setelah itu nggak perlu susah naik tangga karena ada eskalator untuk menuju ke kereta MRT.

MRT jakarta 4
MRT Jakarta 5

Kereta MRT terbagi dalam beberapa jalur. Waktu saya baca di jalurnya langsung paham banget, jalur MRT masih belum banyak karena masih dalam tahap pengembangan. Asyiknya kereta MRT ini bisa terkoneksi sama stasiun TransJakarta, LRT, Commuter Line dan Raillink. Tinggal dipelajari petanya aja pasti langsung ngeh deh...



Tujuan saya yaitu ke Blok M. Dari bundaran HI naik MRT yang stasiun terakhirnya Lebak Bulus (Grab). Seperti biasa, sambil menunggu MRT, saya dan teman saya asik foto-foto. Eh saya lirik tetangga sebelah masih sibuk juga foto-foto ah ternyata bukan orang daerah aja yang selfie di MRT.

MRT Jakarta 2

Oia kita naik MRT berdua sama teman saya yang cewek. Sebenarnya saya ke Jakarta dalam rangka bisnis sama beberapa bapak-bapak, tapi mereka nggak tertarik naik MRT wkwkwkwk. Alhamdulilah naik MRT jam 21.00 aman-aman aja. Saya lihat juga banyak pegawai kantoran yang pulang Jakarta, jadi MRTnya ramai.

Kalau di Luar Negeri naik MRT harus cepat-cepat masuk maupun keluarnya. Nah kalau di Jakarta bisa santai banget, karena pintu MRT lama nutupnya kayak nungguin penumpang. Padahal awalnya saya sudah sibuk ambil posisi buat cari tempat duduk wkwkwkwkk...

MRT Jakarta 3
MRT Jakarta 6

Jadi begitulah pengalaman saya naik MRT Jakarta. Aman dan Nyaman serta bangga bisa naik MRT nggak harus ke Luar Negeri dulu. Pulangnya saya nggak lupa nukar kartu pembayaran "Jelajah" buat refund deposit Rp. 15.000,00