Apa kabar tahun 2020? Ketika banyak orang mulai banyak menulis resolusi awal tahun...saya memulainya dengan artikel cerita kuliner. Ya blog www.diarysivika.com memang dibesarkan dari catatan kuliner saya. Di penghujung tahun 2019, saya mengisinya dengan menghadiri undangan dari kerabat ke Arumanis All You Can Eat di Hotel Bumi Surabaya.

Sebelum datang ke Hotel Bumi ini kami sudah reservasi terlebih dahulu. Waktu itu tempat yang kami dapat agak mojok berada di bagian indoor ujung restoran Kizahashi. Jadi sebenarnya restoran all you can eat di hotel bumi itu ada dua yaitu arumanis dan kizasahi, cuma lokasinya bersebelahan dan sudah satu dengan paket all you can eatnya Hotel Bumi.

Jadi kalian yang sudah berada di lokasi all you can eatnya hotel bumi, langsung disuguhi dengan jajaran stand di area outdoor dan di dalam restoran yang kalian bisa ambil sepuasnya. Waktu bulan desember 2019 saya dapat harga Rp. 197.000 di mana udah include sama pajaknya. Untuk ukuran hotel bintang 5 menurut saya harga ini masuk akal banget dan nggak rugi.

arumanis

Baiklah mari kita mulai apa saja yang harus dijelajahi....

Area Outdoor
Di area aoutdoor ada aneka macam nasi goreng yang dimasak langsung ketika ada pesanan, ada nasgor salmon, cumi hitam dan Jawa. Paling ramai di nasgor salmon karena letaknya yang lebih terlihat dibandingkan nasgor cumi hitam. Tapi menurut saya sih paling suka sama nasgor cumi hitamnya. Masih jadi satu di area outdoor ada sate ayam, soto lamongan, dimsum...mungkin masih banyak lagi....

arumanis 3
Area Outdoor..di Nasgor Salmon
arumanis 1
Nasgor Salmon, sate ayam, tempura, martabak dan ayam panggang

Deretan stand yang ada gerobaknya juga banyak banget pilihannya.. Ada tahu tek, tahu campur, martabak, minuman seperti teh tarik, jamu dan sinom, ada ice cream, minuman es teler, es yang aneh-aneh hahaha lupa namanya. Trus ada camilan-camilan kue dan crepes.

arumanis 4
Deretan stand
arumanis 14
Tahu Tek
arumanis 16
Martabak dan Kikil
arumanis 12
Tahu Tek
arumanis 15
Es Campur

Arumanis
Di dalam area arumanis ada masakan jawa seperti nasi tuna, rujak ulek, soto betawi (eh ini Jakarta apa Jawa ya hehehee), garang asem dan semacam urap-urap, kering tempe dengan teman-temannya. Geser dikit ada ayam panggang, dori tim, ayam goreng dan sebagainya.

arumanis 17
Arumanis 

arumanis 2
Penampilan Garang Asem, Soto Betawi dan Rujak
arumanis (1)
Garang Asem dan Soto Betawi

Kizahashi (Japanese)
Lanjut ke area Kizahashi ada deretan sushi dan salad yang juga bebas dipilih sepuasnya. Jujur nih sushinya di Hotel Bumi ini termasuk enak-enak karena punel dan isiannya pun terasa banget seperti salmonnya. Jangan lupa ambil saladnya.

arumanis 11
Area Kizahashi

arumanis 5
Deretan Sushi
arumanis 9

Di Kizahashi juga ada deretan gorengan Jepang yang favorit seperti tempura tepung, udang tepung, bawang bombay tepung dan aneka mie Jepang. Sebelahnya ada beef teriyaki yang masaknya open kitchen..

arumanis 19
Tempura Goreng dan teman-temannya

arumanis 8
Beef Teriyaki
arumanis 10

...

Konsep yang diusung dari Hotel Bumi memang unik. Ini yang bikin hampir tiap hari nggak pernah sepi pengunjung. Apalagi kalau bulan puasa, pasti antri banget untuk ambil makanannya. Makanya jangan sampai nggak reservasi terlebih dahulu.

Sistem makan di Arumanis All You Can Eat ini..booking terlebih dahulu. Lalu ketika datang langsung ke kasir yang lokasinya dekat pintu masuk..sebutin nama supaya tahu tempat duduk yang kita dapat. Setelah itu bebas ambil makanan. Bayarnya nanti ditotalin sama waitres yang datang ke meja kita.

Overall rasa masakan di Hotel Bumi ini meskipun sistemnya All You Can Eat saya kasih angka 8 ya, rasanya nggak mengecewakan. Mungkin minusnya bagi saya nih, kalau apes dapat tempat yang di Kizahashi yang paling ujung tuh agak jauh jalannya ke stand makanan yang lain. Malah kita karena udah capek mau bawa makanan ke tempat duduk kita, jadi makannya di outdoor dekat sama nasgor salmon.

arumanis 18
Area Outdoor


Tipsnya nih datang jam 5 sore supaya dapat spot foto bagus karena suasana sekeliling hotel bagus banget. Cuma ya gitu deh..tim males yang selalu datang terlambat sampai sana jam 18.30 udah gelap semua. 

IMG-20191229-WA0007
Selamat Tahun Baru semuanya...

IMG-20191229-WA0017
Di area Outdoor

Btw ada vlog ala-ala di Arumanis yang menggambarkan suasana makan di Arumanis All You Can Eat di Hotel Bumi Surabaya


Arumanis Hotel Bumi Surabaya
Jl Basuki Rahmat
Surabaya
Jam Buka:
06.00 - 22.00
Reservasi:
(031) 5326301