Tahun baru imlek memang identik dengan angpao dan liburan. Banyak orang memutuskan untuk berlibur ke destinasi wisata baik yang ada di dalam kota maupun di luar kota. Salah satu kota yang biasanya menjadi tujuan banyak orang untuk berlibur adalah Yogyakarta. Kota indah satu ini memiliki banyak destinasi wisata unik dan menakjubkan serta destinasi wisata baru yang harus dikunjungi. Selain itu, di sini juga menyediakan begitu banyak makanan yang bisa dijadikan rekomendasi untuk wisata kuliner.



Untuk liburan saat imlek di Yogyakarta ada beberapa alat transportasi yang bisa digunakan untuk sampai di kota indah satu ini, salah satunya adalah kereta api, bisa pesan lewat traveloka. Selain karena lebih murah dari pesawat untuk harga tiketnya, kereta api juga lebih cepat sampai tujuan jika dibandingkan dengan naik kendaraan pribadi. Naik kereta api tidak hanya bisa digunakan sebagai alat transportasi dengan jarak kota yang jauh, namun kota yang berdekatan pun bisa seperti Solo ke Yogyakarta. Maka dari itu, supaya liburanmu lebih berkesan lihat perayaan tahun baru imlek di Yogya dan sekitarnya yuk!





Di artikel ini kami akan memberikan sedikit informasi kepada anda tentang beberapa tempat wisata di Yogya yang dapat dijadikan destinasi liburan saat imlek dan juga tips menaiki kereta untuk anda yang berasal dari kota yang jauh. Nah, untuk itu mari simak ulasannya di bawah ini!

Ada beberapa tempat yang wajib di kunjungi ketika berada di Yogyakarta saat imlek. Tempat-tempat itu adalah sebagai berikut: 
1. Klenteng Poncowinatan
2. Klenteng Fuk Ling Miau
3. Kampung Ketandan
4. Malioboro
5. Kampung Pajeksan

Nah, setelah mengetahui beberapa tempat tersebut, selanjutnya adalah di artikel ini akan membahas tentang tips naik kereta untuk perjalanan jauh. Inilah tips-tipsnya!

Pilih Perjalanan yang Keberangkatan Kereta di Pagi atau Siang Hari

Dengan memilih kereta yang jadwal keberangkatannya pagi atau siang, anda akan dapat menikmati pemandangan yang tersuguh selama perjalanan dibanding dengan berangkat menggunakan kereta di sore atau malam hari. Cek dulu jadwal perjalanannya melalui aplikasi traveloka.

Datang Lebih Awal ke Stasiun Agar Tidak Ketinggalan Kereta dan Antre Saat Boarding
Usahakan datang lebih awal satu atau dua jam sebelum jadwal keberangkatan kereta. Hal ini agar menghindari anda dapat ketinggalan kereta atau juga anda harus mengantre lama untuk boarding. Selain itu, dengan berangkat lebih awal anda tidak perlu terburu-buru karena takut tertinggal.

Baca dengan Teliti di Tiket Nama Kereta dan Nomor Kursinya
Bacalah dengan teliti tiket anda. Lihat kembali nama kereta, hari keberangkatan, jam keberangkatan dan nomor kursi. Hal ini agar nantinya ketika di hari keberangkatan anda tidak bingung mencari yang mana kereta yang akan dinaiki serta di gerbong dan kursi mana anda harus duduk.

Barang Bawaan Secukupnya
Bawalah barang yang cukup untuk digunakan selama liburan anda. Jangan bawa barang yang terlalu banyak dan tidak penting karena akan membuat anda kesulitan dalam perjalanan anda, serta mungkin akan tidak kebagian tempat untuk meletakkan barang bawaan anda ketika sudah masuk kereta. Setelah mengetahui tentang hal-hal di atas, sebaiknya anda juga mengetahui tentang kereta dan jadwalnya yang menuju ke Yogyakarta dari beberapa kota lain di pulau Jawa. Mau tahu apa saja kereta tersebut? Serta bagaimana jadwalnya? Di bawah ini akan kami jelaskan pada anda.

Jika anda dari kota Jakarta dan ingin ke Yogyakarta dengan naik kereta api, anda bisa menggunakan beberapa kereta ini seperti:
  • KA Bengawan dengan jam keberangkatan 11.20 WIB dari Jakarta, 
  • KA Gajahwong dengan jam keberangkatan 06.45 WIB, 
  • KA Singasari dengan jam keberangkatan 12,25, 
  • dan beberapa kereta lainnya lagi. 
Lalu jika anda berangkat dari kota Bandung menuju ke Yogyakarta, anda bisa naik kereta seperti, 
  • KA Lodaya dengan jam keberangkatan 07.05 WIB, 
  • KA Argo Wilis dengan jam keberangkatan 08.40 WIB, 
  • KA Kahuripan dengan jam keberangkatan 18.40 WIB, 
  • KA Malabar dengan jam keberangkatan 19.50 WIB, 
  • dan beberapa kereta api lainnya. 
Sementara untuk kota dengan jarak dekat yaitu Solo, anda bisa menaiki kereta api seperti KA Lodaya dengan jam keberangkatan 07.10, KA Argo Lawu dengan jam berangkat 08.00 WIB, KA Argo Wilis dengan jam berangkat 10.30 WIB dan beberapa kereta yang lain.



Demikianlah pembahasan tentang tempat liburan di Yogyakarta yang cocok saat liburan imlek serta kereta-kereta yang bisa dinaiki untuk sampai ke Yogyakarta dari Jakarta, Bandung dan Solo. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah informasi untuk anda yang ingin liburan saat imlek ke kota Yogyakarta. Oia setiap ke Yogyakarta paling aman sih pesan tiket dulu di Traveloka.