AirAsia memang sering memberikan tiket promo murah dengan pembelian tiket untuk beberapa bulan atau setahun dari tanggal keberangkatan. Ya kita nggak akan tahu pada tahun 2019 yang lalu dengan pedenya memesan tiket AirAsia untuk 2020, eh ternyata sekarang ada Dampak Covid 19. Apakah kalian salah satu pembeli tiket promo AirAsia yang sekarang terkena dampak dari Covid 19? Hmmm tenang “Cara Refund Tiket AirAsia Dampak Covid 19” dari pengalaman saya akan membantu kalian, kok.



Sebelumnya saya cerita sedikit ya… Waktu itu ketika ada promo tiket AirAsia saya nggak beli tiketnya, namun saya memberikan racun ke teman saya untuk beli tiketnya. Belinya Juni 2019 dan seharusnya berangkat awal Maret 2020 dengan tiket Surabaya ke Kuala Lumpur untuk 3 orang PP seharga Rp. 1.022.000 lumayan ya tiketnya. Akhirnya tiket AirAsia ini saya belikan menggunakan akun AirAsia saya.

Pilihan Refund AirAsia berupa Bebas Ubah Jadwal Atau Akun Kredit (Travel Voucher)
Jadi AirAsia memberikan 2 opsi pilihan yaitu mau ubah jadwal atau Akun Kredit. Untuk Pilihan Ubah jadwal penerbangan hingga 31 Oktober 2020 tanpa biaya tambahan apapun dengan selisih harga yang sama.

Syaratnya :Keberangkatan penerbangan antara 23 Mar hingga 30 Juni 2020.
Pemesanan dilakukan pada atau sebelum 17 April 2020

Nah teman saya sempat pengen mengubah pilihan “Ubah Jadwal Tiket” AirAsia, namun Kembali lagi berpikir iya kalau bulan Oktober 2020 virus corona alias Covid 19 udah menghilang, kalau nggak ya kita tetap rugi karena Ubah Jadwal hanya sekali.

Selanjutnya kami memilih yang Akun Kredit (Travel Voucher). Pengennya uang tunai dibalikin ke rekening tapi nggak bisa harus berupa Akun Kredit.

Di Link AirAsia berikut sudah dijelaskan secara detail banget AirAsia Covid 19



sayangnya panduan dari Link AirAsia menggunakan Chat AVA alias mesin virtual account. Saya kok nggak enak ya ngomong sama mesin, butuhnya customer service yang hidup beneran wkwkwk apa sih..maksudnya nggak dijawab sama mesin gitu deh.

Nah caranya supaya nggak bicara sama mesin tapi melalui live chat petugas AirAsia caranya sebagai berikut :
  1. Tetap Masuk di Chat AVA ya lalu pilih “Pengembalian Dana/Periksa Status Laporan”
    Masuk ke AVA
  2. Selanjutnya pilih “Akun Kredit” atau Credit Account 
    Harus pilih yang saya ingin pengembalian uang untuk bisa live chat ya
  3. Pilih lagi “Pengembalian Uang”
  4. Setelah itu jawab pertanyaan dengan mengisi “Nama Lengkap, Alamat Email dan Nomor Kode Booking.
  5. Lalu kita akan dialihkan ke rekan All Star…ya maksudnya petugas call center yang hidup 😊

Proses pengalihan ke All Star sekitar 2-5 menit karena traffic yang tinggi. Kalau malam di atas jam 22.00 lebih cepat antriannya. Kalau sudah terhubung harus focus jangan sibuk yang lain dulu..karena kita dibatasi membalas chat sekitar 10-15 detik aja.

Antrian Live Chat


Nah jika sudah ada rekan All Star, mulailah curhat denga mba atau masnya. Kita akan dibuatkan nomor kasus yang bisa di cek my case. Prosesnya sekitar 30 hari dan akun kredit akan masuk ke akun Big kita.

Kutipan Live Chat saya


Pengembalian Akun Kredit di AirAsia Big
Syarat untuk pengembalian akun Kredit di AirAsia Big yaitu salah satu penumpang dalam tiket harus ada nama yang sama dengan akun Big-nya. Nah kemarin pada bulan Maret sekitar seminggu sebelum keberangkatan, kami sudah melaporkan mau travel Voucher melalui Chat AVA tanpa live chat.

Laporan saya pada 25 Maret 2020 belum diproses hingga 4 Mei 2020 karena kesalahan tidak memasukkan akun big yang sesuai dengan penumpang yang terbang


Sudah 3 minggu kok di Akun AirAsia Big saya belum ada nominal kredit. Lalu saya chat lagi nih sih AVA dan baru tahu bisa Live Chat. Ternyata kesalahannya yaitu karena yang saya laporkan menggunakan Akun Big saya dan saya tidak ikut terbang jadi tidak bisa dikembalikan. Solusinya penumpang yang terbang harus mempunyai Akun BIG. Pantes ditunggu berbulan-bulan pun bisa nggak cair, karena ngomong sama mesin jadi terbatas fahamnya.

Setelah laporan melalui live chat saya disuruh menunggu 7 hari lagi untuk melihat perkembangan nomor kasus di My Case. Eh ternyata nggak sampai sehari akun Kredit di Big teman saya sudah ada nominal Rp. 1.022.000 yang berlaku untuk setahun.


Intinya sih kalau bisa menggunakan Live Chat sehingga tidak ada salah faham atau kesalahan. Proses pencairan akun kredit di AirAsia maksimal 30 hari. Tapi nggak sampai sebulan pasti udah cair. Nah kalau lewat dari sebulan pasti ada kesalahan di laporan kita, seperti laporan saya yang pertama. Cara Refund Tiket AirAsia Dampak Covid 19 mudah bukan? Semoga tahun depan kita bisa traveling lagi.