Kalau dulu blog diarysivika.com sering mengulas kuliner di Surabaya, tahun 2020 yang lalu saya tak banyak update tentang kuliner. Yap, saya berada dizona terlalu nyaman dirumah dan jarang keluar rumah. Pun Ramen Ya! buka di Surabaya, saya tahunya malah ketika nggak sengaja melewati ketika mau makan di Tokyo Belle. Kala itu RamenYa, ada promo beli satu gratis satu. 

Okay, akhirnya RamenYa menjadi target kuliner saya diminggu berikutnya. 
Sepertinya Ramen Ya! kehadirannya sudah ditunggu warga Surabaya. Ramen yang diklaim paling murah dibandingkan ramen yang dijual dimall ini sukses mencuri hati orang Surabaya. Terlihat dari dua gerai yang baru aja dibuka di Royal Plaza dan Pakuwon Mall yang nggak pernah sepi pengunjung.

Waktu saya kesana sih ketika Ramen Ya! yang cabang Pakuwon Mall sudah buka sebulanan, kami yang membawa keluarga besar 7 orang harus rela waiting list sekitar 30 menit.

Lokasi Ramen Ya! di Pakuwon Mall berada didepan Pizza Hut dan nggak jauh juga Tokyo Belly. 

ramen ya (5)

Menu di Ramen Ya! Pakuwon Mall

Awalnya saya sudah membayangkan kalau di Ramen Ya! ini akan ada menu salted egg dan keju mozarella. Tapi sayangnya untuk menu baru Ramen Ya! tersebut belum tersedia di Surabaya. Akhirnya kami skip dan kami memesan Spicy Beef Ramen, Beef Ramen, Spicy Karage Ramen, Chicken Karage Curry Don, dan Chicken Karage 

ramen ya (9)

ramen ya (8)

ramen ya (7)

ramen ya (6)

menu ramenya

Spicy Beef Ramen dan Beef Ramen

Spicy Beef Ramen merupakan ramen yang paling difavoritkan di Ramen Ya! Porsinya juga gede, jadi pas ukurannya untuk pria dan wanita. 

Sebelum memesan ramen, kami disuruh memilih jenis mie yang mau versi keriting atau yang pipih kecil. Katanya sih lebih enak yang pipih. Tapi tetep aja sih kalau makan ramen sambil nyeruput kuahnya juga nggak bakalan terasa itu mie kecil atau mie besar karena tertutup dengan rasa kaldu ramen.

Kalau makan ramen maka hal pertama yang harus dicobain adalah "nyeruput" kuahnya. Rasa kaldunya creamy dan terasa kuah kaldu ayam yang enak. Spicy Beef dan Beef ini dengan toping ala daging yoshinoya yang dibumbuin pake bawang bombay, lalu ada daun bawang, tamago (telur) dan selembar rumput laut. 

ramen ya (1)

Chicken Karaage Ramen

Harusnya sih saya memesan Legendary Chicken Ramen yang katanya ramen versi ayam yang paling difavoritkan di Ramen Ya! karena sambal bawangnya yang khas.  Jadi ini ceritanya saya salah pesan karena terlena lihat chicken karaage Ramen tetangga sebelah.

Seporsi ramen Chicken Karaage Ramen ini saya mendapatkan kira-kira 6 potong Chicken Kaarage. Kuahnya sih mirip sama yang beef ramen, creamy dan sedap banget. Chicken Karaage yang dibalut dengan tepung pun ayamnya nggak sepoh. Crispy khas Chicken Kaarage pada umumnya. 

ramen ya (2)

ramen ya (3)

ramen ya (4)

Chicken Karage Curry Don

Pesanan adik saya ini agak aneh sih karena ke restoran ramen tapi pengennya makan nasi supaya kenyang. Porsinya memang bikin takjub loh sih Chicken Karage Curry Don ini yang gede banget piringnya beserta isinya.

Chicken Karage Curry Don ini diguyur dengan bumbu curry yang mengingatkan pada menu favorit saya ketika di Jepang yaitu CURRY HOUSE CoCoICHIBANYA  kuah karinya kental dan creamy tapi rempahnya pas nggak se-strong curry ala makanan di India.

ramen ya


Overall, semua makanan yang saya coba di Ramen Ya! Surabaya ini semuanya memuaskan. Jangan lupa, semurah-murahnya ramen siapin minimal uang 60 ribuan per-orang untuk beli makanan dan minumannya. 

Ramen Ya! Surabaya
Pakuwon Mall Lt. B1
Surabaya

Jam Buka :
10.00 - 22.00