Entah mengapa tiba-tiba rindu kota Jogja. Kangen dengan keanekaragaman kulinernya. Untuk mengobati rasa kangen ini saya kulineran Bakmi Jogja Trunojoyo di Surabaya.

Sekilas dari luar tak tampak seperti rumah makan di Jawa Tengah yang khas dengan kesan kunonya. Namun ketika masuk dihalaman resto sudah terlihat para waitres yang memakai baju khas Jawa yang lengkap dengan blangkon. 

Suasana semakin terasa Jogja ketika waitres menyambut saya dengan kata, Tiyang Pinten? Lalu saya nggak ingat kata kromo inggil yang diucapkan oleh waitres. Yap maklum karena saya lebih faham Jawa yang kasar istilahnya “Cak..Cuk…” 

bakmi trunojoyo surabaya
bakmi trunojoyo
bakmi jogja (2)

Waktu itu hujan deras, jadi saya memutuskan untuk makan di dalam saja. Kalau pengen outdoor namun tetap beratapkan atap bisa banget memilih suasana luar.

Kami memilih menu 2 bakmi godog, 2 pisang goreng, ronde dan teh hangat. Harusnya pilih yang mie nyemek atau mie goreng biar beragam tapi apa daya kami pengennya makan mie yang hangat dengan kuah panas mengepul.

Kalau versi modernnya ada open kitchen atau gerobak mie dan nasi goreng disajikan dihalaman depan berseberangan dengan pisang goreng. Kita bisa melihat bagaimana para chef dari Jowo tersebut sedang memasak.


bakmi jogja
bakmi jogja surabaya (2)
bakmi jogja (1)

Cuma hitungan menitan pesanan saya sudah terhidang. Kalau saya lihat sih kaldu memang sudah disiapkan jadi tinggal sreng..sreng matang deh…

Aroma khas bakmi godog Jawa memang dapet banget. Mie Godog disajikan dengan telur orak-orak, mie ayam suwir, kubis dan taburan bawang goreng. Kuah kaldunya tentu saja gurih dan mienya sempurna nggak terlalu “belenyek”. Lumayan mengobati rasa rindu saya akan kota Jogja.


bakmi jogja surabaya
bakmi jogja di surabaya

Selanjutnya saya menyeruput ronde dengan memakan pisang goreng. Pisang disajikan dengan taburan gula putih dan bubuk gula merah. Kulit pisangnya crispy dan pisangnya manis. Sambil dicocolin dengan gula kenikmatan yang sungguh tiada tara.


bakmi jogja surabaya (1)

Overall, suka banget sama konsep yang dihadirkan di Bakmi Trunojoyo ini, benar-benar dapat Jogjanya. Pelayanan juga sangat bagus dan ramah. Kalau lagi rindu berat sama Jogja nggak usah jauh-jauh dulu ke Jogja mending mampir dulu ke Bakmi Trunojoyo.

Bakmi Trunojoyo

Jl Tegalsari No:47

Surabaya

Jam Buka:

11.00 - 21.00

(Senin Tutup)