Sama halnya dengan Indonesia, Malaysia juga memiliki keanekaragaman budaya serta agama yang saling toleransi. Pun perayaan keagamaan di Malaysia selalu disambut secara meriah, seperti festival-festival dan juga pusat perbelanjaan yang saling mendekorasi sesuai tema perayaan. Salah satu perayaan yang dinantikan warganya yaitu Imlek.

Imlek di Malaysia biasanya selalu ada pertunjukan budaya seperti barongsai, lampion, opera dan chingay. Kebetulan saya pernah datang ke Malaysia saat bulan Februari yang bertepatan dengan Imlek. Saya mengunjungi Kawasan Chinatown/Petaling Street di Kuala Lumpur dan juga Jonker Walk Melaka.


melaka

Imlek di Kawasan Jonker Walk di Melaka

Kalau bertepatan ditanggal merahnya Imlek, pasti banyak toko-toko yang tutup. Nah paling asik sih kalau seminggu sebelum imlek atau setelah Imlek. Imlek di Melaka maka wajib banget nongkrong di Jonker Walk karena suasana Imleknya pasti dapet banget.

Jonker Walk penuh dengan lampion-lampion yang khas dengan perayaan Imlek. Kalau datangnya pas weekend, malamnya selalu ada opera China. Jonker Walk tuh ramainya di atas jam 16.00, kalau pagi ataupun siang hanya ada mobil yang lalu lalang melewati Kawasan ini. Nah kalau sore hari hingga subuh, Kawasan Jonker Walk penuh dengan penjual kaki lima dan banyak banget orang yang datang.


melaka (2)
melaka (1)
melaka (3)
melaka (4)

Pastinya kalau Lagi di Jonker Walk selalu lapar mata. Yap, meskipun lapar mata tetap harus hati-hati karena kawasannya kan banyak warga tionghoa jadi banyak juga yang mengandung pork. Lebih amannya cari penjual muslim yang berjilbab atau yang benar-benar tertulis halal.

Jus semangka dan Crab Crispy udah jadi target saya. Jus Semangka penyajiannya unik banget, jadi semangkanya utuh, lalu dikasih lubang atasnya untuk diblender, kalau udah halus baru dikasih es batu. Rasanya  ya mirip es semangka wkwkwk, padahal harganya mahal 10 Ringgit.


melaka (5)

Jajanan selanjutnya Crab Crispy yang jualan muslim jadi langsung jadi target. Bayangin Kepiting digoreng kriuk dan bisa dimakan semua hingga capit2nya dan rasanya tuh enak banget guys. Belum nemu sih yang jualan Crab Crispy di Surabaya tapi dijual ala kaki lima.


melaka (6)

Nah, nikmatin jus semangka dan Crab Crispynya didepannya opera. Ya meskipun nggak nyambung sama alur cerita operanya tapi kita menikmati banget perayaan Imlek di Malaysia.


jonker walk

Liburan Sehat di Malaysia

Sudah bukan rahasia lagi kalau Malaysia terkenal akan wisata medisnya atau berobat sambil jalan-jalan. Kenapa? Karena Malaysia terkenal akan biaya medisnya yang murah karena dibawah naungan pemerintah dan biaya hidup yang sama dengan Indonesia. Kualitas medisnya juga setara dengan Negara-Negara Tetangga.

Untuk memudahkan informasi terkait media di Malaysia didirikan sebuah organisasi yang bernama Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC). MHTC  adalah sebuah organisasi yang didirikan  oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas  sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia, serta sebagai pusat informasi dan fasilitator bagi pasien.



Apabila Pasien yang dari Indonesia datang berkunjung dalam rangka wisata medis bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke MHTC. MHTC akan memberikan saran dan membantu fasilitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien seperti, Informasi tentang dokter dan Rumah Sakit, Perkiraan biaya dan lama perawatan, Janji temu dengan dokter, Pengaturan akomodasi dan transportasi serta Medical Evakuasi. Pasien juga dibantu terkait dengan perkiraan biaya yang akan dikeluarkan sesuai dengan yang dibutuhkan.



MHTC bisa dikontak melalui :

SPACES, Lantai 3, World Trade Centre 3

Jl. Jend. Sudirman, Kav. 29-31, Karet Sudirman,

Jakarta Selatan, DKI Jakarta,

Indonesia 12920.

Atau hubungi di +62812 8971 0029 / +62819 0898 9386

Website : www.medicaltourismmalaysia.id

Kunjungi juga Instagram : @medtourismmy.id untuk update informasi kesehatan malaysia dan informasi terkait Malaysia Healthcare.

 Fasilitas Kesehatan di Melaka

Melaka memang terkenal akan wisata historisnya yang benar-benar terjaga, makanya tak heran banyak wisatawan yang datang ke Melaka dengan menempuh perjalanan 2 jam dari Kuala Lumpur. Di Melaka ada 3 Rumah Sakit yang terkenal akan wisata medisnya yaitu :

Mahkota Medical Centre (MMC) merupakan salah satu Rumah Sakit terbaik di Melaka. Didirikan pada 30 September 1994, Rumah Sakit Mahkota Medical Centre ini menawarkan fasilitas Diagnostik, Terapeutik, dan Perawatan Intensif serta layanan medis berkualitas bagi Pasien.

Oriental Melaka Straits Medical Centre berdiri pada tahun 2014 hingga saat ini.  Fasilitas yang diandalkan Rumah Sakit ini yaitu penanganan terhadap Jantung dan Ortopedi.

Pantai Hospital Penang (PHP) adalah rumah sakit yang berdiri sejak tahun 1997. Meskipun lokasinya jauh dari pusat kota, namun fasilitas di PHP ini sangat lengkap, penanganan yang diandalkan dalam RS ini adalah kardiologi, bedah kardiotoraks, neurologi, bedah saraf, bedah laparoskopi dan ortopedi.

 

Melaka menjadi "jujugan" wisata medis karena biaya hidupnya lebih murah dibandingkan Kuala Lumpur, namun fasilitas medisnya tak kalah profesiaonalnya. Semoga review tentang Liburan Sehat Saat Imlek di Malaysia membantu kalian yang pengen jalan-jalan sambil wisata medis di Malaysia. Jangan lupa selalu sehat ya...