Lama banget saya nggak jalan-jalan ke Malang. Serindu itu ke Malang akhirnya saya dadakan ke sana sekalian datang ke nikahan rekanan mas suami. Selama Tiga Hari Dua Malam puas banget keliling dari kafe ke Kafe, saya sengaja skip theme park karena sudah khatam sama semua wisata yang ada di Malang. Jadi memang itinerary ngetrip ke Malang sengaja menggunakan “Itinerary Cafe Hopping Malang” ke tempat-tempat nongkrong para ABG.

Hari ke-1
Ndalem Ratu Singosari

Ndalem Ratu Singosari ini bukanlah kafe baru yang berdiri tahun 2021, kalau nggak salah sih sudah ada pada tahun 2019 akhir. Kafenya dikemas tradisional yang tujuannya untuk mengenang masa kerajaan. 


ndalem ratu (5)
ndalem ratu
ndalem ratu (4)

Dari luar sudah nampak konsepnya ala resto yang banyak ada di Jogja. Masuk ke dalam bau dupa langsung menyeruak. Banyak miniatur, lukisan dan handicraft etnik. Agak horror sih kalau malam-malam sendirian ke sini wkwkwkwkwk… ada tempat tidur dan juga lukisan nyi roro kidul juga.


ndalem ratu (3)
ndalem ratu (2)

Kami memilih area belakang dari gazebo utama dipisahkan oleh kolam kecil. Membaca menu makanannya sudah bisa ketebak kalau tradisional seperti pecel, lontong cap gomek, mendoan dan sebagainya. Saya memesan yang lontong cap gomek, mendoan, dan sambelan telor ceplok. Alhamdulilah dari segi rasa dan porsi nggak ada yang mengecewakan. Apalagi mendoannya bikin nagih.


ndalem ratu
ndalem ratu (1)

Konsepnya yang unik di kafe ini tentu saja ritual foto harus dijalankan. Setiap sudut memang bagus banget. Lalu ada juga yang lagi prewedding waktu itu.

Kotask

Lanjut ke pusat kota Malang, saya menuju ke Kotask. Ini kafe happening banget di Tahun 2021. Dari mulai parkirannya sudah ramai, masuk ke dalam ramainya sudah kayak pasar.


Untitled
Untitled
Untitled

Dari segi harga Kotask termasuk pricey sekelas sama harga kafe di Surabaya. Minuman ice kopi rata-rata 25 ribu ke atas dan makanannya 35 ribu ke atas. Untuk memesan menu harus antri dulu di kasir, jadi bayar dulu baru cari tempat duduk.


Untitled

Di Kotask saya hanya nyemil dan minum aja tanpa pesan makanan berat. Nongkrongnya juga nggak lama karena ramai banget jadi kurang nyaman. Kita juga numpang sholat di sini. Namun untuk kopinya memang high class banget sebandinglah sama harganya.


Untitled
Untitled

Nginep di Sendja Pagi

Dari Malang saya lanjut ke Batu ke tempat penginapan yang saya pilih di Airbnb. Kebetulan saya masih punya potongan diskon dari poin Airbnb jadi nggak bayar sama sekali.


sendja pagi

Konsep penginapannya minimalis industrial. Letaknya berada dipemukiman penduduk. Bangunannya memang instagramable banget untuk foto-foto. Ada 3 kamar di penginapan homestay ini. Semua kamar full booked. Saya menempati dilantai atas..agak riewuh sebenanrnya kalau emak-emak dengan badan aduhai kayak saya wara-wiri naik turun tangga wkwkwkwk


swissbellin (3)
homestay

Paling suka dengan penginapan ini yaitu ada kitchennya yang bebas untuk masak dan juga ada kulkasnya. Nah paginya kita dapat sarapan bubur ayam yang enak banget.


IMG_6160
IMG_6177
homestay (1)

Dari lokasi cukup strategis terletak dii pusat kota Batu, dan panduan GPSnya juga mudah. Kamarnya bersih dan ownernya ramah banget. Recommended buat kalian yang punya budget terbatas menginap di Batu.

Hari ke-2
Souk Boutique Bistro

Pagi-pagi kita sudah check out demi café hopping di Malang. Destinasi pertama di hari kedua yaitu Souk Boutique Bistro. Konsep kafenya yaitu Timur Tengah. Dari luar bangunannya sudah kelihatan banget mediteraniannya. Masuk ke dalam kafe duh semakin cantik aja dengan dominan warna pink dan biru.


souk

Kalau saya baca-baca digoogle, semua makanan yang ada di Souk itu enak semua. Emang benar sih waktu saya pesan menu Chicken Strip dan Nasi kebuli rasanya juara. Nasi kebulinya dapat banget rasa timur tengahnya mulai dari beras brasmantinya, aroma dan juga dagingnya empuk nggak prengus. Chicken Strip juga pake saos yang antimainstream. Ya pokoknya kalau pesan apa aja kalian nggak bakalan kecewa.


souk (1)
souk

Lanjut ritual foto-foto. Sudut kafe ini banyak yang cantik. Di area belakang garden ada sofa-sofa yang colorfull ala timur tengah, lalu area dekat bar tinggal jepret udah dapat spot bagus bahkan kamar mandinya aja unik.


souk (2)
souk (4)
souk (6)
souk (5)
souk (3)

Et Tea Bar

Awalnya Es Tea Bar nggak masuk destinasi kafe yang saya list karena kafenya cuma jualan minuman dan bakpao. Tapi kok banyak yang review kalau minuman dan makanannya unik lain daripada yang lain, ya akhirnya masuk juga Et Tea Bar di hari kedua.


et tea bar (2)

Jadi Et Tea Bar ini menjual namanya yaitu teh. Namun yang bikin beda yaitu teanya dimodifikasi pake rasa buah-buahan dan juga ada topping seperti chezzo, konjac dan boba. Oia di sini juga ada bingso atau es puternya Korea. Nah makanannya ternyata ada bento dan moonbun atau bakpao dengan Topping macam-macam.


et tea bar (5)
et tea bar (4)

Saya pesan moonbun yang chicken nanban (34 ribu), boba pan (39 ribu dan minumannya saya lupa apa namanya pokoknya yang terbest sellerlah di Eat Tea Bar seharga (40 ribu). Untuk harga pricey ya  sekelas Kafe Surabaya.


et tea bar (6)
et tea bar (1)
et tea bar (3)

Saya takjub banget sama rasa tehnya yang beda banget sama teh lainnya. Atau bisa juga dibilang mirip dengan Cizu. Jadi teh dengan aroma dan sari buah lalu ada kejunya, duh seger dan kenikmatan kejunya bikin nggak bisa move on. Lanjut ke bakpaonya makin cinta lagi, dari ayam crispy, sayur dan mayonaisenya enak banget. Begitupula dengan bun bobbanya juga nggak kalah enak.


IMG_6317

Pokoknya ke Malang saya harus mampir lagi ke Et Tea Bar.

Menginap di Swiss Bellin

Hari ke-2 saya menginap di Swiss Bellin di kota Malang. Lokasi hotenya super strategis berada di belakangnya Transmart, tinggal jalan kaki aja sudah sampai mall.



swissbellin

Hotel ini recommended banget buat yang bawa anak kecil karena ada kolam renang, dekat mall dan view kamar dapat yang di depan kolam renang jadi enak banget. Untuk ulasan hotel Swiss bellin saya buatkan terpisah aja ya…


swissbellin malang
swissbellin (1)
swissbellin (2)

Hari ke-3

Ini hari terakhir saya di kota Malang dan Batu. Sebelum meninggalkan Malang saya menuju kafe yang viral karena ada kamar mandi di vending machine.

And Coffe Space

Lokasi And Coffe Space rupanya nggak jauh dari Souk. Sebenarnya saya ke kafe ini tujuannya Cuma pengen foto di vending machine aja. Jadi kita nggak makan Cuma pesan dua kopi aja dan ice cream buat naira.


Untitled
Untitled
Untitled

Sayangnya ketika masuk ke vending machine kamar mandinya kurang terawat banget dan baunya menyengat. Mungkin karena ruangannya tertutup nggak ada udara sama sekali jadi bikin pengap. Ya sudah kita Cuma foto, pesan minum dan lanjut ke Batu untuk cari tempat ngopi berikutnya.

Kopi Moroseneng

Pasti sudah banyak yang denger tentang Kopi Moroseneng yang khas sama nasi cuminya. Hmmm dari luar sudah kelihatan kalau kafenya ramai banget dan full pengunjung. Kita menunggu dulu baru dapat tempat duduk. Untungnya ownernya ramah banget, dan pelayanannya cekatan, meskipun kita belum dapat tempat duduk sudah dikasih buku menu. Menunya duh bikin khilaf karena semuanya enak.


kopi moroseneng (3)
kopi moroseneng (4)
kopi moroseneng (5)
kopi moroseneng (2)

Saya pesan menu double ayam dan cumi seharga Rp. 30.000.. dan mas suami pilih nasi cumi. Ada juga mendoan dan cireng. Minumnya pakai Cola dan Sarparilla.



kopi moroseneng

kopi moroseneng (1)

Emang benar sih nggak salah kalau kafenya jadi jujugan kalau ke Batu maupun Malang. Cuminya tuh melimpah, nggak amis, empuk dan pedasnya bisa dimaklumi. Mendoannya jumbo banget dan cruncy. Udah deh kalau ke Malang harus ke Kopi Moroseneng.


Udah lengkap nih cerita saya kafe hopping ke Malang selama tiga hari dua malam. Kalau kalian mana yang paling favorit?