Di Masa Pandemi kayak gini muncul berbagai ide bisnis rumahan untuk menambah penghasilan. Salah satu bisnis yang viral belakangan ini adalah bisnis jualan donat. Iyups donat..tapi donatnya versi dari beberapa Negara, alias bukan yang sering kita jumpai di Indonesia. Nggak perlu khawatir mencoba berbisnis karena modal bisa didapat melalui pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit.

Ketika lagi jalan-jalan di Luar Negeri, saya selalu mencicipi aneka street food-nya. Salah satu kuliner yang tak bisa saya lewatkan yaitu kuliner donat tradisional/khas yang ada di Negara tersebut. Memang dari beberapa Negara tersebut memiliki keunikan tersendiri. Saat ini sih saya mencoba bisnis Bomboloni karena buatnya mudah dan lagi viral banget.



Beberapa Ide Donat ini bisa jadi inspirasi untuk 5 Ide Bisnis Rumahan Donat Variasi Beberapa Negara. Nah kalau belum pernah mencoba langsung dari Negara-nya coba dulu yang sudah ada di Indonesia. Rata-rata sudah banyak sih di mall variasi donat berikut ini :

Ponchiki (Donut Rusia)

Waktu piala dunia di Rusia, saya sering lihat banyak yang nonton bola sambil makan donat yang disebut Ponchiki dalam Bahasa Rusia. Jadi waktu ke Rusia donat ini menjadi incaran saya. Ponchinki yang terkenal terletak di St Petersburgh, namun di Moskow juga ada beberapa yang menjualnya





Bentuk Donat Rusia layaknya donat bulat seperti biasanya. Yang berbeda adalah donatnya tanpa toping, hanya menggunakan serbuk gula halus. Awalnya agak pesimis sih waktu nyoba makanan ini, “halah” pasti kayak donat pada umumnya yang tanpa toping. Ternyata beda ya, donatnya crispy kriuk, tipis, ada rasa asin dan juga manis karena gula halusnya.

Bomboloni (Donut Italia)

Donat bomboloni viral pada tahun 2020 yang lalu hingga saat ini. Bomboloni berasal dari Italia. Di Italia Bomboloni dimakan setelah hidangan utama, alias dessertnya.


Untitled

Bentuk Bomboloni berbeda dari donat pada umumnya karena donat ini super empuk tanpa lubang dan diberi aneka isian di dalamnya. Lalu isiannya dibiarkan muncul dipinggiran donat. Variasi isian donat ini biasanya ada krim Ovomaltine Coklat, Nutella, lotus, strawberry dan burberry.

Biasanya saya beli Bomboloni dalam satu box bisa isi 3, 4 atau 6, perdonatnya antara 6ribu hingga 8ribuan.

Loukoumades (Donut Yunani)

Loukoumades yang merupakan donat dari negara Yunani viral pada tahun 2021 ini. Konon di Yunani sendiri donat ini dijadikan hidangan penutup mulut setelah makanan berat.

Kabar baiknya, dibandingkan dengan menu donat lainnya donat loukomades lebih mudah dibuat. Bentuknya berupa bulatan kecil, digoreng hingga kecoklatan. Ciri khasnya yaitu crunchy lalu setelah matang donat ini baru diguyur toping syrup dengan varian rasa seperti coklat, oreo, matcha,

Nah karena donat ini lagi viral maka harganya sedikit mahal. Jika  rumahan antara 30ribuan isi 15.

YOUTIAO (Donut China)

Waktu saya di China, saya penasaran banget sama donat di Negara gingseng tersebut. Ternyata donat China merupakan cakwe yang juga sering dijual di Indonesia. Nah di China sendiri YOUTIAO biasanya menjadi menu sarapan pagi bersama dengan susu kedelai.


fuhang soy milk 6


Ya, Youtiao bentuknya memanjang tidak seperti layaknya donat pada umumnya. Rasanya pun asin tidak manis. Cakue rumahan biasanya dijual perbiji seharga 1000-an.

Churro (Donat Spanyol dan Mexico

Memang donat identik dengan bentuknya yang bulat dengan lubang ditengahnya. Namun nyatanya diberbagai Negara nggak selalu bulat, seperti Churro atau di Indonesia sering disebut Curos ini. Bentuk Churro memanjang, bagian luarnya terasa crunchy atau kriuk, dan bagian dalamnya lembut seperti pada umumnya.


Biasanya Churro disandingkan saus cokelat meleleh untuk versi originalnya. Namun kini Churro bisa diberikan toping seperti red velvet, milo maupun orea. Biasanya harga Churro isi 6 yaitu Rp. 14.000 s.d Rp. 20.000

Memulai Bisnis Makanan di Rumah

  • Yakinkan Bisnis Makanan Yang Dipilih

Resep aneka usaha makanan sudah banyak  di Youtube yang bisa dijadikan inspirasi untuk memulai berbisnis. Sebaiknya lakukan trial terlebih dahulu untuk mencoba resep makanannya lalu kasih tester kebeberapa orang untuk meyakinkan apakah rasa makanannya enak.

  • Survei Bisnis

Setiap daerah pasti memiliki pangsa pasar tersendiri. Jadi mulailah apa yang lagi viral namun bisa bertahan lama. Masih ingat Es Kepal Milo? Dulu ini viral banget kan, namun dalam hitungan bulan langsung lenyap seketika. Bahkan ada juga teman saya yang niat banget buka usaha es tersebut, dalam 3 bulan tutup.

  • Memiliki Modal Usaha

Ya kalau memulai bisnis harus memiliki modal usaha untuk membeli keperluan usaha. Meskipun bisnis rumahan, harus memiliki branding yang dipikirkan secara matang. Nama brand, slogan brand dan packaging menjadi pertimbangan dalam membuka usaha meskipun di rumah.

Nah, bagaimana nih sudah siap usaha, namun belum memiliki modal. Alternatifnya bisa menggunakan pinjaman online langsung cair dalam hitungan menit.

Tunaiku merupakan teknologi finansial atau FinTech pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan. Didukung dengan teknologi dan data analytics canggih, Tunaiku mampu melayani dengan sangat cepat (24 jam) dan dengan persyaratan yang mudah.

Memilih pinjaman di Tunaiki bisa dijadikan alternatif karena Tanpa agunan dan tanpa kartu kredit, Isi formulir pengajuan online hanya 10 menit, Pinjaman cair cepat sesuai nominal yang diajukan setelah tanda tangan kontrak, Bayar cicilan lebih cepat tanpa kena bunga dan Ajukan pinjaman bisa lewat aplikasi atau website. Tenor hingga 20 bulan dan limit berdasarkan kemampuan

Selanjutnya di Tunaiku di bawah naungan OJK jadi tidak diragukan dalam segi keamanan data nasabah.

 

Jangan lupa dalam mengajukan Pinjaman Online untuk modal usaha kecil, menengah, sampai skala besar harus disesuaikan dengan kemampuan ya…supaya bisnis semakin lancar.