Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi pada siapa saja, baik pengendara sampai pejalan kaki. Di Indonesia sendiri angka kecelakaan lalu lintas bisa dikatakan tinggi. Selalu hati hati dalam berkendara menjadi hal yang penting.



Oleh sebab itu, kamu perlu tahu beberapa faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia agar lebih mawas diri.

1. Kesalahan Manusia atau Human Error

Dengan semakin bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di Indonesia, angka kecelakaan juga mengalami pertambahan. Human error atau kesalahan manusia menjadi faktor utama paling besar yang menyebabkan kecelakaan.

Kesalahan tersebut dibagi menjadi 3 bagian, yakni kesalahan analisa situasi, kesalahan ambil keputusan dan yang terakhir kesalahan.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan pengguna jalan untuk tidak hanya bisa mengendarai kendaraan saja. Ketika akan menyalip, tentu harus sudah memperhitungkan sekaligus mengambil keputusan tepat.

Apakah akan memberi klakson atau tancap gas saja tanpa perhitungan kendaraan di depan? Begitu juga ketika akan berbelok, nyalakan sein atau langsung belok?

Tentu saja, kita tidak pernah tahu apa yang di depan tetapi bisa meminimalisir kesalahan, Faktor ini menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang cukup tinggi.

Maka dari itu, penting bagi pengendara untuk berhati hati dan mengetahui haluan saat di jalan raya. Kesalahan ini juga bisa berupa pengemudi mabuk atau mengantuk yang juga bisa sebabkan kecelakaan.

2. Jalan Tidak Memiliki Rambu

Tak hanya kesalahan dari pengendara, beberapa faktor juga turut mendukung terjadinya laka lantas.

Jika mengutip dari kompas.com, Korlantas Polri menyatakan jika jalanan yang tidak memiliki rambu memiliki kontribusi 16.92 persen kecelakaan.

Rambu lalu lintas memang memiliki peranan yang begitu penting, karena akan membantu untuk berhati hati.

3. Minimnya Penerangan

Sekalipun kendaraan sudah dilengkapi dengan lampu yang akan menerangi perjalanan, tetap saja penerangan yang minim juga mempengaruhi pengendara.

Penglihatan pengendara akan berkurang dan hanya bisa mengkamulkan lampu kendaraan. Faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia satu ini berkontribusi sekitar 14,16 persen pada lakalantas.

4. Jalan Berlubang

Tidak semua jalan di Indonesia sudah memadai dan mulus, beberapa lokasi justru jalannya banyak yang berlubang. Jalan yang berlubang ini juga berkontribusi menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Apalagi ketika sedang hujan, lubang ini akan tertutup genangan air sehingga pengendara tidak mengetahui atau bahkan tidak menduga terdapat lubang.

Faktor ini mampu memicu kecelakaan kamu ataupun kecelakaan tunggal yang berbahaya. Terutama jika kondisi pengendara tidak konsentrasi juga sedang lelah atau mengantuk.

5. Tidak Tersedianya Marka Jalan

Marka jalan memiliki peranan yang sama dengan rambu lalu lintas, yakni memandu pengguna jalan agar bisa melenggang nyaman dan aman.

Maka dari itu, jika marka jalan tidak tersedia bisa menjadi faktor penyebab kecelakaan lalu lintas di Indonesia. Garis putih di jalanan ini ternyata memberikan 14,35 persen angka kecelakaan di tanah air.

Berbagai faktor bisa menjadi penyebab kecelakaan ketika di jalan raya. Untuk itu, penting bagi pengguna jalan untuk tahu apa saja faktornya agar lebih berhati hati. Mengingat jika tidak hati hati, tidak hanya membahayakan diri sendiri tetapi juga pengendara lainnya. Apalagi kejadian yang tidak diinginkan ini bisa terjadi pada siapapun dan di mana saja.

Untuk itu, pentingnya menggunakan asuransi kecelakaan bisa membantu meminimalisir resiko kerugian serta untuk mendapatkan perlindungan yang diderita. Kamu bisa memilih Garda Me sebagai partner asuransi profesional terpercaya di Indonesia.