Pandemi Covid 19 sudah mulai mereda. Dari hari ke hari, jumlah kasusnya semakin menurun. Hal inilah yang kemudian membuat banyak hal berubah. Termasuk syarat masuk Malaysia 2021. Jadinya, jika kamu berencana melakukan perjalanan ke Malaysia, ada baiknya mengecek rutin dan lebih detail perubahan peraturan syarat masuk tersebut.

Kamu berencana mengunjungi negeri Jiran dalam waktu dekat? Berikut ini adalah tempat-tempat gratis yang wajib kamu kunjungi. Tak mampir ke tempat ini membuatmu tak afdal jika datang ke Malaysia.

 

1. Petronas Twin Towers

Ini jelas tempat pertama yang harus kamu sempatkan diri untuk disambangi. Ya, landmark-nya negeri Malaysia. Apa lagi kalau bukan Petronas Twin Towers. Si menara kembar di Malaysia yang terkenal hingga ke berbagai negara. Layaknya Monumen Nasional alias Monas di Indonesia, Twin Towers ini merupakan tempat tujuan wisata pertama yang dikunjungi wisatawan saat datang ke Malaysia. Tentunya, berfoto dengan latar belakang menara kembar ini, dan lalu mengunggahnya di media sosial menjadi tahapan selanjutnya yang harus kamu lakukan.



Petronas Twin Towers sendiri itu dibuat oleh arsitek César Pelli. Dia memiliki ketinggian 452 meter dengan jumlah lantai mencapai 88 lantai.

2. KLCC Park

Destinasi gratis kedua yang juga wajib kamu kunjungi adalah Kuala Lumpur City Center (KLCC) Park. Tempat ini letaknya tak jauh dari Petronas Twin Towers. Jadinya, setelah berpuas-hati menikmati pemandangan Petronas Twin Tower, dan juga berfoto, kamu bisa langsung ke KLCC Park ini.


KLCC Park sendiri itu merupakan sebuah taman. Luasnya sekitar 50 hektar. Angin yang sejuk, pemandangan yang indah, serta view Menara Kembar Petronas bisa kamu nikmati di tempat ini. Tapi jangan lupa, KLCC Park punya jam operasionalnya. Yakni dari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam. Jangan sampai kamu datang terlalu pagi atau terlalu malam ya saat ke sana. Supaya kamu bisa menikmatinya tanpa terganggu waktu menunggu, atau pun kecewa karena sudah tutup.

3. Masjid Jamek Sultan Abdul Samad

Untuk yang muslim, mengunjungi Masjid Jamek Sultan Abdul Samad juga menjadi sebuah keharusan saat datang ke Malaysia. Selain karena tak perlu merogoh kocek untuk tiket, kamu di sini juga bisa belajar sejarah perkembangan Islam di Malaysia. Sebab masjid ini merupakan masjid tertua yang ada di Kuala Lumpur. Dia dibangun di tahun 1909.


Barulah, setelah dari masjid ini, kamu bisa berwisata kuliner. Ya, tempatnya sangat dekat dengan tempat kuliner yang hits di Kuala Lumpur. Jangan lupa, berpakaian yang sopan ya saat datang ke kawasan masjid ini. Gak etis kan kalo kamu pakai pakaian yang terbuka padahal kamu tahu, tempat itu banyak dijadikan sebagai tempat wisata religi.

4. Batu Caves

Tempat wisata ini juga sangat terkenal. Selain ke Menara Petronas dan juga KLCC Park, banyak wisatawan asal Indonesia yang datang ke tempat ini. Ya, Batu Caves. Sebuah tempat wisata gratis di Malaysia yang juga merupakan tempat ibadahnya umat Hindu Malaysia.



Di Batu Caves, kamu akan melihat patung Dewa Murugan. Sebuah patung besar setinggi 42 meter yang dilapisi logam mulia emas. Nah jika kamu terus naik ke atas dengan menaiki anak tangganya, kamu akan bisa melihat tempat pemujaannya. Tapi pastikan kamu sehat dan fit ya, soalnya kamu harus naik 272 buah anak tangga dulu untuk bisa sampai ke sana.

5. Chin Swee Temple Genting

Tempat yang satu ini juga tak membuat kamu harus mengeluarkan uang saat ke sana. Tempat wisata ini juga masuk ke dalam kategori tempat beribadah. Ya, Chin Swee Temple Genting. Sebuah kuil Tiongkok yang letaknya lumayan tinggi, sebab adanya di ketinggian 4.600 m dpl. Dari kuil ini, kamu akan bisa melihat pemandangan kota-kota yang indah yang ada di bawahnya. Berfoto di tempat ini juga tak kalah cantik. Pastikan kamu upload di sosial media ya hasilnya supaya semakin seru.

6. Kuala Lumpur City Gallery

Yang senang dengan hal-hal yang berbau sejarah, wajib menyambangi tempat berikutnya. Tempat wisata sejarah yang juga gratis. Tempat ini Kuala Lumpur City Galery. Sebuah tempat yang akan menambah wawasanmu mengenai sejarah kota Kuala Lumpur. Perkembangannya dari zaman ke zaman, bisa disaksikan dari bukti-bukti sejarah yang dipajang di sana. Misalnya saja foto-foto. Ada pun uang yang kamu hemat dari tiket yang tak perlu dibeli bisa kamu belanjakan untuk cindera mata yang dijual di sana. Unik-unik dan menarik, lho!

7. Royal Selangor Visitor Centre

Tempat wisata gratis yang ini juga tak kalah menambah wawasanmu. Di tempat ini, kamu bisa melihat aneka proses yang dilakukan oleh para perajin pewter. Ya, di Royal Selangor Visitor Centre. Kamu tahu apa itu kerajinan pewter? Itu tuh, kerajinan membuat barang-barang dari bahan baku berupa timah putih dan timah hitam. Barang yang dihasilkannya meliputi guci, gelas, dan berbagai benda lain yang punya manfaat hiasan. Kamu bisa menyimpannya di lemari hias tempat aneka pajangan berada.

 

Itu dia 7 destinasi wisata gratis di Malaysia yang bisa kamu singgahi saat kamu di sana. Kamu tertarik untuk datang ke sana? Yuk cek langsung saja ke Traveloka. Lalu cari tiket pesawat murah menuju Malaysia. Terus langsung booking. Oke, selamat berburu tiket!