Indahnya Panorama Air Terjun Sipiso-Piso dan Perjalanan Menuju Danau Toba dari Tanah Karo

Setelah meninggalkan Taman Simalem Resort, tour guide kami Pak Rachmad dari TX Travel membawa rombongan ke tempat wisata Air Terjun Sipiso-Piso yang lokasinya tak begitu jauh dari Resort. Air terjun Sipiso-piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia yang dikelilingi pohon pinus dan bukit-bukit yang hijau terletak di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara.

Jika dilihat dari jauh deras air yang jatuh dari sebuah sungai diatas bukit dari kejauhan seperti menyerupai sebuah pisau yang dalam bahasa daerah setempat "pisau" disebut "piso", maka masyarakat setempat kemudian menyebutnya air terjun sipiso-piso yang hingga kini nama tersebut dijadikan obyek wisata di Tanah Karo.

Dari parkiran bus saya bisa langsung menikmati keindahan pemandangan air terjun, tapi jika ingin melihat air terjun dari dekat maka kita harus berjalan menuruni tangga dengan jumlah anak tangga yang jumalahnya ratusan dan dibutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk berjalan kaki.

 photo b1659489-cf4c-4448-b50e-cc4980c4a2ae.jpg
(Keindahan air terjun sipiso-piso)


Waktu yang terbatas mengurungkan niat saya untuk menuruni anak tangga, mungkin lain waktu saya harus kembali kesini menguji mental dan stamina saya untuk melihat panorama Air Terjun Sipiso-piso dari dekat.

Gagal menuruni tangga Sipiso-Piso bukan berarti saya melewatkan keindahan lain dari air terjun ini, dari atas ketinggian saya bisa melihat Danau Toba dan hamparan bukit yang mengelilingi air terjun dengan tumbuhan yang subur mengelilingi obyek wisata ini dan banyak penjual souvenir khas Tanah Karo di sekitar.

 photo 89991f2c-08b1-4d78-b9f6-9a137c0b837a.jpg
(Indahnya pohon-pohon disekitar Air Terjun Sipiso-piso


(Rombongan Tour TX Travel)

 photo 346c0f1d-6827-42a9-8cc2-a9e128466ad9.jpg
(Deretan Penjual Souvenir)


Puas menikmati panorama Air Terjun Sipiso-piso perjalanan akan dilanjutkan menuju Danau Toba dan Pulau Samosir, karena perjalanan yang akan ditempuh lumayan jauh sekitar 4 jam perjalanan bus berhenti terlebih dulu disebuah kedai yang khusus menyediakan Bandrek Simarjarunjung, disini saya minum Bandrek sekaligus menikmati indahnya panorama Danau Toba dari atas bukit Simarjarunjung.


 photo dbc00557-6b54-4123-9064-c34eac7c4f39.jpg

Kedai simarjarunjung ini memang dijadikan transit bus-bus pariwisata sebelum menuju Danau Toba jadi jangan heran suasana kedai yang ramai dengan tamu yang silih berganti datang dan pergi, kemudian saya memesan bandrek susu, minuman tradisional khas Berastagi ini memang cocok diminum sebagai pengusir dingin, efek minum bandrek susu dapat menimbulkan sensasi hangat di tenggorokan dan rasa hangat akan menyebar ke seluruh tubuh atau badan. Ah jadi kangen ingin minum Bandrek lagi...


 photo b20b1669-f4c7-416e-ab4e-7e5ad952b8ac.jpg


You Might Also Like

1 komentar

  1. thn lalu, aku mudik ke medan, dan nyempetin dtg ke air terjun iniii ^o^.. suamiku tuh mbak yg turun ke bawah sambil gendong si kaka.. aku sih ga lah..krn lg hamil juga wkt itu, jd nunggu di atas :D

    merinding bgt liat air terjun ini, saking derasnya dan tinggi itu yaa.. inikan masuk k air terjun tertinggi no 4 di indonesia.. itu aliran airnya dari sungai bawah tanahkan yaa.. kdg aku suka ngayal, coba aja aku bisa terbang yaa, trs bisa ngeliat lgs sungai bawah tanahnya, sampe akhirnya menjadi air terjun tinggi dan deras begini...

    ReplyDelete