Dulu sebelum saya menginjakkan kaki di Osaka, saya selalu "nyinyir" ke Jepang kayaknya nggak perlu ke Osaka cukup ke Tokyo aja kan sudah mewakili Jepang. Lalu ngapain juga ke Universal Studio Osaka kan sudah ada Universal Studio Singapore lebih dekat dari Indonesia. Namun ketika saya dapat JR Pass ya sekalian saya ke Osaka, ternyata Osaka memang bagus dan wajib didatangi selain Tokyo.





Transportasi Dotonburi Osaka
Transportasi dari Tokyo ke Osaka memang mahal, kalau nggak naik whiller bus yang harganya 500k maka naik shinkasen yang harganya mendekati 1 juta. Idealnya memang untuk trip ke Jepang itu : Tokyo - Kyoto -Nara - Osaka, jadi Tokyo di titik awal dan pulangnya Osaka atau sebaliknya. Pun saya ke Osaka ini gara-gara dapat hadiah travel voucher yang sekalian ada JR Pass.

Akses menuju ke Dotonburi ini ada banyak bisa dari Namba Station exit 14 atau Namba Station dari pintu keluar manapun nanti ujung-ujungnya pasti ketemu sama Dotonburi. Seperti penginapan saya saja yang di Shinsaibashi Station juga ternyata nyambung sama Dotonburi.


Suasana Dotonburi Osaka
Karena saya start dari penginapan yang ada di Shinsaibashi Stasion maka saya melewati toko-toko perbelanjaan yang kanan kirinya full toko branded dan toko lokal. Waktu itu rame banget orang jalan kaki, tapi kayaknya setiap hari pun area Shinsaibashi nggak pernah sepi pengunjung karena daerah ini merupakan titik point turis belanja. Selain area Shinsaibashi, area sekitar glico man juga banyak banget pengunjung.

dotonburi osaka 4
Pertokoan sekitar Tombori River Cruise

dotonburi osaka
Osaka yang nggak pernah sepi pengunjung

dotonburi osaka 12
Pertokoan Shinsaibasi


dotonburi osaka 6
Takashimaya


dotonburi osaka 2
Takoyaki


dotonburi osaka 9
Gang-gang kecil di Dotonburi



dotonburi osaka 7
Tombori River Cruise Osaka



Top 5 Things To Do Dotonburi Osaka
Buat yang pertama kali ke Dotonburi pasti bingung mau ngapain aja selama di Dotonburi. Yang pasti seharian dari siang sampai malam di Dotonburi nggak akan terasa, mau ngabisin duit atau sekedar nongkrong dipinggir sungainya ada sensasi tersendiri. Nah sewaktu di Dotonburi 5 hal inilah yang saya lakukan :

  1. Window Shopping di Shinsaibashi Suji
    Cuci mata di Shinsaibashi saja membuat saya bahagia heheheh... Shinsaibashi area shopping street itu segala yang kita butuhkan ada. Kalau pakaian yang masih masuk kantong saya ada Zara, H&M, Bershka, Uniqlo, Tokyu Hands, Guess dan sebagainya... Ada 8 blok di Shinsaibashi yang bakal bikin kita khilaf.

    Klik Untuk Memperbesar


    shinsaibashi osaka 2
    shinsaibashi osaka
    dotonburi osaka 3

  2. Foto di Glico Man
    Seperti yang kita tahu kalau sedang browsing tentang Osaka pasti tampilah iklan Glico Man di daerah Dotonburi. Benar saja ketika saya sampai di Dotonburi, orang-orang sibuk mengantri foto. Ada yang berfoto ala Glico Man yang mengangkat kedua tangan atau sekedar selfie. 

    2019-06-02_08-41-12

  3. Makan Takoyaki Hitam
    Dotonburi merupakan area surganya takoyaki dan okonomiyaki. Sayangnya okonomiyaki di sana beefnya adalah pork, jadilah saya mundur teratur. Lalu selain okonomiyaki yang terkenal adalah takoyaki-nya. Salah satu takoyaki yang unik adalah takoyaki hitam dari kukuru.  Harganya untuk yang isi 8 yaitu 750 yen.

    takoyaki kukuru (1)

    takoyaki kukuru
    Takoyaki Hitam Kukuru

  4. Nongkrong di Pinggir Sungai Dotonburi
    Area Dotonburi ini dibelah oleh sungai. Sekeliling sungainya ada tempat duduk yang menghadap ke sungai, kalau sore menjelang malam maka asik banget duduk-duduk sambil melihat lalu lalang kapal boat yang lewat. Kalau berminat bis ajuga naik boat "Tombori River Cruise" dengan tiket harganya 900 yen.

    dotonburi river

    dotomburi osaka

    dotonburi river 2

  5. Foto di Sekitar Kuil 
    Di area Dotonburi juga ada sebuah kuil yang terletak di dalam gang. Awalnya saya sih juga nggak sengaja menemukannya disebuah gang bernama Hozenji Yokocho. Kuil Hozenji sudah ada sejak zaman Edo, konon usianya sudah 1600 tahun. Kalau mau foto-foto si sekitar kuilnya cantik banget, seperti yang ada dalam film-film Jepang.

    dotonburi osaka 11

    kuil di dotonburi
    Area sekitar kuil

    kuil dotonburi 1
    Gerbang Masuk Kuil
    dotonburi osaka 10


Gimana seru kan seharian di Dotonburi Osaka? Semoga artikel Inilah Suasana dan Transportasi Ke Dotonburi Osaka bisa menjadi panduan kalian. Selamat Traveling...