Salah satu tema dalam blog saya yaitu tentang traveling. Banyak sekali cerita traveling yang saya tuangkan dalam blog www.diarysivika.com. Padahal awal tujuan saya ngeblog agar bisa menyimpan kenangan pribadi dalam sebuah tulisan, sekarang malah dijadikan panduan banyak orang ketika akan bepergian.



Nah bagaimana sih saya bisa mengingat dan bisa menuliskan alur cerita secara berurutan diblog? Lalu judul atau tema apa saja yang disukai oleh pembaca blog www.diarysivika.com. Berikut tips menulis blog traveling ala saya:

Menulis Kegiatan Traveling di Notes HP
Sebenarnya saya orangnya pelupa, apalagi menulis di blog itu nggak mungkin saya lakukan langsung ketika pulang traveling, saya selalu memberikan jeda waktu menulis blog sekitar 1 atau 2 bulan setelah pulang dari traveling.

Ketika traveling saya langsung menuliskan catatan di notes hp, isinya lengkap dengan kegiatan yang saya lakukan, transportasi menuju lokasi dan biaya yang saya keluarkan. Misalnya dalam sehari ada 4-5 tempat yang saya kunjungi maka di tempat itu pula saya menuliskannya. Cara ini yang membuat saya selalu ingat apa saja yang telah saya lakukan dalam sehari ketika traveling. Jadi kalau mau nulis di blog tinggal buka saja catatannya.

Menulis Detail Transportasi dan Biaya Secara Lengkap
Ketika kita akan berangkat traveling, hal yang sering kita lakukan adalah mencari lokasi yang diinginkan, selanjutnya pasti mencari transportasi dan biaya secara lengkap.

Hal yang tidak boleh dilewatkan dalam tulisan traveling diblog yaitu menuliskan transportasi secara mendetail, bahkan saya sering sekali foto setiap detail jalan yang saya lewati agar memudahkan pembaca mengikuti rute yang saya lalui. Ya, meskipun sudah ada google maps, namun rute dengan foto tetap disukai oleh pembaca.

Selanjutnya yaitu menulis biaya secara mendetail, mulai dari pengeluaran yang saya keluarkan dari transportasi, biaya makan, penginapan, dan oleh-oleh juga saya tulis dengan lengkap.

Judul yang saya sukai "Cara", "Panduan" atau "Transportasi Ke.."
Kalau kalian pembaca setia blog saya, pasti kalian sering banget membaca judul blog dengan kata awal cara, panduan ataupun transportasi ke.. Bukannya saya nggak bisa membuat judul yang menarik atau kata-kata yang puitis. Namun 3 judul di ataslah yang sering banget memiliki SEO baik dan berada di halaman satu google.

Selain itu, biasanya kalau kita lagi browsing ke tempat-tempat wisata pastinya yang dicari nggak jauh-jauh dari kata cara ke, panduan ke... atau transportasi ke...

Menulis Itinerary Secara Lengkap
Salah satu tulisan yang selalu ditunggu oleh pembaca saya adalah menuliskan itinerary secara lengkap khususnya ketika sedang traveling ke luar negeri. Nah menulis itinerary itu menurut saya berat banget karena ceritanya harus berurutan, banyak gambar dengan edit foto yang lama dan menulis jadwal secara lengkap dalam bentuk kolom excel yang lengkap dengan kegiatan dan biayanya.

Format itinerary dalam bentuk excel biasanya saya PDF lalu saya tampilkan di blog. Jadi menulis itinerary secara lengkap merupakan favoritnya pembaca blog.

Referensi Kuliner Halal Ketika Traveling
Untuk kulineran waktu traveling saya selalu mencari kuliner halal, meskipun terkadang harga makanan instan/beku di seven elevel jauh lebih murah. Tulisan dengan kuliner halal nih menjadi traffic tinggi di blog.

Nggak semua negara yang saya kunjungi dengan mayoritas penduduk muslim, jadi mencari kuliner halal adalah tantangan. Untuk itu saya menuliskan di blog sangat lengkap mulai dari transportasi, biaya dan yang wajib adalah foto buku menu.

...

Ditengah gempuran teknologi dan social media, menurut saya blog tetap tidak tergerus oleh kecanggihan teknologi. Katakanlah kita browsing di instagram dengan hestek pasti yang dapat kita lihat cuma foto feed dan deskripsi singkat, selanjutnya setelah melihat instagram langsung browsing lagi di internet untuk mencari detail wisatanya.

Nah menulis blog tentang traveling saat ini menjadi trend tersendiri. Untuk memiliki blog maka harus memiliki domain jadi blognya bisa menjadi .com, .net, .me atau sebagainya tanpa nama belakang blog gratisan seperti blogspot atau wordpress. Caranya yaitu dengan berlangganan promo domain murah niagahoster


Kalau pengen foto-foto yang ditampilkan besar-besar dan jernih maka butuh space besar maka bisa berlangganan hosting murah terbaik niagahoster. Dengan memiliki blog, kita bisa menuliskan pengalaman traveling dan juga bisa menghasilkan uang dari blog untuk biaya traveling.