Waktu berumur 1,5 tahun anak saya sering diare, awalnya saya berpikir kalau anak saya si Nay ini susunya terlalu encer sehingga menyebabkannya diare. Saya tidak curiga pada susu sapi yang dia minum karena sebelumnya di waktu usia 1 tahun ke atas setelah saya mengganti dari ASI ke sufor baik-baik saja pada pencernaannya.

Namun sewaktu si Nay diare lagi, rewel serta mengeliat karena perutnya saya mulai khawatir lalu membawanya ke dokter anak. Oleh dokter anak langsung dirujuk untuk segera masuk rumah sakit karena dehidrasi. Setelah masuk Rumah Sakit kami melakukan sejumlah tes, yaitu tes darah dan tes alergi, hasilnya memang si Nay alergi pada protein di dalam susu sapi.

Dirawat di Rumah Sakit karena diare



Tanda lain yang tidak saya sadari alergi pada susu sapi yaitu si Nay sering merintis kemerahan di hidung dan juga ruam pada area diapers yang sebelumnya saya pikir karena alergi pada diapersnya. 

Rupanya alergi pada susu sapi mewarisi dari saya yang dulunya juga alergi susu sapi, kata mama saya. Alergi protein susu sapi pada setiap anak memang berbeda, diantaranya alergi yang sering terjadi yaitu gatal-gatal, kulit kemerahan, muka bengkak, muntah, diare, mendengkur saat tidur atau reaksi alergi parah bisa menyebabkan kondisi hipotonia (lemah otot pada bayi). 

Mudah-mudahan Bunda semuanya tidak mengalami hal demikian pada buah hatinya ya... si Nay juga tidak parah karena cepat diketahui alerginya.



Mengganti Susu Sapi Protein Dengan Susu Soya
Kekhawatiran saya selanjutnya dengan mengganti susu sapi dengan susu soya, saya takut kalau si Nay tidak suka sama rasanya dan bisa mengakibatkan bobot badannya akan berkurang drastis. Oleh dokter saya disarankan mengganti susu soya dengan Morinaga Chilkid Soya dari PT Kalbe Nutritionals.




Kalau dulu Chilkid Soya rasa madu belum ada jadi si Nay mengonsumsi yang rasa vanilla. Sekarang ada susu Morinaga Chilkid Soya rasa madu, pastinya anak-anak suka sama rasanya. Rasa Morinaga Chilkid Soya memang disukai sama si Nay dan tidak mengurangi keinginannya untuk minum susu setiap harinya. Sekarang dia melanjutkan dengan ChilSchool Soya Rasa Madu untuk usia 3-12 tahun. Setelah meminum Morinaga Chilkid Soya, Alergi pada si Nay tidak muncul lagi. 



Varian terbaru dari ChilKid Soya yaitu rasa madu memang digemari Si Kecil. Selain rasanya yang nikmat, madu sebagai kandungan yang berkhasiat, memberikan banyak sekali manfaat kesehatan untuk anak karena mengandung banyak nutrisi, antioksidan. Selain itu, madu juga dapat membantu proses pertumbuhan sel-sel dan jaringan tubuh anak dan melawan sumber penyebab alergi atau histamin yang menyebabkan reaksi alergi sehingga anak tidak mudah sakit.

Kandungan yang ada dalam Morinaga Chilkid Soya yaitu:
  • Asam Linoleat (AL) ,Alfa asam Linolenat (AAL) : sebagai bahan untuk pembentukan AA & DHA.
  • DHA, AA : Untuk meneruskan rangsangan antar sel syaraf sehingga mempercepat daya tangkap saat proses belajar. 
  • Kolin : Untuk memperkuat penyimpanan daya ingat di otak saat berpikir, berbicara, gerakan sadar maupun rangsang sensorik sehingga anak lebih cerdas.
  • Zat Besi : Untuk meningkatkan konsentrasi dalam proses belajar anak, terutama dalam menyimak pelajaran.


Alergi Tetap Berprestasi
Mengganti susu sapi dengan susu soya, saya juga sempat khawatir kalau kebutuhan nutrisi dan vitaminnya akan menyebabkan si Nay berbeda dengan teman-temannya yang mengonsumsi susu sapi. Rupanya kekhawatiran saya tidak beralasan si Nay tetap berprestasi di usianya.

20190621114025_IMG_5171-01
20190621114059_IMG_5172-01
20190621114116_IMG_5174-01

Di umur 6 tahun si Nay sudah jago pidato dan berbicara bahasa Inggris dengan level setingkat 6 SD. Pun saya juga tidak pernah memaksanya untuk les bahasa Inggris karena si Nay sendiri yang memintanya karena dia suka nonton jaringan TV kabel bahasa Inggris, namun waktu itu karena belum bisa bahasa Inggris jadi tidak mengerti. Rasa penasaran tentang arti bahasa Inggris itulah yang membuatnya ingin dan belajar bahasa Inggris.






Belajar bahasa Inggrisnya pun tidak seperti pelajaran di sekolah, tapi lebih materi percakapan sehari-hari dan kami terapkan dalam percakapan di rumah dengan bahasa Inggris. Melihatnya berprestasi sebagai orang tua saya bangga.


Morinaga Allergy Week
Morinaga merupakan brand unggulan PT Kalbe Nutritionals, mendukung program World Allergy Week setiap tahunnya melalui berbagai rangkaian program untuk membantu Si Kecil yang alergi, tetap berprestasi. Kali ini, dalam rangka Morinaga Allergy Week 2019, Morinaga berkomitmen untuk mendukung penuh Si Kecil dari segala aspek kehidupannya.



Dalam rangka mendukung penuh Si Kecil yang alergi, tahun ini Morinaga Allergy Week mempersembahkan program #BekalPrestasi. Program ini terdiri dari edukasi alergi lewat hospital seminar yang didukung oleh dokter spesialis anak ahli alergi di berbagai kotabesar di Indonesia, kesempatan berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis anak dari KLIKDOKTER, penyediaan asuransi pendidikan anak, penyediaan asuransi jiwa untuk orangtua, serta inovasi produk berupa varian terbaru dari ChilKid Soya rasa madu untuk memenuhi kebutuhan dan kelengkapan nutrisi Si Kecil. 

Dukungan penuh dari Morinaga dalam program #BekalPrestasi ini diharapkan bisa membantu generasi platinum untuk mencapai cita-cita dan kualitas terbaik dirinya,” jelas Dewi Angraeni, Senior Brand Manager Kalbe Nutritionals.





World Allergy Week merupakan program tahunan inisiasi World Allergy Organization (WAO) yang tahun ini diselenggarakan pada tanggal 7-13 April 2019 dan mengusung tema"The Global Problem of Food Allergy". Alergi anak masih menjadi masalah kesehatan yang umum ditemui dan bisa menghambat tumbuh kembang anak. World Allergy Organization (WAO) menyatakan bahwa tema World Allergy Week tahun ini berangkat dari fakta bahwa masalah alergi telah menjadi masalah global. Kondisi alergi terkait makanan, bisa berbeda antara satu individu dengan individu lainnya.

Oleh karena itu, alergi adalah topik yang perlu diedukasikan secararutin untuk orang tua, agar mereka mengerti kalau pada dasarnya alergi dapat diatasi dan Bunda bisa mencegah anak mewarisi bakat alerginya. Tahun ini, Morinaga kembali mengadakan hospital seminar dan melakukan edukasi mengenai alergi mulai dari pemahaman, pencegahan dan solusinya, agar orangtua memahami bagaimana Si Kecil yang menderita alergi, bisa tetap tumbuh secara optimal.

Dalam rangka program #BekalPrestasi, Morinaga Allergy Week tahun ini mendukung prestasi Si Kecil lewat:
  1. Dana Persiapan Pendidikan dari Astra Life senilai total Rp500.000.000,-untuk 5 orang pemenang;
  2. DanaAsuransiJiwasenilai total 1 Miliar rupiah untuk 2.000 pemenang;
  3. Voucher Belanjamasing-masing 200.000* rupiah untuk 3 orang pemenang mingguan selama periode program berlangsung. Program inidapat diakses di berbagai channel seperti supermarket, hypermarket dan website Morinaga Allergy Week yaitu www.cekalergi.com/BekalPrestasi. Program ini berlaku secara nasional dandiharapkan bisa mendukung banyakorangtua dan anak dari segifinansial dan pendidikan.

100% Bunda SETUJU Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges mengurangi gejala alergi dan alergi tidak muncul
“Hasil survey terhadap ibu-ibu di Indonesia dengan anak yang alergi susu sapi, menunjukkan bahwa 100% Bunda SETUJU Morinaga Soya MoriCare+ Prodiges mengurangi gejala alergi dan alergi tidak muncul, berdasarkan hasil survey Home Tester tahun 2018. Artinya, ChilKid Soya sesuai untuk dikonsumsi Si Kecil yang alergi dan memiliki nutrisi yang diperkaya, setara dengan kebaikan susu sapi untuk tumbuhkembang Si Kecil. Kini hadirnya varian madu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan Si Kecil terhadap variasi rasa,”ungkap Helly Oktaviana, GroupBusiness Unit Head Nutrition for Kids Kalbe Nutritionals.



Informasi tentang Morinaga bisa dilihat di Social Media berikut:
Faceboook : Morinaga Platinum
Instagram : @Morinagaplatinum
Twitter : @MorinagaID
Youtube :MorinagaPlatinum