Sekarang ini, pabrikan Mobil Toyota Indonesia menawarkan beberapa tipe untuk konsumen di Tanah Air, yaitu Camry, Corolla Altis, dan Vios. Akan tetapi, dari ketiga tipe mobil Toyota tersebut, hanya Vios yang diproduksi di Indonesia, sementara dua tipe yang lain didatangkan langsung secara utuh dari luar negeri.



All New Corolla Altis dan All New Camry yang baru diperkenalkan didatangkan secara utuh dari Thailand, karena hingga saat ini, Toyota Indonesia masih belum berminat untuk memproduksi keduanya. Tentu hal ini ada alasannya, seperti yang telah diungkapkan oleh salah satu petinggi di Toyota.

Sedan Tidak Selaris MPV dan SUV
Berdasarkan pernyataan dari Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandy, bahwa pertama-tama, All New Corolla Altis datang dari CBU (Completely Built-Up) Thailand. Saat ini, mobil sedan masih diimpor dari luar, karena market sedan yang ada di Toyota Indonesia masih kecil, di bawah 1 persen dari total pasar mobil.

Anton juga mengatakan bahwa pasar sedan memang cukup sulit di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari penjualan Camry yang baru saja diperkenalkan di awal 2019 ini dan Corolla Altis generasi sebelumnya. Jadi, produksi Toyota Indonesia saat ini masih fokus pada mobil tipe MPV dan SUV.

Penjualan Toyota Camry Menurun
Di awal tahun 2019, penjualan Camry mengalami penurunan dibawah 100 unit per bulan dan hampir menyentuh 50 unit per bulan. Sementara untuk targetnya sendiri, diprediksi bisa terjual 100-150 unit Camry per bulan hingga akhir tahun ini. Sedangkan Corolla Altis, sebelumnya penjualannya hanya 50 unit per bulan.

Jadi, untuk All New Corolla Altis yang baru diperkenalkan ini, diprediksi mampu tembus 60-70 unit per bulan. Dibandingkan dari total penjualan memang jumlah tersebut tidak besar, namun untuk penjualan sedan jumlah yang demikian sudah termasuk lumayan. Penjualan Corolla Altis diharapkan mampu naik lebih banyak dari generasi sebelumnya.

Hal ini dikarenakan adanya aturan untuk kedepannya tidak ada lagi sedan dan non-sedan, sehingga dimungkinkan ada peluang baru untuk sedan berkembang lagi. Segmen sedan di Indonesia memang tidak sepopuler MPV atau SUV, bahkan beberapa pabrikan seperti Daihatsu, Mitsubishi, Suzuki, dan Nissan, sudah tidak memasarkan model sedan lagi.

All New Corolla Altis, Mobil dengan Kesan Elegan dengan Mesin Modern
All New Corolla Altis yang baru diperkenalkan di Indonesia lengkap dengan varian hybrid. Namun, ada satu kekurangannya, yaitu mobil ini hanya menawarkan model sedan tanpa model hatchbacks. Anton mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena melihat karakteristik pasar dan target konsumen All New Corolla Altis adalah kalangan menengah atas.



Dalam hal ini, menurutnya model sedan sangat cocok, karena memiliki desain yang elegan. Selama ini, konsumen Corolla Altis banyak dari kalangan eksekutif dan pejabat pemerintahan, sehingga model sedan ini cocok karena terkesan lebih premium. Melihat lini produk Toyota Indonesia, untuk segmen hatchbacks., sudah ada Toyota Yaris.

Kita ketahui bersama bahwa Toyota Yaris sudah berkompetisi dengan Honda Jazz sejak lama. Jika Toyota tetap membawa All New Corolla Altis versi hatchbacks., maka kemungkinan akan terjadi persaingan di dunia mobil tersebut dan tentu ini bukan hal yang bagus, malah cenderung membuang potensi alias tidak efisien.

Sehingga akhirnya, Toyota memperkenalkan mid-sedan generasi ke-12 dengan teknologi hybrid. All New Corolla Altis yang baru diperkenalkan ini menggunakan mesin 2ZR-FE yang berkapasitas 1.789 cc dengan mesin konvensional 95 nm @ 5.200 rpm dengan torsi 141 @ 4.000 rpm.

All New Corolla Altis juga ditenagai dengan motor listrik P610 HEV transaxle dengan power 72 PS yang menghasilkan efisiensi yang lebih baik. Pengembangan All New Corolla Altis merupakan bagian dari komitmen Toyota untuk senantiasa menghadirkan mobil yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan teknologi yang ada. Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, All New Corolla Altis juga lebih stabil karena sudah menggunakan platform TNGA dengan center of gravity lebih rendah 20 mm. Kehadiran All New Corolla Altis ini memang tidak viral di Indonesia, karena masih menggunakan teknologi konvensional dengan tambahan turbocharged.

Jika melihat semua informasi yang telah dipaparkan di atas, apakah anda berminat untuk membeli mobil terbaru dari Toyota ini? Jika memang ingin lebih mengetahui kualitas mobil ini, maka anda bisa mengunjungi dealer mobil Toyota resmi, yaitu Auto2000 atau jika tidak punya waktu, langsung saja kunjungi situs auto2000.co.id.