Semakin maraknya sablon kaos di kalangan masyarakat, para pebisnis sablon kaos pun menawarkan berbagai macam produk baru. Jika dahulu orang banyak memperhatikan bahan atau material kaos yang digunakan untuk menyablon, saat ini bahan cetak sablon pun sudah banyak macamnya, seperti sablon berbahan karet yang kini mulai banyak diminati.

Sebagai penggemar sablon kaos, tentunya Anda tidak mau ketinggalan mencoba sablon kaos berbahan karet ini. Awalnya sablon berahan karet muncul dan digunakan pada merk kaos tertentu. Namun, saat ini Anda pun bisa membuat desain sendiri dengan sablon berbahan karet tersebut. Anda tertarik?



Cara Merawat Kaos Sablon Berbahan Karet
Jika Anda membeli kaos merk tertentu dengan bahan sablon karet, mungkin tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena bahan sablon tersebut pastilah kualitas pabrikan merk bagus. Kecuali, Anda membeli kaos sablon karet yang tidak bermerk atau KW alias tiruan.

Beda lagi ceritanya jika Anda memesan langsung pada jasa sablon kaos. Meski jasa sablon tersebut terkenal bagus, Anda juga perlu merawat kualitas sablon berbahan karet tersebut agar tidak mudah rusak dan mengelupas. Berikut cara merawat kaos sablon berbahan karet yang dapat Anda terapkan.



Cara Menyimpan Kaos Sablon Berbahan Karet
Sama halnya dengan kaos atau baju yang lain, cara menyimpan kaos sablon berbahan karet juga bisa dengan dua cara yaitu dilipat atau digantung kemudian dirapihkan sesuai dengan susunan di lemari.

Yang membedakan adalah perlakuan pada sablon berbahan karet. Agar tidak mudah rusak atau mengelupas atau malah merusak kaos/baju Anda yang lain, sablon berbahan karet bisa Anda posisikan di bagian dalam lipatan. Caranya dengan dibalik sehingga posisi sablon-an ada di bagian dalam dan tidak akan menempel pada kaos/baju Anda yang lain.

Cara Mencuci Kaos Sablon Berbahan Karet
Berhati-hatilah saat mencuci kaos sablon berbahan karet, banyak kerusakan yang dapat ditimbulkan saat mencuci. Pertama-tama, pisahkan kaos sablon berbahan karet dari cucian lainnya, karena perlakuannya pun berbeda. Kaos sablon karet tidak boleh direndam terlalu lama dengan detergen karena kandungan panasnya dapat merusak. Rendamlah 15 menit pada air tanpa detergen dulu, baru bisa dikucek pelan-pelan pada air berdetergen. Jangan pula digosok keras-keras, lebih baik jangan gunakan sikat, kucek saja dengan tangan.

Jika pakai mesin cuci, kurangi kecepatan mesin. Detergen yang dituangkan juga perlu dikurangi, tidak sebanyak saat mencuci kaos/baju biasa.

Cara Mengeringkan Kaos Sablon Berbahan Karet
Mengeringkan atau menjemur pakaian memang membutuhkan sinar matahari. Tetapi, untuk kaos sablon berbahan karet, jangan sampai terkena sinar matahari langsung dan jangan terlalu lama. Sablon karetnya bisa rusak atau mengelupas jika terkena panas.

Namun, bisa disiasati dengan membalik kaos sehingga posisi sablon-an karetnya berada di bagian dalam. Dengan begitu, tidak secara langsung terkena paparan sinar matahari.

Cara Setrika Kaos Sablon Berbahan Karet
Kaos sablon berbahan karet sangat rentan apabila terkena panas berlebihan. Menyetrika juga memanfaatkan panas, gunakan kain lain sebagai lapisan di atasnya agar tidak langsung menempel pada setrika. Dan juga gunakan kain lain di bawahnya agar sablon karetnya tidak menempel pada sisi kaos lainnya.



Begitulah cara merawat kaos sablon berbahan karet yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Yang terpenting perlu berhati-hati dalam proses menyimpan, mencuci, mengeringkan, dan menyetrika kaos tersebut. Selamat mencoba.