Cepu yang terkenal akan sebutan migas adalah sebuah kecamatan kecil. Kecamatan Cepu berbatasan langsung dengan Kecamatan Padangan di Bojonegoro Jawa Timur. Kuliner legendaris Cepu itu ada banyak, tapi terkadang seringnya yang ada di Padangan sering disebut juga kuliner cepu seperti Sate Ayu, Ikan Bakar Klotok dan Lesehan Moro Tresno. Edisi kali ini, saya khusus mengulas kuliner legendaris yang ada di Cepu saja.

Warung Makan Mak Wing
Konon Warung Makan Wing sudah berdiri sejak tahun 1955. Pemiliknya sekarang merupakan generasi ke-3. Kata mertua saya, rasanya sama yang dulu memang agak berbeda, tapi yang sekarang juga tetap enak. Nah kalau ke Warung Makan Mak Wing siap-siap dengan harganya yang mahal, untuk nasi campur antara 25k-30k. Bahkan saya baca di Ulasan Google kalauWarung Makan Mak Wing “guyonannya” untuk kelas atas.

IMG_1177-01_copy_1224x687
IMG_1174-01_copy_1224x687

Meskipun mahal, namun rasa nasi campur dan nasi asem-asem ini memang enak. Seporsi nasi campurnya terdiri dari mie kuning, acar + kentang, dan krengsengan daging. Asem-asemnya juga segar sekali. Waktu itu saya belinya untuk dibawa pulang, lalu dibungkus dengan daun pisang.

IMG_1169-01_copy_1224x645
IMG_1172-01_copy_1224x687
IMG_1178-01_copy_1224x687

Jalan Gajah Mada No.4, Cepu, Mentul
(Lokasi dekat Depo Pertamina) 
Jam Buka :
06.00 - 16.00


Nasi Pecel Bu Ratno
Lokasi Nasi Pecel Bu Ratno yang sudah ada sejak tahun 1998 ini bisa terbilang unik. Kalau kalian naik mobil harus turun di depan gang, lalu berjalan kaki sekitar 200 meter untuk sampai di Nasi Pecel Bu Ratno. Ya, persisnya berada dikomplek perkampungan. Jika bukan warga Cepu memang nggak akan tahu lokasi persisnya kalau nggak nanya orang dulu.

Nasi Pecel Bu Ratno merupakan salah satu referensi kuliner pecel di malam hari dengan jam buka mulai jam 8 malam hingga jam 1 dini hari. Masuk ke dalam warungnya yang kecil maka kalian akan melihat jejeran lauk yang melimpah. Favoritnya ada di paru, babat sapi dan tempe khasnya. Harganya buat kalian terharu, misalnya nasi pecel dengan paru sekitar 17 ribuan.

DSCF5777-01_copy_1224x866
DSCF5782-01_copy_1224x886

Sebagai orang Jawa Timuran yang saya sukai dari Nasi Pecel Bu Ratno adalah pecelnya ada rempeyeknya. Iya rempeyek itu wajib bagi saya karena di Cepu rata-rata pecelnya tidak diutamakan harus ada rempeyek.

Alamat:
Sidomulyo, Cepu 
Patokan:
Pertigaan Mustika Plaza, masuk ke gang kampung Semangat
Jam Buka:
20.00 - 01.00

Mie Ayam Sredek
Mie Ayam Sredek ini sejak tahun 2000-an, katanya sih dulu tempat gaulnya nongkrong anak SMA Cepu. Lokasinya kini sudah lama pindah di Jalan Pemuda Cepu. Sepintas dari luar mie ayam Sredek ini tampak biasa. Namun setelah masuk kedalam, terlihat meja yang full pengunjung. Saya dapat tempat dimeja panjang yang harus duduk berdampingan dengan pengunjung lainnya.

DSCF3396-01_copy_1224x816

Mie ayam sredek penampilannya seperti mie ayam Suroboyo yang khas dengan gerobak biru. Seporsi mie ayam sredek terdiri dari mie kuning, kuah kaldu kecoklatan yang berminyak dan ayam cincang beserta daun bawang yang melimpah. Kuah mie ayam sredek ini rasanya manis, begitu pula dengan ayam cincangnya. Kalau kamu orang Jatim tulen maka akan nggak cocok sama rasanya manis, tapi kalau orang Jateng ya oke-oke aja. Untuk harga sekitar 10 ribuan.

DSCF3395-01_copy_1224x816
DSCF3392-01_copy_1224x816

Alamat :
Jl Pemuda 65, Cepu
Patokan:
Daerah Ketapang
Jam Buka:
10.00 - 21.00

Sate Kambing Maulana
Sate yang paling saya ingat dan sering saya makan di Cepu adalah sate ayu. Namun lokasi Sate Ayu masuk wilayah kecamatan Padangan Bojonegoro, ya memang nggak jauh dari Cepu juga sih cuma 30 menit tapi ya tetap kan alamatnya bukan di Cepu. Nah kalau di Cepu pengen makan sate kambing yang di Rumah Makan bukan kaki lima maka pilihannya ada di Sate Kambing Maulana.

DSCF5755-01_copy_1224x816

Untuk ke sana saya telpon dulu untuk memesan supaya nggak nunggu lama. Pilihannya ada Sate lemak, sate non lemak, sate klatak, tongseng, Gulai dan beberapa menu lainnya. Waktu itu saya pesan sate kambing yang sate lemak dan non lemak sama tongseng. Kambingnya sukses nggak prengus dan dibumbui dengan bumbu kecap khas Cepu. Jangan minta bumbu kacang ya 😊

DSCF5758-01_copy_1224x815
DSCF5763-01_copy_1224x816
DSCF5760-01_copy_1224x816

Alamat:
Kawasan Mentul 
Patokan:
Belakang Depo Pertamina
Jam Buka:
09.00 - 21.00


Lontong Opor Pak Pangat
Lontong Opor Pak Pangat sudah berdiri sejak tahun 1997. Untuk menuju lokasinya seperti perjalanan off road karena letak jauh dari pusat kota, di pedesaan dan jalannya bikin lemak terhempaskan. Selain itu jangan harap dapat opornya kalau kalian nggak pesan dulu. Yap ini warung rame banget.

Sebelumnya saya sudah pernah mengulasnya dalam satu artikel tentang Lontong Opor Pak Pangat jadi silahkan diklik ya.

Rekomendasi kuliner legendaris Cepu tapi ada yang belum saya coba dan sudah saya coba tapi nggak kefoto yaitu:
Lontong Tahu Bu Sabar
Lontong Tahu Bu Sabar legend banget dan favorit saya kalau lagi ke Cepu. Sayangnya kabar terakhir bulan Juni 2020 ini sudah dirobohkan karena kontraknya habis. Saya sih masih menunggu lokasi selanjutnya 😊

Nasi Pecel Bu Pomo
Nasi Pecel Bu Pomo merupakan kuliner andalan keluarga kami. Saking seringnya sampai nggak pernah kami foto karena kebanyakan dibungkus dibawa ke rumah. Kalau mau cepat bungkusnya, biasanya suami pake taktik makan ditempat lalu sambil pesan makanan untuk dibawa pulang hehehehe…

Lauk favorit yaitu paru goreng yang gede dan empuk banget. Biasanya kalau bungkus lauknya sering nggak dijadikan satu sama nasinya, jadi lauknya dipisahin dibungkus terpisah, biasanya kalau dibawa pulang lauknya sering jadi rebutan hehehehe. Ciri khasnya yaitu ada dibumbu pecelnya tapi sayangnya nggak ada rempeyeknya.

Alamat:
Jl Diponegoro No 39
Cepu
Patokan:
Gang Munyer, Seberang Gang Satu
Jam Buka
07.30 - 09.00


Kikil Hot Pak Sis
Dari dulu saya selalu merencanakan untuk makan di Kikil Pak Sis tapi selalu gagal karena suami bukan penggemar kikil. Kikil Hot Pak Sis ini saya lihat diulasannya tempatnya sangat sederhana ala kaki lima, tapi pengunjungnya banyak.

Kikilnya bukanlah kikil lodeh, isinya yaitu sawi, tauge, lontong dan tentunya kikil yang dipotong-potong kotak. Untuk harganya katanya berubah-ubah berdasarkan kamu naik apa heheheh…. Standartnya harganya 40k, tapi katanya kalau naik mobil gosipnya beda lagi harganya.

Alamat:
Kawasan Nglajo (tidak ada google maps)
Depan Lapangan Golf
Jam Buka:
12.00 -21.00

Rawon Lepek Bu Jumini
Rawon Lepek Bu Jumini ini termasuk legendaris, tapi tidak terlacak di google maps. Konon katanya patokannya berada di Jalan Ray Cepu Lorong Monalisa di Pasar Cepu.

Ciri khas Rawon Lepek Bu Jumini yaitu porsinya minimalis sedikit banget makanya disebut rawon lepek. Seporsi Cuma 5k yang tujuannya kita nambah-nambah terus. Penasaran banget nih sama rawon lepek jadi PR kalau ke Cepu.

Pecel Sunthi
Kalau kamu tiba-tiba lapar dimalam hari, maka pecel Sunthi Solusinya. Pecel ini buka mulai jam 2 pagi hingga 8 pagi. Keistimewaannya adalah rasanya yang masih otentik seperti bumbu pecel yang khas, tempe, dan paru gorengnya sangat legendaris. Selain itu kalau dibungkus masih menggunakan daun jati.
DSCF5764-01_copy_1224x816

Jika ke Pecel Sunthi kesabaran kalian akan diuji karena penjualnya memang galak sering membentak pelangan dan misuh hahahahah...Ya kalian kalau baperan jangan kesini.

Alamat:
Jl Stasiun Kota (Kawasan Ngareng)
Jam Buka
02.00 - 08.00



List kuliner legendaris yang harus saya coba di Cepu:
Sate Ayam Pak Ngguk
Sate ayam Jawa khas Blora mengunakan Ayam Kampung. Bumbunya Pake Saos Kacang encer dengan kuah gulai berminyak. Harganya sekitar 25k belum termasuk lontong.

Alamat :
Jl Diponegoro, Cepu
Jam Buka :
11.00 - 22.00
Soto Mbah Jamin
Soto daging Cepu yang terkenal dengan harganya yang murah seporsi harga 5k. Kalau nambah lauk ada sate telur puyuh, perkedel, babat, dan ati sapi. Soto ini ciri khasnya kuahnya segar dan rempahnya tidak terlalu kuat.

Alamat:
Jl Tuk Buntung, Cepu
Patokan:
Dekat Stasiun Ronggolawe
Jam Buka:
08.00 - 20.00

Soto Cak Bondet
Soto Cak Bondet ini sudah ada sejak tahun 1990-an. Menu Soto Cak Bondet ada Soto Ayam, Soto Babat dan Soto Daging Sapi. Kalau pengunjung biasanya lebih banyak memilih yang soto ayam. Seporsi terdiri dari suwiran ayam, kubis, telur dan koya. Harga sekitar 25k

Alamat:
Jl Sidomulyo Lorong 3, Cepu
Jam Buka:
08.00 - 21.00

Warung Bu Nur Special Jendil
Ikan Jendil merupakan ikan yang banyak hidup disekitar Bengawan Solo. Rasanya mirip dengan ikan Patin. Ikan Jendil di Warung Bu Nur Special Jendil ini digoreng dan disajikan bersama sambal serta lalapannya daun ketela. Ada juga Jendil yang dibikin garang Asem.

Alamat:
Jl Lapangan Terbang, Cepu
Jam Buka:
09.00 - 15.00

Nasi Pecel Bu Ribut
Pecel di Cepu memang banyak yang jadi favorit. Salah satunya Nasi Pecel Bu Ribut yang khas dengan Sambal pecelnya.

Alamat:
Jl Ketapang No: 10, Cepu
Jam Buka:
16.00 - 21.00