Setiap orang pasti pernah mengalami lelah serta lesu ketika selesai melakukan berbagai macam aktivitas pekerjaan ataupun kesibukan lainnya, belum lagi ketika memang sedang dalam kondisi dimana seseorang dituntut untuk bekerja lebih optimal lagi. Agar setiap aktivitas anda menjadi lebih memiliki performa yang baik, alangkah baiknya untuk selalu mengkonsumsi makanan yang dapat membuat stamina tubuh menjadi lebih bertenaga. 


Berikut ini adalah beberapa makanan yang dapat anda konsumsi setiap harinya agar stamina tubuh dalam menjalankan berbagai macam aktivitas menjadi lebih kuat dan juga bertenaga. 

1. Buah Pisang 

Meskipun pada dasarnya pisang memang sangat mudah didapatkan bahkan dapat membuat orang gampang untuk kenyang, ternyata buah yang satu ini juga mampu membuat seseorang memiliki stamina. Sebab, pisang memiliki kandungan sumber gula alami serta kaya akan serat yang dipercaya mampu memberikan energi pada seseorang. Mengkonsumsi pisang ketika sebelum bersepeda juga diyakini mampu membantu atlet agar ketika dalam perlombaan dapat bersepeda lebih lama walaupun dengan trek yang panjang. 

2. Buah Alpukat 

Dalam satu buah alpukat, terdapat kandungan nutrisi, serat, serta protein yang dapat membuat siapa saja yang mengonsumsinya diyakini mampu menambah stamina agar bertenaga lebih lama. Ada juga kandungan lemak baik yang dapat membuat energi dalam tubuh seseorang menjadi lebih meningkat. Tidak salah jika alpukat disebut sebagai buah serbaguna yang manfaatnya dapat dinikmati ketika dalam suasana apapun. 


3. Buah Apel 

Apel mengandung Nutrisi serta serat yang tinggi, itu sebabnya dijadikan makanan agar dapat menambah stamina yang selanjutnya. Tidak hanya itu, ternyata apel juga termasuk makanan yang mengandung antioksidan yang memiliki nama Flavonoid. Kandungan ini dapat melindungi tubuh agar tidak terjadi peradangan maupun stres oksidatif. 


4. Buah Stroberi 

Dalam sebuah jurnal yang membahas mengenai Food Chemistry and Agriculture, buah stroberi dapat menambah energi serta stamina sebab memiliki kandungan Fenol. Tidak hanya itu saja, ternyata stroberi juga mengandung vitamin C, asam Folat, serta zat zat mineral yang diyakini sangat baik bagi tubuh manusia. 


5. Buah Jeruk 

Buah jeruk yang biasanya berwarna kuning memang sudah sangat tenar di kalangan masyarakat sebab mengandung banyak vitamin C. Buah ini dapat memberikan siapa saja yang mengkonsumsinya akan memiliki tenaga serta stamina yang bertambah. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin C diyakini mampu meredakan stress oksidatif yang terjadi dalam tubuh serta dapat mencegah seseorang agar tidak mudah merasa lelah. 


6. Konsumsi Ikan 

Seperti banyak orang ketahui, bahwa kebanyakan ikan mengandung Vitamin B agar dapat membuat seseorang menjadi memiliki tenaga serta bertahan lebih lama. Ada juga ikan yang mengandung omega 3 seperti salmon, sarden, dan juga ikan tuna yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi pada otak. Bahkan, ketika tubuh mengalami peradangan maka akan dapat diredakan sehingga rasa lelah yang dirasakan dapat berkurang. 

7. Konsumsi Telur 

Telur sangat baik sekali untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan untuk menambah stamina. Ini disebabkan oleh kandungan banyak protein serta tidak dapat menyebabkan seseorang mengalami peningkatan gula darah serta Insulin. Belum lagi kandungan asam amino atau nama lainnya "Leusin" dipercaya dapat mendongkrak stamina setiap orang yang mengkonsumsinya. 


8. Konsumsi Hati Sapi 

Biasanya umat Islam pada saat hari raya idul adha rata-rata akan menyembelih sapi, kambing, maupun unta. Nah kesempatan ini dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan hati dari hewan sapi. Atau jika tidak, mungkin dijual juga dipasaran. Sebab, dalam hati sapi, banyak mengandung Vitamin B12 yang menurut sebuah penelitian mampu memberikan energi tambahan agar tubuh tetap kuat menjalankan berbagai macam aktivitas. Adapun takaran pastinya, setiap 3 ons sebuah hati sapi itu mengandung 1,5 mikrogram Vitamin B 12. 

9. Konsumsi Daging Ayam 

Daging ayam menjadi salah satu lauk paling favorit bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan cara pengolahannya yang sangat mudah serta ketika dikonsultasikan juga tidak perlu menggunakan kehati-hatian buang ekstra seperti mengkonsumsi ikan. Anda tidak perlu khawatir untuk tersendat tulang, sebab tulang dari ayam rata-rata besar dan terlihat oleh mata. Konsumsi ayam juga mampu menambah koenzim yang dibutuhkan agar mampu memfasilitasi 95 persen energi dalam tubuh manusia. 



Adapun organ yang membutuhkan koenzim diantaranya seperti ginjal, jantung, serta hati. Semakin bertambahnya usia seseorang, pasti jumlah koenzimnya pun akan semakin menurun. Jadi sangat penting sekali untuk mengkonsumsi daging ayam setiap hari. 


semangat

CATATAN :

Setiap makanan tidak seluruhnya baik dikonsumsi bagi setiap orang. Meskipun menurut penelitian itu sangat baik, akan tetapi beberapa orang mungkin ada yang mengalami alergi pada beberapa makanan diatas. Semoga ulasan kali ini bermanfaat. Terima kasih.