Saya hobby banget fotografi dan membuat video. Pun ketika traveling saya selalu membawa hardisk eksternal dan membawa beberapa memori kamera. Pernah suatu ketika, saya membawa hardisk eksternal yang saya letakkan dikoper. Waktu itu saya pulang traveling dari Seoul. Sampai rumah ketika bongkar koper saya baru sadar kalau Hardisk Eksternal saya hilang, padahal data foto dan video baru saya pindahkan dari memory card.

Nyesek banget ketika Hardisk Eksternal untuk tempat penyimpanan foto dan file beberapa pekerjaan saya hilang. Hilangnya entah sewaktu didalam koper atau ketika dihotel. Ya intinya semua data saya lenyap karena berada di Hardisk Eksternal tanpa backup soft file ditempat lain. 

Kebayangkan sedihnya kehilangan foto dan video yang dokumentasinya nggak bisa diulang lagi. Sejak saat itu saya mulai berlangganan Google Storage untuk upgrade Google Drive. 

Google Storage/Google One

Google One merupakan aplikasi storage dari Google untuk menambah kapasitas penyimpanan di Google Drive. Aplikasi ini merupakan Ruang penyimpanan yang dipakai bersama oleh Google Drive, Gmail, dan Google Foto. Penyimpanan yang kita dapatkan merupakan penyimpanan ekstra Google Drive. Aplikasi Google One akan menyesuaikan kapasitas penyimpanan sesuai dengan paket yang dipilih.

Kan kita sudah dapat gratis penyimpanan di Google Drive? Ketika punya akun Gmail kita memang mendapatkan 15GB secara gratis. Namun 15GB kan cepat banget habisnya kalau buat data-data saja. 

Nah kan ada Google Foto yang unlimited untuk simpan foto? Memang benar ada google foto yang menyimpan foto diseluler, namun tetap aja data di Google Foto itu dibatasi. Jadi kualitasnya nggak bisa sesuai dengan kualitas foto yang diinginkan.


Keuntungan Upgrade Google Drive

Dari kasus saya pernah kehilangan Hardisk Eksternal, saya merasa berlangganan Google Drive ini penting banget. Contoh nih, kalau traveling saya selalu rajin memindahkan data dari memory card ke Google Drive ketika masih dikota tujuan. Selain itu nggak perlu bawa Hardisk Eksternal atau memory card yang banyak, dan data foto-foto saya sudah pasti aman karena sudah tersimpan secara online.

Keuntungan lainnya menggunakan Google Drive yaitu data kita tidak akan terserang virus karena nggak asal colok aja menggunakan PC/Laptop. Kita juga bisa berbagi file menggunakan link dengan data yang kita inginkan kepada keluarga atau teman.

Google Drive ini juga sangat berguna bagi content creator/blogger seperti saya yang tiba-tiba dapat job menulis lalu ada revisi maka saya tinggal buka saja akan google storage lalu mengeditnya, posting foto/video dan membagikan secara langsung.

Cara Mendapatkan Google Storage atau Upgrade Penyimpanan Google Drive

Google Storage bisa didapatkan dengan beli aplikasi di Playstore. Aplikasinya bisa langsung di download di Playstore dan berbayar sesuai dengan paket yang dipilih. 

Jika sudah berlanggakan maka google storage juga bisa dibuka melalui PC/Laptop menggunakan akun google kita. Yap fungsinya memang sama seperti Google Drive namun dengan berlangganan google drive maka kapasitas penyimpanan akan terupdate sesuai dengan paket langganan yang dipilih. Asalkan ada internet maka kita bisa mengakses layanan google storage.

Anda dapat menggunakan Google Storage untuk mencadangkan data penting di ponsel Anda. Di Android, Google One dapat mencadangkan foto, video, kontak, pesan, catatan, dan lainnya secara otomatis.

Bagaimana ketika berhenti berlangganan apakah data kita akan terhapus? Jika berhenti berlangganan tentu saja kita tidak bisa mencadangkan atau memasukkan data-data penyimpanan. Namun data kita tetap aman sampai 2 tahun meskipun kita tidak memperpanjang biaya berlangganan. Ya kalau mau nggak berlangganan setelah 2 tahun, tinggal mindahin foto-foto saja.

Cara Berlangganan Google Storage Menggunakan Pembayaran Gopay

Untuk berlangganan Google Storage dengan menggunakan pembayaran Gopay, maka pastikan untuk menambahkan GoPay sebagai metode pembayaran di Google Play terlebih dahulu. Tenang, caranya mudah banget, yaitu :

Cara Aktivasi GoPay di Google Play

  1. Masuk ke Google Play Store dan klik "Metode Pembayaran".
  2. Pilih "Tambahkan GoPay" sebagai metode pembayaran.
  3. Klik "Lanjut".
  4. Masukkan PIN GoPay. Pasang PIN GoPay jika belum terpasang.
  5. Jika GoPay kamu sudah terpasang, maka Lakukan pembelian dalam aplikasi dan game.
cara aktivasi gopay


Cara Membeli Aplikasi Google Storage dengan GoPay

  1. Pembelian Aplikasi di Google Play Menggunakan GoPay
  2. Pilih GoPay sebagai metode pembayaran dan klik "1-Tap Buy".
  3. Masukkan password untuk memverifikasi pembayaran.
  4. Setelah terkonfirmasi pembayarannya maka Google Drive sudah bisa digunakan.

gopay berlangganan

Bagaimana mudah bukan berlangganan Google Storage dengan pembayaran menggunakan GoPay? Jangan lupa sering-sering update promo pembayaran menggunakan GoPay, seperti promo Google Drive Weekdays Sale: Cashback 90% s.d. Rp20.000 untuk Semua Pengguna menggunakan pembayaran Gopay. 



Upgrade storage Google Drive kamu sekarang di Google Play biar bisa bebas simpan file sesukamu, nggak perlu hapus file yang lama karena kenanganmu gak akan bisa diulang.