Sedang mencari tujuan wisata asyik yang tak begitu jauh dari Kota Medan? Main ke Banda Aceh saja! Jaraknya yang tak begitu jauh membuat kota ini ideal untuk tujuan wisata singkat. Apalagi sekarang bisa pergi dari Medan ke Banda Aceh dengan mudah naik bus yang dipesan di Traveloka.

Kota Banda Aceh yang juga dikenal sebagai nama Serambi Mekah ini memiliki banyak pilihan wisata menarik yang bisa kamu kunjungi lho. Mulai dari wisata sejarah hingga wisata alam yang begitu memukau.

Lalu destinasi wisata menarik apa saja yang bisa dikunjungi di Banda Aceh? Cek daftarnya di bawah ini yuk!


1. Museum Tsunami

Museum yang dibangun untuk mengenang peristiwa tsunami dahsyat yang terjadi di Banda Aceh pada 26 Desember 2004 silam ini memiliki arsitektur yang memukau. Terlihat seperti kapal besar dari luar, namun jika dilihat dari atas museum ini menyerupai ombak laut. Selain itu backsound gemuruh air laut juga menjadikan museum ini semakin menarik untuk dikunjungi.

Objek wisata sejarah di Banda Aceh ini dibangun untuk mengenang sekaligus sebagai wisata edukasi tentang bencana tsunami. Di dalamnya terdapat banyak foto dan juga kisah warga yang selamat dari musibah tsunami tersebut.  

2. Museum Aceh / Rumah Aceh

Museum yang sudah berdiri sejak tahun 1915 ini menyimpan berbagai peninggalan mulai dari zaman prasejarah hingga zaman penjajahan. Bangunan utamanya berbentuk rumah adat Aceh yang terlihat begitu menawan.

Salah satu peninggalan sejarah yang paling populer di museum ini adalah Lonceng Cakra Donya berusia 1.400 tahun yang merupakan hadiah dari Kaisar Cina kepada Sultan Pasai di abad ke-15.

3. Taman Ratu Safiatuddin

Taman yang sering jadi tempat nongkrong hits-nya warga Banda Aceh ini cocok untuk kamu yang suka berburu foto. Di taman ini ada banyak rumah adat tradisional hingga berbagai perabotan unik.

Selain itu taman ini juga sering dijadikan tempat pertunjukan seni dan budaya. Yang asyiknya lagi, tiket masuk ke taman ini gratis lho!

4. PLTD Apung 1

Selain museum tsunami yang bisa jadi pengingat dahsyatnya tsunami 2004 lalu, ada PLTD Apung 1 yang juga jadi saksi sejarah peristiwa ini. Kapal apung seberat 2.600 ton ini ikut terseret dahsyatnya ombak saat tsunami terjadi. Kapal ini terseret sejauh 5 kilometer dari wilayah perairan Ulee Lheue ke pusat Kota Banda Aceh.

Kebayang kan bagaimana kuatnya terjangan sapuan tsunami kala itu?

Kapal yang dijadikan monumen ini terdapat relik menyerupai gelombang air. Kamu juga bisa naik hingga ke dek paling tinggi dan melihat cantiknya pemandangan Bukit Barisan di kejauhan.

5. Benteng Indra Patra

Meski dikenal sebagai salah satu pusat peradaban Islam di Indonesia, namun Aceh juga punya Benteng Indra Patra yang merupakan peninggalan kerajaan Hindu.

Benteng yang sudah berdiri sejak sejak abad ke-7 Masehi ini memiliki pemandangan indah dan arsitektur khas Hindu lengkap dengan stupa.

Salah satu bangunan benteng yang masih berdiri memiliki bentuk kubah di atasnya yang di dalamnya terdapat sumur yang dulunya dipakai untuk ritual keagamaan.

6. Pantai Lampuuk

Berada sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banda Aceh, Pantai Lampuuk menawarkan pemandangan laut berwarna hijau zamrud yang begitu cantik dan berbagai atraksi menarik.

Pantai ini sering dijadikan tempat surfing. Ada juga tempat konservasi penyu, warung seafood hingga permainan air seperti banana boat juga tersedia di sini. 

Hamparan pasir putih dan ombaknya yang tenang membuat pantai ini jadi salah satu wisata favorit di Banda Aceh yang tidak boleh kamu lewatkan.

7. Masjid Raya Baiturrahman

Belum lengkap rasanya jika ke Banda Aceh jika belum mampir ke Masjid Raya Baiturrahman. Masjid dengan arsitektur indah dengan 12 payung elektrik di halamannya ini dibangun pada tahun 1612 dan menjadi ikon-nya Aceh secara keseluruhan.

Masjid ini juga jadi salah satu saksi peristiwa tsunami 2004 lalu dimana masjid ini dijadikan tempat evakuasi semua umat.

Sudah tidak sabar liburan ke Aceh? Segera pesan tiket bus Medan-Banda Aceh sekarang juga di Traveloka. Ada banyak pilihan operator bus yang bisa kamu pilih, bisa juga pilih kursi, bisa dapat promo potongan harga dan juga pembayaran yang mudah dan aman. Selamat liburan!