Fans Shihlin mana nih? Saya termasuk fans fanatik sama Shihlin yang merupakan Taiwan Street Snack. Shihlin nih termasuk sukses meraih pasar Indonesia, bahkan gerainya sendiri ada 135 cabang seluruh Indonesia. Meskipun gerainya kurang asik buat makan, karena ala kadarnya berupa kios kecil warna merah kuning minimalis tapi yang antri banyak banget. Apalagi kalau ada promo OVO maka sudah pasti siap-siap sabar menunggu. 

Kadang udah makan berat di mall, tapi kalau lewat Shihlin saya suka nggak tahan pasti beli wakakakaka...

shihlin

Harga dan Menu Shihlin

Jadi berapa harga Shihlin? Kalau lagi nggak promo OVO harganya 50 ribu untuk yang XXL Chicken dengan nasi + minuman. Mahal? ya kadang mahal itu relatif karena kalau sudah suka lupa sama harganya yang mahal. Tapi seringnya saya beli karena ada promo OVO yang jatuhnya 30k. 

shihlin (1)

Menu terfavorit yaitu yang XXL Chicken dengan rasa rumput laut, barbeque atau mie goreng. Ada juga Seafood Tempura, Popcorn, Sweet Plum dan Seafood Tempura. Sebagai penggemar Shihlin dan kalau lagi laper mata, saya pernah pesan semua menunya yang mushroom, sweet plum atau pastinya XXL Chicken tuh rasanya semuanya enak dan rasanya konsisten di semua cabang. 

XXL Crispy Chicken Shihlin

Menu di Shihlin sebenarnya simpel ayam dada yang panjang dan tebel lalu dikasih tepung lalu ditaburi bumbu rasa serta level kepedasan sesuai selera dan terakhir dipotong-potong kecil-kecil. Satu porsi shihlin bisa untuk dua orang karena porsinya menurut saya memang banyak.

shihlin

shihlin  (1)

shihlin (2)

shihlin  (2)

Di Singapore, saya pernah mencicipi Shihlin, dagingnya sedikit berbeda dengan di Indonesia. Kalau di Singapore rasa dagingnya lebih juicy jadi masih basah di dalamnya tapi kering/crispy ditepungnya, mirip dengan yang Shihlin Pop Corn Chicken. Nah kalau di Indonesia dagingnya dibuat kering. Katanya sih di Taiwan juga lebih juicy. Tapi nggak masalah rasa aslinya dengan yang di Taiwan sedikit berbeda, karena saya pecinta crispy luar dalam. 


Lokasi Shihlin di Surabaya

TP 3 Lantai dasar (depan KFC)
Pakuwon Mall Lantai Dasar
Galaxy Mall 



Mencicipi Taiwan Street Snack di Taiwan

Waktu saya lagi ke Taiwan, target utama saya langsung pengen kulineran Taiwan Street Snack khususnya Crispy Chicken. Pengennya sih nyobain Shihlin langsung dari Negaranya, tapi ketemunya Hot Star jadi saya mencoba Hot - Star.

Dulu di Surabaya, Hot STar ada 3 cabang di TP, Sutos dan Graha Family, dan kabar terakhirnya semua cabang tutup. Entahlah hot star memang kurang sukses di Indonesia, tidak seperti Shihlin. Harga seporsi Hot Star TWD 65 atau dikurskan sekitar Rp. 35.000

Pun di Taiwan khususnya Taipei, Hot Star banyak juga penggemarnya. Waktu nongkrong di depan restaurantnya, saya lihat pembelinya datang pergi. Maklum sama halnya dengan di Indonesia, konsep large Chicken Crispy selalu tanpa tempat duduk, kalau pun ada hanya seadanya maksimal 3.

hot star (1)

Menurut saya Hot-Star rasanya mirip-mirip dengan Shihlin, enak juga. Cuma konsep Hot STar ayamnya nggak dipotong jadi dibiarkan utuh. Agak susah untuk sharing karena motongnya harus pakai tangan. 

hot star