Jika ke Kuala Lumpur maka sempatkanlah untuk menjelajah dalam sehari di Kawasan Petaling/Chinatown. Sambil wisata medis, kalian bisa menyempatkan ke kawasan Chinatown yang masih kental sekali dengan suasana heritage-nya. 




SEHARI DI KAWASAN PETALING/CHINATOWN KUALA LUMPUR

  • Ho Kow Hainam Kopitiam 

Tentunya memulai wisata keliling Kuala Lumpur enaknya pagi hari. Kalau belum sarapan maka sempatkanlah ke Ho Kow Hainam Kopitiam yang terkenal sebagai kuliner wajib di Kawasan Petaling. Sebisa mungkin datang pagi karena biasanya antri.


ho kow hainam 3
ho kow hainam 1


Ho Kow Hainam Kopitiam berdiri sejak tahun 1956. Menu spesialnya dipagi hari yaitu kopi Hainan dan kaya bun (selai kacang). Kalau mau makan berat ada nasi lemak atau curry mee. Jangan lupa ambil foto yang banyak direstaurant ini karena setiap sudutnya bagus. 

Ho Kow Hainam Kopitiam berstatus Pork Free dan belum ada logo halal. Kalau misalnya nggak yakin kalian bisa ke restaurant Ali, Muthu & Ah Hock Kopitiam dengan menu yang sama nasi lemak, kopi Hainan maupun toast atau roti bakarnya.


ho kow hainam 2
ho kow hainam

Alamat :

1, Jalan Balai Polis, City Centre, 50000 Kuala Lumpur, Malaysia.

Jam Buka : 7.30AM – 3.30PM dialy

Transportasi : MRT Pasar Seni (lalu jalan kaki 5 menit)

  • Kwai Chai Hong

Kwai Chai Hong merupakan Kawasan di Petaling yang baru saja dipugar pada tahun 2019 yang lalu. Konsepnya yaitu bangunan kuno disulap menjadi warna-warni dan banyak mural disepanjang kawasan ini. Asiknya untuk berfoto cantik dengan mural kalian nggak perlu jauh-jauh ke Penang.


pexels-van-ambruce-ligutom-3909000


Dalam satu gang/Lorong panggung kalian akan disuguhi bangunan khas Melayu, ya mirip-mirip sama kawasan Kampong Glam di Singapore. Yap intinya siapain memori yang banyak karena banyak spot cantik untuk berfoto.


IMG_20191023_205014_285

Alamat :

Lorong Panggung, Kuala Lumpur

Transportasi : MRT Pasar Seni (lalu jalan kaki 5 menit)


  • Central Market/Pasar Seni

Kalau ke Kuala Lumpur saya paling suka mampir ke Central Market/Pasar Seni karena suka sama konsepnya yang tertata apik. Jangan bayangkan kalau masak ke Pasar bakalan kepanasan karena konsepnya seperti mall ada ACnya.

Ada apa aja sih Central Market? Tentunya pusat oleh-oleh dan cari snack yang aneh-aneh. Biasanya saya cari sncak andalan saya yaitu snack murukku atau penang white mee. Jangan lupa menyusuri ke Kasturi Walk yang lokasinya di sebelah Central Market. Kasturi Walk yang dijual hamper sama didalam Central Market, hanya konsepnya saja yang beda yaitu outdoor.

Jam Buka : 09.00 – 21.30

Transportasi : MRT Pasar Seni

  • Petaling Street 

Ah, kayaknya masih belum puas untuk shopping…tenang masih ada satu spot yaitu Petaling Street. Kawasan Petaling Street merupakan kawasan pasar tradisional yang menjual berbagai macam kebutuhan. Yap, mulai dari oleh-oleh, makanan, baju atau kuliner. 


pexels-omar-elsharawy-5625100


Banyak yang bilang kalau belum puas ke Central Market maka puas-puasin belanja di Petaling Street karena harganya jauh lebih murah, tentunya dengan nawar dulu. Jika sudah bingung bawa belanjaan yang numpuk, maka kuliner andalan saya ada di Portuguese Grilled Fish.

Portuguese Grilled Fish merupakan kuliner seafood bakar yang menggunakan bumbu asam manis lalu dibakar dengan menggunakan alumunium Foil.


petaling food 1
petaling food

Portuguese Grilled Fish

by Hong Leong Bank, Petaling Street

50000 Kuala Lumpur

(landmark – Hong Leong Bank)

Jam Buka:

6pm – 1am


Wisata Medis di Kuala Lumpur

Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) www.mhtc.org.my adalah sebuah organisasi yang didirikan  oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas  sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia,  serta sebagai pusat informasi dan fasilitator bagi pasien. 


IMG_7933-01-2736x1622-1368x811

Pasien yang dari Indonesia yang datang berkunjung dalam rangka wisata medis bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke MHTC. MHTC akan memberikan saran dan membantu fasilitas sesuai kebutuhan dan keinginan pasien seperti :

Informasi tentang dokter dan Rumah Sakit

Perkiraan biaya dan lama perawatan

Janji temu dengan dokter

Pengaturan akomodasi dan transportasi

Medical Evakuasi

Rumah Sakit di Malaysia yang direkomenjasikan tersebar di Kuala Lumpur, Penang, Melaka, Sabah dan Serawak. MHTC diklaim sebagai pelopor suksesnya wisata medis di Malaysia. Wisata Medis di Malaysia dikenal dengan biayanya perawatan yang murah dan biaya hidup yang terjangkau serta moslem friendly. 


IMG_20191018_104317_346

Selain Penang, pun di Kuala Lumpur memiliki beberapa rumah sakit yang difavoritkan dalam membantu penyembuhan pasien diantaranya :

  • Gleneagles Kuala Lumpur adalah rumah sakit favorit pasien Indonesia di Kuala Lumpur, Malaysia yang telah berdiri sejak 1996. Penanganan seperti Tumor otak, Jantung (bypass jantung), Tulang dewasa dan anak, Kandungan (kista, tumor, dll), Saraf dewasa, THT dewasa dan anak dapat dilaksanakan di Gleneagles Kuala Lumpur.
  • Jika Glenagles Kuala Lumpur terkenal dengan fasilitasnya premium dan belum terjangkau dengan budget, maka referensi selanjutnya ada di Sunway Medical Centre yang berdiri sejak 1999. Penanganan kasus di Sunway Medical Centre meliputi : Kanker (kanker payudara, serviks, paru, prostat, hati, dll), Lutut (ganti sendi lutut, lutut sakit), Jantung (jantung koroner), batu ginjal, batu empedu, saraf dan sebagainya.
  • Pantai Hospital Kuala Lumpur berdiri sejak tahun 1974. Penanganan meliputi Kanker, Jantung, Hemodialisis maupun Stroke.

Jangan salah ketika wisata medis ini tak harus memiliki penyakit berat, namun jika sekedar medical checkup ataupu plastic surgery juga bisa dilakukan di Malaysia.



Video Competition 

Ah, serindunya itukah kalian akan Malaysia? Kangen makanan, kultur budaya, wisata ataupun medisnya?

Kamu bisa mengingat dan membagikan memori kalian dalam Video Competition yang diadakan oleh Malaysia Healthcare dan bekerja sama dengan Tourism  Malaysia dan juga komunitas Indonesia di Malaysia, dan  peserta Video Competition ini TERBUKA UNTUK UMUM.

Tujuan dari Video Competition ini adalah untuk  mengingatkan kedekatan kita dengan Malaysia, sebagai orang  serumpun, banyak hal yang senantiasa membuat kita rindu  untuk selalu melakukan travelling ke Malaysia, entah untuk  liburan atau melakukan perawatan.


Bagaimana caranya :

peserta Video Competition akan menceritakan  dan mempromosikan wisata di Malaysia dalam bentuk Video  ataupun Vlogging, dan kemudian di upload ke Youtube serta  media social. Jangan lupa setiap peserta wajib memberikan penjelasan tentang PARIWISATA dan juga WISATA MEDIS di Malaysia.



IMG_20201118_192013_832
rsvideo comp poster 2-08
rsvideo comp poster 2-07

SYARAT & KETENTUAN VIDEO COMPETITION

  1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia ataupun Malaysia.
  2. Konten DILARANG mengandung unsur SARA (Suku, Agama, Ras, Antar Golongan) kampanye politik, serta pesan negatif dan menyerang kelompok tertentu.
  3. Konten boleh berbentuk VIDEO ataupun VLOGGING (video harus disertakan dengan penjelasan).
  4. Konten wajib berbahasa Indonesia.
  5. Durasi video 2-3 menit.
  6. Konten WAJIB menggabungkan 2 tema (PARIWISATA MALAYSIA & WISATA MEDIS).
  7. Peserta WAJIB follow akun Instagram @medtourismmy.id dan akun Instagram peserta tidak di private.
  8. Video WAJIB diupload ke akun YouTube peserta, kemudian share video di akun Instagram (feed/IG TV) dan tag serta  mention @medtourismmy.id.
  9. Tulis Judul video di akun YouTube & Instagram peserta dan gunakan hashtag #Liburansehat #RinduMalaysia #MalaysiaHealthcare. Contoh : 5 Fakta Malaysia dan Medical Checkup di Penang #Liburansehat #RinduMalaysia.
  10. Ajak teman/followers kamu untuk like video yang kamu unggah di Youtube & Instagram.
  11. Semua video yang masuk menjadi milik panitia.
  12. Batas Pengumpulan Video Tanggal 10 Desember 2020.
  13. Keputusan dewan juri dan panitia tidak dapat diganggu gugat.

PARIWISATA Malaysia

Contoh : wisata Kuliner, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kota dll)

WISATA MEDIS

Pengalaman melakukan perawatan di Malaysia, tips atau cara berobat di Malaysia (Jika pernah melakukan perawatan di

Malaysia)

Funfact Malaysia Healthcare

(Contoh : 5 alasan berobat di Malaysia, fasilitas, teknologi, harga terjangkau, bahasa dan budaya yang hampir sama, layanan informasi dari Malaysia Healthcare, dll)