Entah mengapa tiba-tiba saya kangen mengingat perjalanan atau flashback tentang Blog. Jika anda pembaca setia saya, maka sering membaca tentang travel dan kuliner yang saya tulis dalam blog ini. Ya saya memulainya sejak tahun 2013 atau 8 tahun mengelola blog diarysivika.com. Ada suka dan juga duka. Duka karena nyesek beberapa kali dihack 2 tahun berturut-turut.

Namun saya pengennya cerita suka yang saya dapatkan dari hasil blog. Mmmmhhh saya akan cerita traveling gratis yang saya dapatkan dari lomba blog dan undangan. Yap, ini bukan sombong tapi saya pengen merangkum catatan traveling blog selama delapan tahun. Nggak banyak sih karena saya bukan blogger ngehits…wkwkwkwk..disyukuri saja perjalanan ini sebagai blogger.

Tahun 2013

Ke Medan Syuting Acara TV Kuliner Bersama TX Travel

Jujur saya suka mengikuti lomba blog bukan karena uang, tapi lebih tertarik kalau hadiahnya jalan-jalan. Waktu itu saya mengikuti kompetisi dari Lomba Blog TX Travel yang berhadiah 4 hari ke Medan, Danau Toba dan Menginap ke Taman Simalem Resort.

Dari lomba blog inilah saya ketagihan untuk mengikuti lomba blog lainnya. Waktu ke Medan saya dibiayai full mulai dari pesawat, akmodasi, dan juga kulineran. Nginepnya pun dihotel mewah, salah satunya resort yang bernama Taman Simalem Resort. Resort berkosep ecotourism ini terletak di atas bukit dan di dalam hutan, "sangking" tingginya kadang bisa terlihat Danau Toba.

Setelah itu Jalan-jalan ke Berastagi dan menyeberang ke Danau Toba. Paling asik sih kulineran sampai kenyang lalu masuk TV. Eh, sampai rumah timbang badan langsung naik 4 kilo.

Ke Jakarta dalam Acara Pesta Sahabat Daihatsu

Waktu itu saya menang lomba blog yang diadakan oleh Daihatsu. Pemenangnya mendapatkan hadiah tiket pesawat ke Jakarta, Menginap di Hotel dan Mengikuti acara Sahabat Daihatsu.

Inilah pertama kalinya saya norak banget bisa naik Garuda Indonesia. Jadi bahagia banget dapat tiket naik Garuda Indonesia, eh tapi apesnya saya dapat duduk belakang sendiri dekat kamar mandi. Selama penerbangan turbulence yang bikin saya mual, apesnya saya sama blogger Surabaya mba Yuni langsung klenger ketika turun pesawat.

Tahun 2015

Jalan-Jalan ke Bali dan Test Drive Daihatsu Copen

Mengikuti Test Drive Copen ini karena saya menang ngetweet atau nulis blog yah saya lupa 😊. Acaranya seru banget karena bersama media besar tabloid dengan wartawan-wartawan ngehits yang mengulas otomotif.

Acaranya sangat mewah, mulai dari menginap di Maya Ubud yang hotelnya buat bulan Madu Atta dan si Mpok Nur, Spa, Kulineran ditempat mewah dan juga test drive mobil Daihatsu Copen yang harganya miliaran. Bisa nyetir mobil dengan kap terbuka di Bali sebuah kebanggaan sendiri.

Datsun Risers Expedition

Datsun Risers Expedition ini lombanya nggak niat banget eh tapi menang. Jadi ceritanya teman saya Aya ngomong, mba ada jalan-jalan ke Makassar naik mobil Datsun. Acaranya keliling ke Makassar, dan Toraja. Langsung saya daftar eh tiba-tiba seminggu kemudian ditelpon menang. Setelah itu tiga hari kemudian dikirim tiketnya ke Makassar.

Jadi karena kurang browsing acara Datsun Risers Expedition ini kayak lomba balap mobil hahahahah… Syaratnya Harusnya tiga orang bisa nyetir semua, tapi cuma saya yang bisa nyetir. Ya udahlah dengan gaya nyetir yang ala kadarnya dan kadang paling belakang urutannya. Kalau malam biasanya saya pakai sopir pengganti karena udah klenger dari pagi sampai sore nyetir.

Tapi kami loh yang menang dalam acara ini dan mendapatkan hadiah Go Pro. Lalu dijual dapat uang 7 juta hahahahah…

Tahun 2016

Undangan ke Bali Menginap di Harper Kuta

Saya mendapatkan undangan ke Bali dengan menginap di Harper Kuta dengan kamar super premium. Ya karena undangan eksklusif jadi saya bawa rombongan keluarga kecil. Acaranya di sana mewah karena nyobain semua menu makanan yang ada dihotel dan spa.

Undangan Ammi Hotel Cepu

Rumah mertua saya berada di Cepu. Karena pihak hotel sering melihat saya mengulas tentang Cepu akhirnya saya diundang makan mewah dihotel dan juga menginap di Hotel bintang 3 yang mewah. Padahal lokasi hotel ini jaraknya cuma 1 kilo dari rumah mertua, jadi sok-sok an jadi mantu yang nggak nginep di Rumah Mertua.

Big Bird ke Batu

Undangan dari Big Bird ini untuk mengulas terkait Bus Big Bird yang bisa disewa untuk jalan-jalan keluarga. Acaranya boleh bawa keluarga sebanyak-banyaknya. Setelah itu jalan-jalan ke Eco Green Batu bersama blogger Surabaya.

Tahun 2017

Undangan ke Staycation Baobab Taman Safari

Tahu kan kalau ada hotel mewah ditengah hutan di Taman Safari. Yap hotel mewah ini bernama Baobab. Saya mendapatkan undangan menginap, wisata malam di Taman Safari dan juga Tiket ke Taman Safari. Hotelnya sangat seru dengan segala fasilitasnya. Viewnya bagus langsung lihat hewan Jerapah dan sebagainya, bahkan renang pun ditemani Jerapah 😊

Ultra Singapore Tahun 2017 Bareng Mercedes Benz

Mungkin inilah hadiah termewah saya menjadi Blogger. Saya mendapatkan hadiah dari lomba foto di Instagram yang hadiahnya ke Kuala Lumpur dan Ke Singapore bareng Mercedes Benz.

Nginepnya di Shangrilla KL, lalu kulineran ditempat mewah, clubbing juga mewah. Setelah itu saya nyobain driver dari Kuala Lumpur ke Singapore. Kebetulan saya dapat group 2 orang saja cewek tapi nggak berani nyetir di luar Negeri. Bayangin serunya saya nyetir mercy Cuma pakai GPS lalu nggak rombongan kayak berbaris gitu karena nyetirnya terserah mau ngebut atau pelan pokoknya dari Kuala Lumpur ke Singapore dikasih waktu 4 jam an.

Sampai Singapore saya masih melongo bisa keliling Negara Singapore nyetir sendiri. Semakin takjub lagi saya nginepnya di Ritz Carlton seharga 7 juta dengan view hotel Marina Bay. Lebih parahnya nginepnya per orang satu kamar jadi bukan 2 orang.

Lalu besoknya nonton Ultra yang disponsorin sama Mercedes Benz. Ternyata tiket Ultra itu mahal dan limited edition jadi bahagianya kita bisa melengang diantara para penonton yang nggak dapat tiketnya. Udah gitu kita dapat tempat nonton VIP bersama selebgram. Nggak sampai situ aja kemewahannya, waktu itu juga dapat uang saku sekitar 3 jutaan.

Undangan ICC Plandaan Prigen

ICC PLandaan Prigen ini hotel mewah dikawasan Prigen. Saya mendapatkan undangan untuk menginap dan menikmati fasilitasnya. Hotelnya mewah, banyak fasilitas anak-anak dan makanannya enak. Jadi di sana saya makan, tidur dan jalan-jalan di dalam hotel sangking nyamannya.

Undangan Petrokimia Gresik

Jadi ini undangan dari Petrokimia Gresik untuk melihat hasil tanam yang ada di Gresik. Acaranya naik bus ke dari Surabaya ke Gresik lalu datang ke acara dan pulangnya di tangan kanan dan kirinya bawa macem-macem hasil tanam dan buah-buahan.

Priceza Award ke Bangkok

Priceza Award ini lomba menulis sebanyak 50 artikel dalam 30 hari yang ditentukan temanya. Bayangin aja 50 artikel udah mau menyerah di tengah jalan, tapi kalau inget dapat hadiah ke Bangkok langsung semangat.

Saya bersama beberapa blogger dan pemenang yang bukan blogger. Acaranya kayak nano-nano, seru, capek dan dikumpulkan 6 orang dengan karakter yang berbeda kadang bikin konflik kecil. Tapi karena ada blogger Mba Nurul acaranya jadi seru 😊

Paling apes sih waktu naik taksi ke Bandara Bangkok kita hampir telat pesawatnya. Sudah gitu diturunkan dari taksi padahal sudah 30 menit jadwal pesawat boarding. Dari geret koper dijalan sambil cari taksi baru.

Keseruannya tentu jalan-jalan ke Bangkok, kulineran dan semuanya serba gratis dan dapat uang saku.

Tahun 2018

Jalan-Jalan ke Labuan Bajo Bersama Insto

Waktu itu insto mengadakan lomba nulis yang hadiahnya ke Labuan Bajo. Nggak nyangka aja menang berangkat ke Labuan Bajo dan sekaligus syuting acara TV.

Acaranya mewah banget, naik pesawat GA langsung turun di labuan Bajo. Setelah itu menginap di Kapal Phinisi yang mewah kayak Raffi Ahmad dan ketimpang ketimpung di Laut selama tiga hari. Terharu bisa menginap dikapal mewah selama tiga hari.

Menginap di Westin Nusa Dua Bali

Menginap di Westin Bali hadiah dari lomba foto Air Asia. Saya menginap tiga hari dua malam dihotel mewah seharga 3,5 juta permalam. Acaranya cuma seputar nginep dihotel, tapi seru banget karena fasilitas hotel yang internasional. Hotelnya berada di Nusa Dua yang kalau malam viewnya langsung ke Laut.

Kebun Teh Wonosari Malang

Saya mendapatkan undangan menginap bersama keluarga di Kebun Teh Wonosari Malang. Acaranya seru banget yaitu mengunjungi Pabrik The Rolas, menginap di hotel, makan di kafe nya dan pagi-pagi diangkut naik truk untuk melihat sunrise dikawasan kebun teh.

KAI Gathering ke Batu dan Bromo

Acara Ulang Tahun KAI ini seru banget. Saya diundang naik kereta dari Surabaya ke Batu. Lalu diajak menginap di Penginapan mewah di Golden Tulip, Jalan-jalan ke Batu Secret Zoo, Jatim Park dan Wisata ke Bromo. Selama 3 hari itu kita pesta mewah dan makan-makan.

Traveloka Eats Surabaya dan Madura

Undangan dari Traveloka Eats ini mengundang para foodies Surabaya untuk makan-makan. Menginap di Hotel Harris, lalu selama tiga hari kita full kuliner dari pagi sampai malam. Lalu mengunjungi Madura dan juga wisata dikawasan Bangkalan. Udah deh pokoknya acara Traveloka Eats ini sukses bikin saya gendut tapi puas banget sama acaranya.

Jalan-Jalan ke Palembang

Undangan ke Palembang ini saya dapatkan dari Pemkab Palembang. Selama acara kita diajak untuk jalan-jalan ke semua wisata di Palembang, kulineran dan juga budaya. Bahkan media besar dari Malaysia juga diajak untuk mempromosikan wisata di Palembang.

Nginepnya di wisma atlet yang bikin kami bangga, karena nggak semua bisa nginep di sana. Eh tapi sekarang wisma atlet identik buat yang kena Covid 19 jadi serem.

Tahun 2019

Ke Kuala Lumpur dan Melaka Bareng Julies

Saya mendapatkan undangan dari Julies untuk mengunjungi Pabrik mereka di Melaka. Wuih seru karena saya suka banget sama biscuit julies, dan baru sadar ternyata impor dari Malaysia. Selama acara saya dijamu mewah banget, mulai dari hotel, makan, bahkan wisata ke Putra Jaya.

Jogja Trip Bersama Wanderial

Wanderial tuh sebuah travel agent. Sayangnya sekarang sudah tutup. Saya memperoleh undangan untuk menikmati semua wisata di Jogja yang dikemas dalam budaya. Jadi kita mengunjungi wisata desa, membatik, main panah, ke Bukit Pangguk dan juga makan dikuliner lokal.

Undangan ke Solo-Sragen

Ke Sragen ini karena saya ada undangan untuk meliput kampanye, namun yang saya suka adalah temanya untuk mengangkat potensi dan kreatifitas anak muda. Selain meliput acara, akomodasi juga ditanggung dan sekalian jalan-jalan ke Karanganyar bareng keluarga.

Malaysia Healthcare ke Penang

Tahun 2019 akhirnya saya menginjakkan kaki ke Penang. Lalu saya diundang untuk mengulas terkait Malaysia Healthcare atau medis di kota Penang. Acaranya memang mengunjungi antara satu Rumah Sakit, ke Rumah Sakit lainnya. Namun tetap donk dibalut dengan wisata, kuliner dan hotel yang mewah.

Kayaknya yang ingat itu aja karena kebanyakan kalau travel Cuma undangan nginep di hotel Surabaya dan Malang. Pernah juga menang lomba blog dapat hadiah voucher 15 juta untuk travel yang saya buat jalan-jalan ke Korea dan Jepang.

Tahun 2020 s.d 2021 kelamaan vakum gara-gara covid 19 jadi udah nggak pernah diundang lagi wakwawakwak kok tragis. Iya saya mengurangi beberapa kegiatan diluar, jadi jarang banget traveling di 2 tahun ini. Mungkin di Tahun 2021 ini semangat ngetrip lagi karena sudah kelamaan di rumah aja.