Sebagai ibu rumah tangga, saya selalu dituntut untuk “pintar” mengatur keuangan. Masih ingat banget diawal-awal rumah tangga, perekonomian masih pas-pasan dari suami tapi harus bisa mencukupi seperti bayar tagihan listrik, telepon, keperluan rumah tangga, biaya sekolah tapi alhamdulilah terpenuhi juga meskipun pas banget. Nah sekarang perekonomian saya sudah berubah, lebih baik 3 kali lipat dari awal rumah tangga seiring pekerjaan suami semakin mapan. Namun, tetap aja kok ya pas banget juga. Terkadang bisa menabung tapi kadang juga sebulan nggak bisa menabung sama sekali karena habis.

Lalu apa perbedaan perekonian diawal rumah tangga dan sekarang? Tentu saja gaya hidup “hedon” yang kadang nggak penting tapi menyenangkan hati hehehhe… Contohnya saja kalau dulu awal rumah tangga banyak di rumah dan hemat banget, kalau sekarang banyak nongkrong di kafe, beli baju baru tiap bulan, nginep hotel dan traveling. Ya langsung deh ludes semua pendapatan yang saya terima.



Saya lalu tersadar, kalau kayak begini terus bisa-bisa saya nggak bisa beli apa-apa untuk aset, sekolah anak atau dana cadangan. Sekitar tiga tahun yang lalu gaya hidup saya berubah. Lumayan bisa ganti mobil dan juga bisa beli rumah. Saya bukan pamer atau riya’. Mengubah gaya hidup harus punya motivasi atau cita-cita pengen beli apa dan uangnya untuk apa. Kala itu memang motivasi saya pengen punya rumah dan ganti mobil.

Kunci suksesnya pasti dengan menabung. Selain menabung, keuangan saya itu tercatat baik keluar dan masuk. Ada pos-pos keuangan khusus jadi ketika gaji suami masuk saya sudah memilah untuk pos tabungan bulanan, pos dana cadangan, pos keinginan dan pos tabungan pendidikan anak. Nah sekarang saya menggunakan blu by BCA. Saya bisa mengatur keuangan dengan rapi banget dan suami juga bisa melihat catatan keuangan (Ya, meskipun mas suami nggak pernah nuntut saya untuk mencatat pengeluaran). 

Oke, saya akan Review Aplikasi blu untuk referensi para ibuk-ibuk ataupun siapapun aja yang pengen mengatur keuangan.

Review Jujur Aplikasi blu


Mengenal Aplikasi blu, BCA Digital dan BCA 

BCA Digital merupakan anak perusahaan BCA, bagian dari BCA Group. blu merupakan aplikasi mobile banking dari BCA Digital yang didesain dan dikembangkan untuk memberikan kemudahan untukmu agar bisa melakukan transaksi finansial dan non finansial melalui handphone. blu adalah aplikasi mobile banking milik BCA Digital.

Apakah sama aplikasi BCA Mobile dari BCA dengan Aplikasi blu by BCA Digital
Aplikasi blu dengan aplikasi BCA Mobile adalah dua hal yang berbeda, begitupula dengan nomer rekening juga berbeda. Jika kita mendaftar di Aplikasi blu by BCA Digital maka akan juga mendapatkan nomor rekening. Namun, jika kamu nasabah BCA, kamu bisa memilih opsi "Saya Nasabah BCA" saat melakukan pembukaan rekening blu untuk kemudahan penarikan data pekerjaan dan alamat domisili. Untuk penarikan uang di aplikasi blu menggunakan mesin atm BCA.

Bagaimana keamanannya? Apalagi aplikasi blu ini nggak ada kantor offline-nya bikin kalian takut. Keamanan blu dilengkapi dengan adanya PIN, password, pengenalan wajah, dan SMS OTP. Saya dulu juga sempat takut, tapi ketika pendaftaran ada pengenalan wajah untuk autentifikasi biometrik yang tujuannya untuk keamanan bertransaksi dalam hal :
  1. Melakukan akumulasi transaksi di atas Rp 100 juta 
  2. Mengaktifkan kembali rekening dormant 
  3. Mengubah PIN 
  4. Mengubah password 
  5. Mengubah email 
  6. Mengubah nomor handphone 
  7. Ganti handphone karena hilang 
Nah kalau wajahnya nggak sama sudah pasti akan ditolak. Meskipun nggak ada bank offlinenya, tim haloblu! melayani 24 jam selama seminggu.

Cara Mendaftar Aplikasi blu 

Untuk mendaftar pastikan dulu bahwa anda berusia minimal 17 tahun, mempunyai E-KTP, dan tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain.

Sebelumnya tentu saja kalian harus download aplikasi blu. Saya menggunakan IOS atau Iphone. 

Pengalaman saya waktu mendaftar cepat sekali. Saya pengguna rekening bank BCA. Waktu itu saya tinggal memasukkan nomor kartu ATM BCA dan nomor handphone yang terdaftar di e-banking BCA untuk proses penarikan data. Data sudah terisi lalu saya melakukan video call dengan tim haloblu.

Ditanya terkait data-data apakah sudah benar, lalu pengenalan wajah sambil membawa e-KTP yang diletakkan di bawah dagu. Setelah itu notifikasi rekening saya aktif. 

Kalau kamu bukan nasabah BCA, tenang. Kamu tetap bisa menyelesaikan proses pembukaan rekening blu dengan memasukkan data-data yang diperlukan. Pastikan koneksi internet lancar untuk proses video call dengan tim blu. 

Oke sudah siap dengan Review aplikasi blu



Fitur Aplikasi blu 

bluAccount 

bluAccount adalah rekening utama yang akan digunakan untuk bertransaksi, seperti menerima transfer masuk, transfer ke sesama rekening blu atau transfer ke bank lain, tarik tunai di ATM, juga bayar dan beli. Kamu hanya bisa memiliki 1 rekening bluAccount. Setelah memiliki bluAccount, kamu bisa membuat rekening bluSaving, bluGether, dan bluDeposit.


Jadi bluAccount ini adalah rekening utamanya. Yang saya suka nih blu bebas biaya admin perbulan. Juga bebas biaya Tarik tunai di ATM BCA tanpa kartu. Selain itu bebas biaya transfer dari BCA dan Bank Lain/Top Up Gopay.

Untuk syarat transfer gratis dari bank lain atau Top Up Go pay yaitu 20 kali per bulan di 2 bulan pertama sejak pembukaan rekening. Setelah 2 bulan, bebas biaya top up GoPay/transfer ke bank lain tetap bisa dinikmati dengan memastikan saldo portofolio rata-rata bulan sebelumnya minimal Rp 1 juta.

review aplikasi blu

 

Dapat bunga nggak meskipun bebas admin? Ya tentu dapat donk, kalau nggak dapat mending uangnya ditaruh dicelengan di rumah. Saat ini bunga bluAccount adalah 0,5% p.a. Penghitungan bunga dihitung berdasarkan saldo akhir bluAccount per harinya. Bunga dalam 1 bulan ditransfer ke bluAccount tiap tanggal 1 per bulannya.

aplikasi blu by BCA Digital

bluSaving 

bluSaving ini fitur aplikasi blu terfavorit saya karena saya bisa membuat pos-pos kebutuhan. Enaknya tuh kalau misalnya nggak tercapai goal nggak akan kena denda meskipun tidak sesuai target. Contoh pos misalnya : traveling ke Jepang, pos isi rumah, pos tabungan Pendidikan anak, tapi kalau dirasa cukup ya sudah bisa berhenti karena sudah memenuhi target. Selain itu saya menggunakan autodebit untuk mengisi bluSaving di rekening BCA saya. Begitu ada dana ditabungan BCA langsung otomatis terisi di bluSaving. 

bluSaving adalah rekening tabungan yang dapat dinamai sesuai pos-pos kebutuhanmu. bluSaving bisa tanpa goal seperti tabungan biasa atau dengan goal misalnya untuk beli sepeda atau liburan. Kamu juga bisa menggunakan autodebit untuk mempermudah setoran ke bluSaving. 

aplikasi blu by BCA Digital

bluGether 

bluGether adalah rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara. Nasabah yang membuat rekening bluGether disebut Creator, sedangkan nasabah blu yang diundang ke dalamnya disebut Member. Creator dapat mengundang maksimal 24 teman sebagai Member, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether. Saat Creator melakukan penarikan dari bluGether, blu akan mengirimkan notifikasi ke seluruh member, jadi lebih transparan. Ini menarik sih bluGether.

Kalau kita punya grup arisan jadi kita bisa tahu monitor transaksi, atau kalau lagi ngumpulin iuran kebutuhan apapun yang melibatkan orang banyak jadi kita bisa tahu rekapannya tanpa curiga. 

bluDeposit 

bluDeposit adalah deposito Non-ARO (tidak secara otomatis diperpanjang). Pada saat jatuh tempo, pokok dan bunga akan masuk ke bluAccount. bluDeposit minimal Rp 10 juta dengan tenor 1 sampai 12 bulan. Reminder perpanjangan bluDeposit akan muncul di aplikasi 7 hari sebelum jatuh tempo. 

Fitur lainnya juga ada Beli pulsa & bayar tagihan pascabayar, Pembayaran internet/TV kabel, Top up OVO & GoPay, Pembayaran pakai QRIS, Cek saldo dan Cek riwayat transaksi. 

Minus Aplikasi blu 
  • Limit tarik tunai blu adalah Rp1.250.000 per transaksi dan Rp7.000.000 per hari. 
Sebenarnya sama juga dengan rekening BCA saya yang limit Tarik tunainya hanya 7 juta perhari, namun jika saya butuh lebih bisa ambil di bank offlinenya. Nah di blu kalau butuh uang lebih dari 7 juta dalam sehari maka bisa transfer ke rekening BCA baru bisa ambil di Bank BCA offlinenya. 
  • Belum bisa Top Up menggunakan Flazz. 
  • Belum Ada Kartu ATM 
Belum Ada kartu ATM ini kayaknya buat yang suka koleksi kartu didompet ya. Kalau lihat ATM berderet didompet pasti bahagia, ya meskipun kadang nggak penting karena semuanya sudah digital. 
  • Aplikasi blu ketika Video Call Ngelag 
Jadi ketika saya sudah masukkan data-data saya lalu saya klik video call dengan tim blu sempat ngelag ya atau muter-muter, padahal koneksi internet saya lancar. Saya harus restart hape saya dulu lalu baru bisa video call. Tapi setelah itu beres kok dan pengaktifan rekening cepat banget. 

Ya harap dimaklumi bahwa produk ini baru rilis, jadi fiturnya masih minim. Namun aplikasi blu akan selalu berinovasi seperti update aplikasi secara berkala, maupun kemungkinan menambah fitur seperti ada kartu ATM dan juga bisa top upp flaz. 

Mudah-mudahan review jujur aplikasi blu ini membantu kalian yang membuka rekening atau mengatur keuangan. 

Ubah Gaya Hidup Ayo Menabung 
Review Aplikasi blu ini sebenarnya bukan karena saya pakar keuangan, namun pengalaman hidup saya sebagai emak-emak ini bisa menjadi sharing pengalaman teman-teman yang mau mengatur keuangan. Jujur aja membina rumah tangga akan bisa mengubah mindset gaya hidup dan kedewasaan dalam mengelola keuangan. Zaman-zaman kuliah dulu menabung nggak penting karena tinggal minta aja ke orang tua. Nah kalau sudah rumah tangga, lihat orang bisa beli ini beli itu padahal penghasilannya sama jadi mikir pentingnya menabung. 

Menurut saya harus ada goal dalam finansial. Karena Tiap rupiahmu berharga, catat cash flow kamu agar aktivitas finansialmu termonitor dengan baik, itu penting ya. Apalagi Enaknya punya tabungan di blu itu kita bebas biaya admin, bunga kompetitif, dan urus segalanya serba mudah. 

Review Jujur aplikasi blu saat Pengalaman saya pake aplikasi blu ini memang urus segalanya jadi mudah, mau bayar listrik, tagihan telepon indihome, mau bayar belanjaan bisa pakai Qris, Top Up E-money dan Go Pay. Udah pokoknya donwload aplikasi blu by BCA Untuk Menabung dan Atur Keuangan. Bangga pokoknya blu bisa bikin saya rajin menabung. 

Launching blu by BCA via zoom
Lanny Budianti, Direktur Utama BCA Digital konferensi pers Grand Launching blu by BCA Digital mengungkapkan bahwa misi blu dengan pangsa pasar savy ini memang menyajikan layanan perbankan melalui one stop smart solution banking. Dengan tiga kalangan sasaran pangsa pasarnya, yaitu : financially mature, financialy independent dan the youngest. Icon kalangan sasaran pangsa pasar blu ini diwakili oleh Benni,Lea dan Utta dengan warna biru khas dari BCA. 

Banyak pertanyaan yang muncul apa perbedaan BCA dengan blu by BCA. Ditekankan Lanny bahwa blu by BCA bisa diibaratkan sebagai adik bungsu dari BCA. Memberikan layanan 24 jam meskipun tanpa ada kantor cabang offline. Kepuasan nasabah merupakan fokus utama dalam mengembangkan pelayanan, fitur, dan produk. Tentunya inovasi perbankan digital tidak berhenti pada kebutuhan finansial saja. Seiring dengan semakin eratnya fungsi bank digital dalam kehidupan sehari-hari, kami ingin punya andil untuk menghadirkan kemudahan dunia digital yang sesungguhnya.

Selain itu kabar baiknya buat yang suka belanja online Blibli sebagai exclusive partner pertama blu. Untuk nasabah yang buka rekening blu melalui Blibli dan top up sebesar 500 ribu akan mendapat cashback sebesar 100%. Waw lumayan banget ya heheheh... Dalam aniversary Blibli yang ke 10, juga ada diskon besar-besaran jika bertransaksi dengan blu di Blibli akan mendapatkan diskon sampai 50%.

Melalui integrasi antara blu dan Blibli, pelanggan dapat merasakan berbagai manfaat di platform Blibli, mulai dari membuka akun rekening bank digital secara mudah hingga melakukan transaksi pembayaran e-commerce. 

blu juga mengkampanyekandampak positif bagi keberlanjutan bumi dengan bertemakan #blubuatbaik. Pada kampanye ini, blu turut andil dalam menjaga lingkungan dari ancaman sampah, khususnya sampah plastik, yang merusak ekosistem alam di indonesia.


review aplikasi blu by BCA Digital

Semoga Review aplikasi blu ini membantu kalian. 

Kira-kira target keuanganmu apa nih? 
Kepoin juga Social Media blu :