Kuliner ala Timur Tengah di Surabaya ini bukan karena latah gara-gara si Kinan nggak diajak suaminya ke Capodacia...tapi saya memang sekangen itu pengen banget ngetrip ke Negara-Negara Timur Tengah lagi. Iya saya kangen sama pria ganteng timur tengah eh maksudnya masakannya dengan aroma rempah khas yang kuat. Sebut saja Nasi Biryani, Nasi Mandi ataupun Nasi Kabsah yang khas Arab.

Kalau dipikir Nasi-nasi yang saya sebutkan diatas itu juga bisa jadi menu andalan masakan India ya..tapi ternyata bukan, melainkan asli dari Timur Tengah. Namun  di Timur Tengah kebanyakan pakai beras basmati yang diimpor dari India seringnya disebut juga masakan ala India. Saya sendiri kadang bingung membedakan rasa kedua Negara tersebut ketika mencoba Nasi Biryaninya.

Satu kuliner baru yang ada di Surabaya yaitu Halal Boss yang menyajikan masakan ala Timur Tengah di Surabaya. (Baca juga : Nasi Kebuli Ijab Qabul Surabaya). Kebetulan nih saya pengen banget mencicipinya untuk mengobati rasa kangen saya.

Atmoster Timur Tengah di Halal Boss

Seperti biasa nih saya tahunya Halal Boss gara-gara seliweran postingannya di Instagram, di Tiktok juga banyak sih tapi saya nggak punya Tiktok wkwkwkwk...

Lokasinya di Merr Surabaya, persis di pinggir jalan raya. Jadi dari jalan sudah kelihatan tuh aroma Timur Tengah dengan bangunan warna dinding coklat atau kekuningan khas sana. Tulisan Halal Boss juga tampak mencolok.


Untitled

Masuk ke dalam Halal Boss memang kecil. Hanya ada sekitar 4 meja dengan duduk lesehan dan 3 tempat meja berkursi. Makanya disarankan untuk reservasi terlebih dahulu kalau datang di jam-jam makan siang atau malam. Waktu itu saya reservasi by WA. Kalau nggak kita dapat waiting list sambil nunggu pelanggan lain selesai makan. Maklumlah masih hangat-hangatnya ini restaurant.


Untitled
Untitled
Untitled

Menu di Halal Boss Surabaya

Di Halal Boss ada 2 jenis nasi yaitu Nasi Mandi dan Nasi Biryani. Saya sempat menanyakan ke para waitressnya perbedaan dari 2 nasi ini, kalau Nasi Mandi ini rempahnya lebih flat sedangkan Nasi Biryani rempah ataupun cengkehnya lebih kuat. 


Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Pilihan lauknya ada ayam, kambing, dan iga sapi. Selain itu ada beberapa snack seperti sambosa, oum ali yaitu croissant ala timur tengah. 

Nasi Mandi dan Nasi Biryani di Halal Boss

Karena kita penasaran sama kedua nasi antara Nasi Mandi dan Nasi Biryani makanya kita pesan satu-satu, yang satu pakai kambing dan satunya pakai ayam, selain itu kita juga pesan Sambosa.

Saya nyobain Nasi mandinya dulu... nasinya memang lebih flat..cengkehnya tidak terlalu kuat namun ada rasa seperti mentega gurih banget dengan aroma yang khas dengan kismis. Nasi Biryani ada sensasi pedas khas rempah terutama Cengkehnya kuat banget. 


Untitled
Untitled

Mana yang lebih enak antara kedua nasi ini di Halal Boss? Kalau saya lebih suka nasi mandinya, mungkin karena saya tidak suka cengkeh yang terlalu kuat. Di ulasan google malah ada yang bilang Nasi Mandinya hambar... hmmm memang kembali ke selera lidah masing-masing. Intinya kalau suka rempah khas Arab pesan yang nasi Biryani, dan kalau suka yang flat pilih nasi Mandi.

Untuk lauknya kambing empuk dan nggak prengus sama sekali. Sayangnya ya namanya kambing mahal jadi dagingnya ukurannya minimalis, beda sama ayam gorengnya yang gede banget. Ayam di Halal Boss ini digoreng garing, dalamnya juga matang sempurna. Sensasi ayam Arab memang belum dapat karena nggak ada yang berbau curry atau aroma arab. Namun saya nggak masalah karena memang pecinta ayam goreng ala upin-upin.

Lalu si Sambosa ini merupakan pangsit atau pastry khas Timur Tengah. Setiap porsinya isi 4 dengan pilihan isi keju atau daging cincang beraroma ala Timur Tengah. Pastrynya digoreng garing berbentuk segitiga. Isi daging cincangnya aroma cengkehnya khas dan kuat banget. Selanjutnya gigit yang isi kejunya enak banget. 


Untitled

...

Overall saya cukup puas sama pelayanan dan masakan di Halal Boss ini. Untuk segi harga juga dengan lauk ayam 39 ribu dan kambing 59 ribu dengan standart harga Surabaya masih wajar. Kalau mau hemat ya pesan ayam aja :)


Untitled

Otentik nggak sama Masakan Timur Tengah si Halal Boss ini? Dulu pernah saya makan di Oman masakan Nasi Biryani dan Nasi Mandinya, dan memang sama si Halal Boss ini mirip banget otentiknya. Cuma beda di rasa Ayamnya aja yang kurang rempah khas Arabnya. 


Untitled

Halal Boss

 Jl. Merr Kalijudan Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No.195A

Surabaya

Jam Buka :

12.00 - 21.00