Beberapa kali mudik ke Cepu, saya masih belum percaya jika Lontong Tahu Bu Sabar yang legendaris itu sudah tutup dan tidak diteruskan lagi oleh generasi berikutnya. Lalu, semenjak tutup sekitar dua tahun yang lalu, saya masih berusaha mencari pengganti lontong tahu yang enak. Pernah nyoba Lontong Tahu Bu Carik , enak sih dan saya juga cocok bumbu kacangnya, tapi nggak ada versi tahu telornya. 

Kemarin waktu mudik ke Cepu ada beberapa alternatif pilihan tahu lontong legendaris yaitu Lontong Tahu Pak Dasrip tapi saya cancel karena lokasinya di Blora. Perjalanan ke Blora dari Cepu masih satu jam-an. Lalu pilihan kedua yaitu Lontong Tahu Mbah Tri, Padangan, Bojonegoro. Waktu tempuhnya meskipun beda kota, tapi cuma 5 menitan dari rumah mertua. Jadi lokasinya tahu lontong ini perbatasan antara Cepu dan Padangan.

Saya datang jam 16.30, ternyata Tahu Lontongnya masih dasaran. Saya keliling dulu jalan-jalan lalu datang jam 17.15, wiiiiidih udah uaaaaantri.... benar-benar laris.


Untitled


Menu Lontong Tahu Mbah Tri

Ada 4 menu di Lontong Tahu Mbah Tri yaitu Sambal Lontong Tahu, Sambal Tahu Nasi, Lontong Tahu Telur dan Opor Ayam. Spesialnya tentu saja Lontong Tahu Telur...

Saya memesan Lontong Tahu Telur pake cabai 3. Oke, diuleklah satu persatu racikannya sesuai pesanan per orang. Waktu ngulek saya lihat, banyak banget kecap yang dituangkan. Pake kecap andalannya Cap Laron khas Tuban.


Untitled
Untitled


Seporsi Lontong Tahu Telor

Layaknya lontong tahu lainnya, lontong tahu mbah tri ini disajikan dengan irisan lontong, tahu, telor lalu diguyur pake kacang, ada taoge, seledri dan kacang tanah utuh. Nggak ada krupuk kecil yang diletakkan di atas piring. Tapi ada kok krupuk uyel yang diletakkan di meja yang tinggal ambil aja...tapi jangan lupa bayar hahahahaha....


Untitled

Saya cicipi guyuran bumbu kacangnya... Ulekan kacangnya masih kasar memang ini yang bikin enak...apalagi ada kacang tanahnya. Jenis sambal kacangnya beda banget sama tahu tek atau tahu lontong ala Suroboyoan. Di Lontong Tahu Telor Mbah Tri ini bumbunya muaaaaanis banget, pantesan saya request cabai tiga nggak pedas sama sekali karena racikan kecapnya yang memang banyak banget.

Enak nggak? Jujur aja saya ini tim asin ya, memang agak aneh ketika nyicipin sambal kacangnya. Tapi lama-lama baru ngeh enak juga hahahahaha... Cuma kalau pengen pedes bilang aja pedes..jangan kayak saya yang bilang cabai tiga malah nggak terasa pedas sama sekali.

Jangan lupa kalau ke Lontong Tahu Mbah Tri harus sabar antri ya...lebih baik datang jam 17.00 sore supaya tidak terlalu antri.

...

Referensi lainnya yang pengen saya coba yaitu Lontong Tahu Sambal Blora Dhe Seh. Lokasinya di Cepu dekat RSUD. Nah katanya mirip lontong tahu Magelang...ah jadi nggak sabar pengen mudik ke Cepu lagi.

Lontong Tahu Mbah Tri

Jl Diponegoro Nomor : 111

Padangan - Bojonegoro

Jam Buka :

Jumat-Rabu 17.00 - 22.00

Kamis tutup