Semenjak pandemi, kita (khususnya saya) baru menyadari betapa pentingnya menabung atau memiliki tabungan. Jujur saja efek pandemi dua tahun terakhir berdampak pada kondisi keuangan yang naik turun semacam roller coaster. Saya selalu berandai-andai, andaikan dulu saya menyediakan tabungan darurat sebesar minimal 5 kali dari gaji suami di tabungan pasti efeknya di pandemi ini saya tetap adem ayem. Tapi ya sudahlah…yang penting sekarang saya harus rajin menabung dan memiliki tabungan.

Sisi positifnya dalam era pandemi ini adalah segala sesuatu dipermudah dengan layanan digital. Ya kita seminal mungkin berinteraksi dan kontak fisik demi prokes kesehatan. Salah satunya buka tabungan pun dipermudah dengan digital. Seperti layanan tabungan Senyumku yang aplikasinya tinggal download aja di Playstore. Namun sebelum terdaftar saya harus tahu keamanan dan apa sih tabungan senyumku itu.



Buka Rekening Online dan Atur Keuanganmu dalam Satu Aplikasi

Senyumku adalah produk aplikasi keuangan unggulan yang telah beroperasi sejak tahun 2019. Berbagai layanan bisa kamu nikmati mulai dari buka rekening online langsung aktif hingga bertransaksi keuangan secara aman hanya dengan satu genggaman smartphone.



Senyumku juga merupakan aplikasi manajemen keuangan yang modern, memungkinkan kamu merekapitulasi catatan keuangan yang masuk maupun yang keluar dari kas kamu secara praktis. Dengan fitur-fitur tersebut, perencanaan keuangan dan pengelolaan keuangan bisa dilakukan dengan lebih baik lagi demi membantumu mewujudkan kebebasan finansial di masa yang akan datang. Aplikasi yang bisa disebut tabungan digital ini merupakan produk dari PT Bank Amar Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM.


PT Bank Amar Indonesia lebih dikenal Amar Bank dahulu PT Anglomas International Bank lebih dikenal Amin Bank didirikan pada 15 Maret 1991 oleh keluarga almarhum Noto Suhardjo Wibisono (Lioe Kiem Tjauw) dan Hartini Wibisono (Tan Sioe Ing) di Surabaya.

Sejak awal beroperasi, Bank berusaha mengukuhkan eksistensinya dalam dunia perbankan nasional dan pada akhir 2014 Bank telah memiliki 4 jaringan kantor yang siap melayani nasabah di wilayah Jawa Timur dan DKI Jakarta. Dengan fokus pada segmen retail, Bank berusaha memenuhi kebutuhan finansial nasabah.

Nah selanjutnya untuk proses pendaftarannya sebagai berikut :

Syarat untuk buka rekening tabungan online Senyumku

  • Warga Negara Indonesia.
  • Telah berusia 17 tahun.
  • Dokumen KTP.

Tahapan buka rekening online Senyumku

  1. Download aplikasi Senyumku dari perangkat Android kamu. (untuk saat ini Senyumku baru bisa digunakan di perangkat Android). Pastikan menggunakan Android (5.1.1 ke atas)
  2. Setelah itu buka aplikasi Senyumku dan klik “Daftar”.
  3. Isi data diri kamu beserta alamat domisili dan data-data lain yang diminta.
  4. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengunggah foto KTP dan foto selfie kamu.
  5. Tunggu hingga tim Senyumku menghubungi kamu untuk proses verifikasi.
  6. Proses buka rekening online Senyumku selesai dan kamu telah resmi jadi Sahabat Senyumku.

Kemudahan Fasilitas Tabungan Senyumku

  • Buka 24 jam

Enaknya kalau bank online atau digital tuh nggak ada jam operasionalnya. Kita mau nabung, beli pulsa, transfer, isi saldo OVO atau apapun yang berhubungan dengan keuangan bisa dilakukan kapan saja tanpa dibatasi oleh waktu selama 24 jam dan setiap hari. Pun Layanan Call Center juga bisa menangani complain selama 24 jam. Jadi tenang banget.

  • Kemudahan Buka Rekening

Seperti yang sudah saya tulis di atas, buka rekening di Tabungan.  Proses verifikasi bisa segera dilakukan dengan melakukan proses video call banking dengan proses verifikasi / KYC (Know Your Customer). Selanjutnya hanya perlu menunggu 3-5 menit untuk mendapatkan hasil pembukaan rekening yang kamu lakukan berhasil atau tidak. Setelah itu jika disetujui, maka tabungan bisa langsung digunakan.

Note :

Proses verifikasi melalui video call banking untuk saat ini, hanya beroperasi pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 19.00 WIB

  • Buka rekening hanya Rp. 100.000

Nggak harus nunggu uang kita jutaan dulu untuk buka rekening, karena di Tabungan Senyumku jika kita punya uang Rp. 100.000 sudah bisa buka tabungan.

 

Apakah Ada Kartu Debit di Tabungan Senyumku?

Nah ini pastinya pertanyaan sejuta umat bagi ibu-ibu yang seneng banget lihat kartu didompet. Tabungan Senyumku ini juga ada loh kartu debitnya. Kita dapat menikmati fitur dari Kartu Debit Tunaiku/Senyumku seperti:

  • Bebas belanja di berbagai merchant, dengan menggunakan mesin EDC bank di seluruh Indonesia;
  • Bebas bertransaksi di jaringan ATM berlogo PRIMA dan ALTO di seluruh Indonesia;
  • Kartu debit Amar Bank menggunakan teknologi chip untuk transaksi yang aman dan nyaman, serta mengurangi resiko penggandaan kartu debit dengan cara menyalin data yang terdapat pada pita magnetik.

Proses mendapatkan kartu debit ini perlu untuk mengajukan/melakukan request permintaan Kartu Debit Senyumku dengan mengisi data yang dibutuhkan pada akun Nasabah di aplikasi Layanan Perbankan Digital Senyumku.

 

Tabungan Senyumku Banking Dalam Genggaman

  • Fitur Catat

Fitur Catat adalah fitur yang bisa kita gunakan sebagai catatan keuangan harian. Contohnya mencatat keuanganmu dari uang tunai, e-wallet dan akun perbankan yang tujuannya untuk menganalisa pengeluaran yang membantumu kita mengontrol finansial perbulan alias nggak kebobolan.



  • Celengan

Salah satu fitur Tabungan Senyumku yang membuat saya tertarik adalah Celengan. Dengan Celengan Senyumku, wujudkan impianmu satu per satu dan nikmati bunga tabungan 5.5% per tahun. Jadi fitur ini memberikan pos-pos yang menjadi target impian kita. Misalnya nih kita pengen banget beli motor. Nah kita atur di fitur celengan ini. Saya jadi semangat bikin pos-pos untuk berbagai kebutuhan dan membuat simulasi alokasi uang per bulannya untuk mencapai target yang saya inginkan.

….

Nah mudah bangetkan buka tabungan online pakai Tabungan Senyumku. Tinggal komitmen kita aja untuk rajin menabung. Pasti manfaatnya tuh akan terasa di kemudian hari. Selamat menabung….