Sayang banget perjalanan ke Madiun, saya hanya menyempatkan datang ke satu kuliner legendaris. Harap maklum selain waktu yang terbatas, teman yang diajakpun kurang doyan sama makanan wkwkwkwk... Okelah saya harus berpikir "keras" diantara semua kuliner legendaris yang ada, saya harus memilih satu saja kuliner. Saya memilih pecel, karena Madiun terkenal akan pecel-nya yang khas.

Ada 3 top teratas pecel Madiun. Sebut saja pecel Madiun 99, pecel yu gembrot dan Pecel Pojok Madiun. Saya memutuskan ke Pecel Madiun 99 karena kebetulan lokasi tempat acara yang saya kunjungi dekat dengan Pecel Madiun 99. Lokasinya tepat di Jalan Raya Cokroaminoto. 


Untitled

Ketika datang langsung saja pesan makanannya, bayarnya nanti belakangan di kasir. Seporsi pecel dengan krupuk puli tanpa lauk apapun harganya 8 ribu. Lauknya macam-macam ada ayam panggang, usus, telor ceplok, rempelo ati, telur puyuh, daging, babat limpa. Harga rata-rata lauk seperti telor ceplok atau telor asin 5 ribuan. Mahalan dikit ada daging 15 ribuan. 


Untitled
Untitled

Seporsi pecel Madiun 99 ini nasinya nggak banyak. Cocoklah buat "modelan" penyuka makanan yang kurang suka nasi tapi harus lauk banyak :) Seporsinya ada taoge mini, kacang panjang, ketimun, kemangi, kenikir/daun ketela (saya bingung rasa dua daun ini) serta serundeng kelapa beserta kerupuk pulinya. 


Untitled

Sambalnya berbeda dibandingkan sambal kacang lainnya, ada wangi aroma yang khas. Daun jeruk purut dan kencur mendominasi, bawang putih hampir nggak terasa sama sekali lalu sepertinya ada asam jawanya. Ciri khas lainnya yaitu sambal kacangnya kental banget. 

Selain pecel yang menjadi ciri khasnya, di Kuliner Pecel 99 juga menyediakan rawon, nasi bali dan garang asem. Pecel 99 menambah referensi daftar pecel di berbagai kota yang saya kunjungi. Setiap kota tentu saja memiliki ciri khas masing-masing seperti Pecel Lethok Ngawi dan Pecel Mbah Ribut Cepu.

Pecel Madiun 99

Jl Cokroaminoto No. 99
Madiun

Jam Buka :
05.00 - 19.00

Bluder Cokro Madiun

Meskipun bukan kota pariwisata, namun di Madiun ada pusat oleh-oleh Bluder Cokro yang sudah terkenal sejak dulu. Pantes saja Bluder Cokro sudah buka sejak tahun 1989.

Our Story : Bluder Cokro merupakan produk roti legendaris yang berasal dari Madiun, Jawa Timur. Kelembutan dari roti Bluder Cokro memiliki tempat spesial tersendiri di hati masyarakat. Rasa istimewa yang dipertahankan sejak dari dulu membuatnya tetap diburu khalayak ramai sampai saat ini. Berdiri pada tahun 1989 di Jalan Cokroaminoto no 36 Madiun, Bluder Cokro tetap berproduksi hingga saat kini dan terus berinovasi dengan menambah varian dan produk baru yang sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia.

 



Nggak nyangka waktu saya sampai di lokasinya, saya pikir karena buka sejak tahun 1989 maka tokonya bakalan jadul. Eh ternyata nggak..sudah modern banget. Etalasenya sudah kayak toko-toko roti yang ada di mall.

Ciri khas bluder Cokro itu rotinya yang memang lembut banget dan susunya memang terasa banget. Ada berbagai varian bluder cokro yang terbagi dalam rasa standart, special dan luxury. Kalau masuk ke tokonya dijamin bakalan puyeng milih varian rasanya.

Untitled


Selain bluder yang menjadi terfavorit, pilihan roti lainnya ada spiku, bluder krispi, kue taro, kue nanas, bluder sobek, krumpul, dan kasur. 

Untitled
Untitled
Untitled
Untitled

Ada juga camilan-camilan seperti brem, kripik tempe, krupuk puli. Ah pokoknya kalau ke bluder cokro siap-siap khilaf ya.



Untitled
Untitled
Untitled
Untitled
Di bluder cokro ini saya sekalian beli jastipan buat teman-teman. Nah biar nggak ribet saya langsung kasih list barang-barang yang saya beli sama pegawainya. Baik-baik banget sih orangnya, sudah diambilin juga setiap paper bag sudah dikasih nama jadi saya tinggal tenteng saja :)

Untitled
...

Sekian review tentang Madiun kali ini, mudah-mudahan saya bisa mampir lagi untuk kulineran dan beli oleh-oleh khas lainnya :)

Bluder Cokro

Jl Hayam Wuruk No : 51 - 53
Madiun

Jam Buka :
07.00 - 22.00