Sebagai penggemar drama Korea, saya selalu memperhatikan tentang kebiasaan orang Korea yang disajikan dalam setiap dramanya. Saya selalu memperhatikan bahwa mereka selalu tampil cantik, suka soju dan para lelakinya romantis. Saya penasaran, Apakah drama Korea selayaknya seperti sinetron Indonesia yang dalam setiap adegannya selalu dibumbui dengan cerita fiktif ?

Dalam perjalanan traveling saya ke Korea, saya menemukan beberapa fakta tentang kebiasaaan orang Korea. Saya tahu, selama beberapa hari di Korea belum bisa menggambarkan kebiasaan masyarakatnya.

Inilah 7 fakta yang saya lihat tentang Korea selama saya traveling disana :
  1. Surganya kosmetik
    Siapa sih yang nggak iri melihat kulit putih dan halusnya wajah Korea tanpa pori-pori yang hampir dimiliki setiap artisnya? Saya dulu berpikir wajah cantik mereka hanya dimiliki oleh para artis saja, kenyataannya orang Korea memang cantik dan selalu ingin tampil cantik. Makanya hampir disetiap jalan yang saya lalui adalah toko kosmetik.


    kawasan Myeondong


    Jika yang anda tahu kosmetik Korea adalah Etude? Maka anda akan kaget dengan nama-nama kosmestik lainnya yang hampir saya temui disetiap jalan di Korea yaitu Misha, Innisfre, Tony Moly, Nature Republic, Skinfood, April Skin, The Face Shop dan masih beberapa merek lainnya yang sangat banyak. Yang mencengangkan harga kosmetik di Korea sebenarnya lebih murah daripada di Indonesia yang harganya tiga kali lipat lebih mahal.
  2. Brand Ambasador kosmetik Korea kebanyakan pria
    Jika di Indonesia, mayoritas brand ambasador adalah wanita, di Korea adalah rata-rata adalah pria. Mungkin jika di Indonesia, para lelaki tersebut akan dikatakan "kemayu" apabila menerima job kosmetik, tapi di Korea malah foto prianya dikemas sangat imut dan cantik dengan produk kosmetiknya.

    Tahu kan So jong Ki? Artis yang lagi digilai para ibu-ibu dan ABG ini juga menjadi brand ambasador Tony Moly. Tak ketinggalan para member K Pop pun seperti 2PM juga menjadi ambasador kosmetik Korea.
  3. Para Pria Nggak Malu Bawa Payung
    Masyarakat Korea mempunyai kebiasaan untuk mengecek cuaca setiap hari di aplikasi andalan mereka. Ketika ramalan cuaca meramalkan hujan, maka mereka akan membawa payung ketika keluar rumah. Nah, uniknya para prianya tak malu membawa payung dengan warna cerah seperti kuning neon, pink atau yang model transparan dengan motif polkadot. Duh, kalau suami saya pastinya mending kehujanan daripada memakai payung transparan.
  4. Touch Up Wajah dimanapun dan kapanpun
    Biasanya jika saya touch up make up ketika diluar rumah adalah di kamar mandi atau ketika akan turun dari mobil, berbeda dengan wanita Korea yang "harus" touch up dimanapun dan kapanpun. Mereka nggak akan malu mengeluarkan kaca yang besar sambil membetulkan make up mulai dari bedak, lipstik, eyeshadow atau memakai cream wajah seperti sunblock. Dengan cueknya mereka membuka kosmestik tersebut didalam subway, bus, coffe shop, padahal sebelahnya adalah para pria.
  5. Free minuman di setiap restoran
    Jika makan di restoran Korea tak perlu ada anggaran untuk membeli minuman. Hampir semua restoran menyediakan botol minuman yang berisi air putih yang ada di setiap mejanya dengan harga gratis. Ada pula yang menyediakan dispenser disudut ruangan, pengunjungpun juga bebas mengambil minuman sepuasnya.
  6. Kimchi Makanan Wajib
    Kalau memperhatikan drama Korea, makanan kimchi bagaikan dessert wajib yang harus ada ketika mereka makan. Hampir di seluruh restoran Korea wajib menyediakan kimchi yang diletakkan di mangkok kecil bersamaan dengan banchan (lauk yang disertakan di setiap hidangan Korea dalam mangkuk kecil).


    all you can eat Kimchi



    kimchi korea


    Dulu saya penasaran banget dengan rasa kimchi yang kelihatannya enak, namun rasa kimchi dimulut saya terasa sangat aneh dan baunya sangat menyengat. Bahkan ketika memasuki restoran Korea yang boleh mengambil kimchi sesukanya, maka sayapun "skip" makanan ini. Ya, selera orang memang berbeda.
  7. Orang Korea Menggunakan Hp Samsung Terbaru
    Orang Korea adalah Gadget Freak, mereka sangat sibuk memainkan ponselnya ketika didalam subway ataupun dijalan. Rata-rata mereka asyik melihat drama Korea ataupun bermain game. Merek yang digunakan adalah Hp Samsung terbaru, nggak heran kalau artis didalam drama Korea selalu menggunakan merek Samsung.

    Samsung sendiri adalah merek yang diproduksi di Korea dan dalam industri ponsel nama Samsung memang sudah tak diragukan lagi. Hp samsung tersebut selalu mempunyai inovasi kecanggihan teknologi dan desainnya yang sangat elegan, seperti Samsung Galaxy S7 Edge yang memiliki fitur yang sangat komplit, yaitu :
    12MP Back 5 MP Front
    RAM 4GB
    Exynos 8890 Octa-core 2.3GHz
    Super AMOLED



    Type lainnya yang tak kalah menarik adalah Samsung J3 yang memiliki fitur :
    CPU: Quad-Core, 1.5GHz
    Display: Super AMOLED, 1280 x 720 (HD)
    Resolution: CMOS 8.0 MP




Kalau kamu masih penasaran dengan Hp Samsung tipe lainnya, langsung aja meluncur ke MatahariMall.com karena banyak sekali promo spesialnya. MatahariMall.com adalah eCommerce No. #1 dan terbesar di Indonesia jadi sudah pasti banyak tipe hp samsung yang kamu taksir deh...


Nggak terasa sudah 7 Fakta Tentang Korea yang saya ulas, padahal masih banyak fakta yang saya dapat dari perjalanan ke Korea. Tunggu cerita selanjutnya ya...