Tahun ini anak saya lagi semangat berenang, baik di ekstra sekolah maupun ketika weekend bersama kami sekeluarga. Padahal dulu waktu kecilnya saya selalu khawatir jika kebanyakan main air maka akan pilek atau batuk, maklumlah jika berenang ada saja air yang tertelan. Namun lama kelamaan menginjak usia 4 tahun keatas kekebalan tubuhnya semakin baik, setiap minggu berenangpun tak masalah malah badannya semakin sehat dan jarang sakit,

Namanya seorang mama, kalau anak berenang barang bawaanpun sudah kayak berangkat mudik. Nggak hanya satu tas kecil tapi satu tas besar akan terisi penuh dengan barang bawaan anak. Saya yakin mama-mama lainnya pasti ribet seperti bawaan saya. Nah, apa saja sih Perlengkapan Berenang Anak yang Wajib dibawa :
  1. Baju berenang
    Ya, iyalah baju berenang harus dibawa. Tapi saya pernah loh lupa tidak membawa baju berenang buat anak. Akhirnya sikecil saya pakaikan kaos dan celana dalam saja, untungnya dia nggak rewel hehehe...

    Pilihan baju renangpun sebaiknya yang nyaman, paling baik adalah berbahan lycra karena bahannya lebut dan nyaman dipakai. Warna berbahan lycra pun sangat bagus dengan warna ngejreng dan tidak mudah kusam. Untuk pakaian berenang anak saya memiliki 2 macam yaitu yang model tertutup berhijab yang biasanya dipakai sekolah dan satu lagi model terbuka yang waktu saya beli sebelum dia sekolah.
  2. Handuk + Peralatan Mandi
    Setelah berenang tentu badannya akan basah kuyup dan kedinginan, saya tak pernah lupa untuk membawa handuk yang berukuran sedang sesuai ukurannya. Tak ketinggalan adalah sabun mandi dan shampo kemasan cair agar praktis.
  3. Peralatan make up si kecil
    Anak kecil pun tentunya mempunya peralatan make up mulai dari sisir, bedak wajah, lotion anak, dan minyak rambut khusus anak agar rambutnya selalu halus. Yang terpenting juga adalah minyak kayu putih agar badannya selalu hangat.
  4. Sunblock anak Meski setiap minggu berenang, si kecil kulitnya tidak gosong atau belang menghitam karena saya selalu membawa sunblock anak. Sunblock khusus anak ini saya membeli dengan SPF 30 yang dijual dipasaran. Sunblock tersebut saya oleskan ke seluruh tubuhnya sebelum berenang dan karena khusus untuk anak, sunblock ini sangat aman buat anak-anak.
  5. Kantong Plastik
    Item kantong plastik ini wajib dibawa untuk tempat baju basah setelah berenang. Tapi sejak digalakkan "go green" diet kantong plastik, saya juga punya tas berbahan dalam dan luarnya plastik dengan restleting khusus. Kalo lupa nggak bawa tas tersebut biasanya saya juga membeli kantong plastik di area tempat berenang.
  6. Baju Ganti
    Jangan lupa selalu membawa celana dalam untuk menggantinya setelah berenang. Sedangkan untuk pakaiannya biasanya saya memakaikan pakaian yang sebelumnya digunakan sebelum berenang, biar bawaan saya tidak terlalu banyak.
  7. Kacamata Renang
    Kacamata renang sangat penting dibawa ketika berenang, untuk menjaga matanya tidak iritasi. Pernah saya lupa tidak membawa kacamata renang, dan matanya kemudian merah dan perih. Untuk item tersebut sayapun membeli dengan kualitas terbaik yaitu kacamata renang nike.



    Waktu itu saya membelinya secara online di mapemall. Belanja alat olahraga secara online di mapemall.com ini sangatlah menyenangkan, produk olahraganya sangat lengkap, harga terjangkau dan pilihannya banyak. MAPEMALL.com adalah situs tujuan gaya hidup premier di Indonesia, dan merupakan perusahaan ritel terdepan di Indonesia, dengan lebih dari 1.900 toko dan portofolio yang sangat beragam. Dengan lebih dari 23,000 karyawan, MAP juga merupakan distributor merek olahraga, anak-anak dan gaya hidup terdepan.

    Merek favorit kacamata renang nike juga menjadi pilihan saya untuk menemani si kecil berenang agar semakin keren, mama kan nggak boleh kalah keren sama anaknya.
Bagaimana 7 perlengkapan berenang anak yang harus dibawa, apakah mama juga membawanya seperti saya?