JJ Green & The New Rot Fai Market Ratchada di Bangkok - Sewaktu di Bangkok saya sudah menyusun itinerary dengan mengunjungi night market tiap malam. Di Bangkok, wisata night market itu memang lagi booming, hampir disetiap wilayah selalu ada. Tinggal kitanya aja yang menyesuaikan dengan jam buka dan harinya yang nggak buka setiap hari. Paling enak sih kalo memang niat ke night market harus ngetripnya pas weekend, karena hampir setiap jumat-minggu night market itu lebih banyak.

Sebenarnya banyak banget night market yang sudah saya list, tapi yang berhasil cuma dua, yaitu Jatujak Green (JJ Green) dan The New Rot Fai Ratchada.

Jatujak Green (JJ Green)
Waktu itu saya landing di Bangkok sekitar pukul 21.00, sampai di hotel sudah pukul 22.00. Disaat itu saya lagi galau-galaunya mau lanjut ke JJ Green atau leyeh-leyeh di kamar hotel. Akhirnya karena ingat besoknya mau ke Khao Yai jadinya saya niatin banget ke JJ Green. Nggak naik BTS tapi naik uber biar cepat sampai, kebetulan lokasi hotel saya lumayan dekat dengan JJ Green jadi habis cuma Rp. 25.000,- an.

JJ Green Bangkok 6

Sampai lokasi itu sudah jam 23.00, saya kirain bakalan sepi karena sejam lagi sudah mau tutup, tapi ternyata pengunjungnya masih ramai. Masuk ke area JJ Green tidak akan dikenakan biaya tiket masuk. Ketika masuk di area JJ Green yang terlihat flea market atau para penjual yang ngelapak sambil buka dagangan dengan lesehan atau kios non permanen yang kecil sederhana.

JJ Green Bangkok 1
jj green bangkok 9

Menurut saya kalo kamu ke JJ Green harus selektif milih dan jangan langsung kalap, karena beberapa barang terlihat seperti pasar malam yang ada di Indonesia. Tapi kalo bisa milih, bisa kayak saya muterin stand langsung dapat dua kantong plastik yang isinya sepatu dan baju wkwkwkw...

JJ Green Bangkok 2JJ Green Bangkok 3JJ Green Bangkok 4JJ Green Bangkok 7

Di JJ Green ini menjual semua barang, mulai dari fashion, elektronik dan juga makanan. Selain stand non permanen yang berada di lapangan hijau, ada juga yang stand-stand permanen dengan hiasan yang lucu-lucu. Untuk harga memang murah-murah dan rata-rata dibanderol dengan harga yang sama, tapi jangan lupa perhatikan kualitasnya.

JJ Green Bangkok 5

JJ Green (Jatujak Green)
Open:
  • Rabu, Jumat, Sabtu, Minggu (18.00 – 00.00)
  • Selasa, Kamis dan Senin Tutup
Transportasi :
  • BTS Mo Chit atau MRT – Kamphaeng Phet / Chatuchak Park
  • Lalu dilanjutkan jalan kaki atau naik taksi/uber

The New Rot Fai Market Ratchada
Kalo ingat nama night market “The New Rot Fai Market Ratchada” pasti bakalan susah mengingatnya karena panjang bener namanya. Sudah gitu nama night market dengan Rot fai itu banyak banget, ada Rot Fai Train Night Market, Rot Fai Night Market 2 dan Talat Rot Fai ada versi 1, 2, 3. Sampai saat ini saya masih bingung membedakan antara night market tersebut, yang pasti lokasinya beda-beda. Kalo yang saya kunjungi adalah The New Rot Fai Market Ratchada.

The new rot fai bangkok

Sampai dilokasi, saya lebih tercengang dibandingkan sewaktu berada di JJ Green. Bukan karena barangnya, tapi karena pengunjungnya yang luar biasa banyaknya. Saya sendiri sampai susah untuk jalan, karena harus antri. Belum lagi kalo mau beli makanan dan berhenti di stand, pasti badan kesenggol sama orang.

Jadi waktu di The New Rot Fai Market Ratchada saya cuma ngelilingin stand-stand makanan. Banyak banget jajanan khas Thailand yang dijual, mulai dari yang halal hingga non halal. Harganya yang sama kayak harga makanan di Indonesia ini yang membuat kami kalap, apalagi banyak yang halal. Saya jajan kayak bayam crispy 40 bath, dan ayam 10 bath.

The new rot fai bangkok 8

The new rot fai bangkok 3The new rot fai bangkok 1The new rot fai bangkok 6The new rot fai bangkok 4
night market bangkok 2nigh market bangkok 1

Setelah kenyang dan kepanasan saya langsung ngadem di Esplanade Mall, lokasi night market memang berada di belakang mall. Jadi bisa ngadem dan ke toiletnya, kalo kecapekan juga bisa leyeh-leyeh di teras depan mall.

The New Rot Fai Market Ratchada
Open:
  • Selasa – Minggu (17.00 – 01.00)
  • Senin Tutup
Transportasi:
  • MRT Natural Cultural Centre Exit 3
  • Dari MRT keluar belok kiri, berjalan sampai terlihat Esplanade Mall.
  • Nanti ada gang sebelum Esplanade Mall itu belok ke kiri.
  • Berjalan kira-kira 300 meter sampai bertemu dengan Night Market.

Summary:
  1. Mengunjungi night market itu paling asik kalo menjelang malam, atau sore-sore, karena untuk cahaya kalo dibuat foto bakalan bagus. Pun pengunjung belum banyak, ramainya mulai pukul 19.00 ke atas. Kemarin aja saya nyesel selalu datang kemaleman jadi susah banget motoin suasana night market dan gagal OOTD.
  2. Bawa uang tunai yang cukup, karena transaksi pembayaran semuanya tunai.
  3. Perhatikan hari buka dan jamnya, night market tidak buka setiap hari.
  4. Tetap waspada, taruh tas didepan badan kita karena suasananya yang sangat ramai dan nggak pernah sepi pengunjung.
  5. Kalo pulang tengah malam lebih baik naik taksi online seperti uber atau grab taxi. BTS dan MRT hanya beroperasi hingga tengah malam.
  6. Selalu selektif kalo memilih barang, harga murah juga perhatikan kualitasnya. Di night market adek saya beli sepatu both yang lagi kekinian, barangnya kelihatan keren dan harganya sekitar 200 ribuan kalo dikurskan. Tapi setelah dibeli dan juga dicoba sewaktu beli, begitu dipakai jalan-jalan besoknya nggak nyaman sepatunya buat jalan karena keras dan bikin sakit kaki.
  7. Kalo kondisi night market sedang ramai-ramainya, hawanya bakalan panas. Jadi lebih nyaman pake kaos dan bawa kipas :D

Dua night market yang saya kunjungi JJ Green dan The New Rot Fai Market Ratchada ini bisa mengobati rasa penasaran saya tentang night market di Bangkok. Jadi jangan lupa agendakan wisata ke night market kalo ke Thailand.