Tempat wisata di Osaka menurut saya nggak banyak, salah satunya yaitu yang wajib dikunjungi adalah Kuromon Ichiba Market. Sebagai penggemar youtube dan blognya migrationology, saya tertarik ke Kuromon Ichiba Market karena Mark Wiens selalu berhasil mengulas tempat kuliner dengan apik.

kuromon market japan


Transportasi ke Kuromon Ichiba Market
Ke Kuromon Ichiba Market mudah banget dijangkau, kalau sampai nyasar berarti udah lelah kurang ion tubuh hehhehe.. Transportasinya yaitu
  1. Turun di Stasiun Nippombashi exit 10.
  2. Belok kiri jalan aja 200 meter sampai ketemu Kuromon Ichiba Market.

transportasi ke kuromon ichiba
Stasiun Nippombashi exit 10
transportasi ke kuromon ichiba 1
Belok kiri setelah keluar dari stasiun nimppombashi

Perhatikan jam buka yaitu 09.00 - 18.00.


Jalan dan Kulineran di Kuromon Ichiba Market Osaka
Kalau saya baca di web resmi Kuromon Ichiba Market, pasar ini cuma sepanjang 580 meter. Sudah berdiri sejak 190 tahun yang lalu. Ada 150 toko yang kebanyakan menjual ikan segar, restoran dan juga ada toko kosmetik dan pakaian.


kuromon ichiba 1
kuromon ichiba market 3
kuromon ichiba market 2

Sebenarnya saya ke Kuromon Ichiba Market nggak ada target yang dibeli. Pengen cuci mata dan lihat bentuk seafood yang aneh-aneh seperti ikan fugu maupun scallop.

Kuromon Ichiba Market sudah disetting seperti pasar turis, setiap gang di dalam pasar sudah diklasifikasikan jenis toko-nya. Pun, pusat informasi wisatawan juga ada lengkap dari Customer Service, Map, free wifi dan toilet . Wah saya langsung teringat Pasar Atum kebanggan saya dari Surabaya juga akan dikunjungi banyak turis asing.

Saya langsung tertarik sama kios yang dikerubutin pengunjung. Langsung saya mendekat ternyata penjual scallop dan kobe beef. Scallop ini kerang berdaging putih, cangkangnya sih besar tapi dagingnya sedikit. Waktu itu saya maju mundur mau pesan karena harga 500 yen atau Rp. 70.000,- tapi nggak kenyang, akhirnya nggak jadi beli. Kalau nulis blog gini jadi nyesel kenapa dulu nggak beli eh sekarang penasaran.

scallop kuromon
Kobe Beef dan Scallop
scallop kuromon 3
Scallop Mentah
scallop kuromon 2
Udah dikecapin sama dibakar..menggiurkan
kuromon ichiba market 4
Taraaa..penampilan scallop 70ribu hehehee

Lanjut menuju ke supermarket-nya saya lihat segala jenis seafood segar dijual. Ada gurita, ikan fugu, dan aneka ikan yang tidak tahu namanya.

market osaka
market osaka 2
market osaka 3
osaka market

Jajanan di Kuromon Ichiba Market ada banyak tapi saya nggak tahu namanya karena semua bertuliskan aksara Jepang.

ikan di kuromon
market osaka 4
market osaka 6
market osaka 4 (1)

Lalu saya terdampar di Takoyaki Wanaka yang katanya terkenal banget di Kuromon Ichiba Market. Saya beli Takoyaki seharga 450 yen dapat 8. Sekalian "ngaso" di Takoyaki Wanaka juga ada tempat duduk dan gratis bisa ambil air minum dingin.

takoyaki osaka 3
Takoyaki Wanaka

takoyaki osaka
Takoyaki isi 8 harga 450 yen

takoyaki osaka 2
Lumer dan gurita banyak


Takoyaki di Jepang rasanya berbeda sama yang biasa saya beli di Indonesia. Ya maklum sih kalau di Indonesia biasanya paling mahal saya beli 25ribu, kalau di Osaka sekitar 60 ribuan jadi isinya guritanya terasa banget. Takoyakinya diluar super crispy dan dalamnya lumer banget, kalau disenggol dikit langsung tercerai berai (duh bahasanya heheehe...)

Nggak bakalan nyesel jalan-jalan ke Kuromon Ichiba Market karena sekalian bisa menikmati kegiatan orang lokal yang lagi di pasar. Suasananya juga jepang banget, kayak di film-film. Kalau mau jajan puas minimal siapin uang 300ribuan pasti bakalan nyobain semua makanan di sana.