Minggu yang lalu kami sekeluarga sakit berjamaah. Awal sakit karena anak saya terkena flu dan batuk, setelah diobati anak saya sembuh, lalu bergantian saya yang sakit. Saya sembuh lalu suami saya sakit. Nah, kalau saya sama anak saya sembuh dengan minum obat andalan yang biasanya dijual di supermarket, mas suami ini nggak sembuh-sembuh meskipun sudah minum obat yang dijual di supermarket.

Kalau suami saya sakit, rewelnya bisa ngalahin anak saya yang sakit. Keluhannya yaitu pusing, sakit perut, perut begah, nggak bisa BAB, pilek dan batuk. Ya, akhirnya saya membawa mas suami ke dokter. Oleh dokter didiagnosa radang tenggorokan sama kelelahan. Tapi beneran nih rewelnya ngalahin anak saya yang sakit panas hehehehe….

Saya menebus obatnya. Dokter memberikan 7 obat yang harus diminum tiga kali sehari dan ada yang satu kali sehari. Semua obat ini harus dihabiskan. Nama obat tersebut ada ibuprofen, starquin, omegdiar, thiamfilex, rosuvastatin calcium, alodan dan tusselix. Dapat resep obat yang banyak banget saya jadi takut. Saya pernah baca artikel kalau minum obat terlalu banyak bisa mengakibatkan ginjal.



Saya lalu browsing menuju ke website SehatQ.com untuk mengetahui kandungan obat yang akan dikonsumsi suami. Bukannya saya sok jadi dokter dadakan sih, menurut saya pasien pun harus tahu apa saja obat yang dikonsumsinya.



Dalam website SehatQ.com tinggal klik aja “obat” lalu masukkan nama obatnya. Contohnya saya masukkan obat “ibuprofen” maka hasilnya obat ini digunakan untuk menghilangkan rasa sakit seperti sakit kepala, sakit gigi, radang sendi, dan nyeri otot. Obat ini bekerja dengan cara menghalangi produksi tubuh dari zat-zat alami, yang menyebabkan peradangan.

Lalu saya masukkan lagi obat “alodan” maka hasilnya Alopurinol digunakan untuk mengobati dan mencegah kadar asam urat tinggi dalam darah dan sejenis batu ginjal yang mungkin disebabkan oleh obat kanker atau untuk pasien batu ginjal yang mengandung kalsium. Kebetulan waktu dicek kemarin kolesterol mencapai hingga 300 dan asam uratnya juga tinggi.

Kalau tahu kandungan obat yang diminum suami saya jadi lega, intinya obat yang diberikan sesuai dengan yang dideritanya dan dosis yang diberikan.



Selain melihat kandungan obat, di website SehatQ saya juga suka membaca artikel tentang kesehatan. Apalagi saya lagi progam hamil anak kedua yang rencananya tahun depan. Di SehatQ banyak sekali artikel tentang kehamilan. Contohnya artikel kehamilan tentang ektopik, kehamilan anembrionik, Eklampsia dan sebagainya.

Fitur Cari dokter sangat menarik karena kita bisa buat janji dengan dokter tanpa harus antri langsung. Lokasi prakteknya ada di DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Utara, Jawa Tengah dan Riau. Kita tinggal klik “buat Janji” dan pilih tangal yang juga disesuaikan dengan jam prakter dokter.

Di SehatQ.com Fitur Forum juga menarik bagi saya. Kebetulan saya juga lagi mencari tentang kerontokan rambut saya yang lumayan parah. Saya cemas kalau sampai botak karena dari factor genetic ibu saya juga mengalami kerontakan di usia 30 tahunan.

Ternyata kerontokan rambut sehari 50 sampai 100 helai perharinya adalah normal. Penyebab rambut rontok diantaranya
• Genetik atau keturunan
• Hormonal
• Kehamilan
• gangguan di kelenjar gondok
• Anemia
• Diabetes Melitus (Kencing manis)
• Kelainan imun
• Infeksi pada kulit kepala dan folikel rambut
• Obat-obatan dan therapy
• Gangguan gizi
• Stress

Eh kok jadi curhat rambut rontok ya hehehhee… padahal awalnya curhat suami yang rewel banget karena sakit. Informasi tentang SehatQ juga bisa dilihat di social media berikut ini:

IG: @sehatq_id
TW: @sehatq 
FB: SehatQ