Jika dibandingkan dengan transportasi lain, tiket pesawat terbilang lebih mahal. Penentuan harga tiket pesawat sudah menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Dengan begitu, maskapai penerbangan gak sembarangan nembak harga.

Apabila menembak harga sembarangan dapat mengganggu bisnis maskapai penerbangan. Dampaknya ke masyarakat adalah orang jadi malas pergi naik pesawat.



Penentu Harga Tiket Pesawat

Pemerintah Indonesia berupaya menentukan harga tiket pesawat yang terjangkau untuk masyarakat. Namun, perlu diketahui ada berbagai faktor yang mempengaruhi tiket pesawat, yaitu

  Masalah SDM dan mahalnya biaya perawatan

  Bahan bakar avtur

  Nilai tukar rupiah dengan dollar

  Gaji karyawan

  Musim liburan

  Alat transportasi penunjang seperti Railink.

Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Jangan khawatir, kamu masih bisa memperoleh harga tiket murah. Yang harus dilakukan adalah mengikuti cara-cara berikut ini. Dengan begitu, kamu berpotensi mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik.

Salah satunya adalah dengan memesan tiket melalui aplikasi. Biasanya, aplikasi penyedia tiket pesawat menawarkan berbagai promo yang tentunya bikin harga tiket pesawat jadi murah. Salah satunya dengan memesan tiket pesawat di Traveloka.

1.     Pesan tiket pesawat pada jam 23.00

Pemilihan waktu yang tepat mempengaruhi harga tiket. Sangat disarankan untuk memesan tiket pada jam 23.00.

Mengapa harus memesan pada jam tersebut? Maskapai memiliki sistem bernama seat control. Fungsinya untuk membatalkan pemesanan tiket pesawat yang tidak aktif.

Biasanya terjadi sama orang yang sudah booking namun belum melunasi pembayaran. Sedangkan jam 11 malam adalah waktu pembatalan reservasi yang tidak aktif. Ketika pemesanan batal, kursi kembali dibuka dan kamu bisa pesan saat itu juga.

2.     Manfaatkan pemesanan saat kondisi low season

Menunda pembelian tiket pesawat saat musim liburan bikin pengeluaran sangat hemat. Sebab, harga tiket saat musim liburan seperti lebaran dan natal jauh lebih tinggi.

Walaupun ingin membeli tiket pada waktu liburan, pesanlah tiga bulan sebelum jadwal berangkat. Pesan segera di aplikasi Traveloka.

3.     Manfaatkan jendela pencarian incognito

Cara lain mencari tiket pesawat murah lewat sejarah pencarian. Manfaatkan fitur pencarian incognito.

4.     Bandingkan harga tiket melalui aplikasi

Manfaatkan aplikasi pencarian tiket seperti Traveloka untuk mencari tiket pesawat. Setelah masuk ke aplikasi, carilah tiket tujuan lalu bandingkan harganya. Pilihlah yang sesuai untuk kamu.

5.     Tentukan hari untuk memesan tiket keberangkatan

Waktu terbaik untuk memesan tiket pesawat adalah hari minggu. Sedangkan waktu terbaik untuk berangkat mulai dari hari Selasa dan Rabu. Pada hari tersebut, harga tiket pesawat lebih murah.

6.     Jadi anggota milis maskapai penerbangan

Selain berburu harga tiket, manfaatkan milis maskapai untuk mendapat berbagai keuntungan. Milis maskapai memakai sistem poin yang dapat ditukar dengan berbagai produk.

Kamu bisa mendapatkan tiket pesawat gratis, akses ke lounge, penginapan, serta berbagai diskon keanggotaan milis maskapai.

 

GarudaMiles adalah program frequent flyer milik maskapai penerbangan Garuda. Untuk registrasi jadi anggota GarudaMiles, kamu hanya perlu mendaftar di situs resmi Garuda Indonesia.

7.     Lakukan penerbangan transit

Penerbangan transit jadi pilihan kalau kamu punya waktu yang cukup banyak. Harga tiket pesawat transit jauh lebih murah karena maskapai hanya nyari penumpang untuk mengisi kursi kosong.

8.     Gunakan alat transportasi lebih dari satu

Walau repot di awal, namun efektif untuk mendapatkan tiket murah. Demi mendapat tiket pesawat murah, kamu bisa berangkat dari bandara yang dilalui maskapai.

Sebagai contoh, kamu berangkat lewat penerbangan transit dengan harga yang lebih murah. Alhasil, kamu bisa naik kendaraan umum seperti bus maupun dan kereta.

9.     Hindari pemesanan tiket di waktu mepet

Kalau kamu ingin membeli tiket pesawat saat libur hari raya, pesanlah beberapa bulan sebelum nya. Hindari pemesanan tiket pesawat di hari mepet kalau gak mau kehabisan uang.

Umumnya, harga tiket cenderung naik satu dua bulan sebelum tanggal keberangkatan.

Harga terbaik pemesanan tiket pesawat  penerbangan domestik terbaik biasanya memakan waktu satu sampai tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan. Sedangkan perjalanan internasional, pesan dua sampai delapan bulan sebelumnya.

10.  Gunakan situs web pencarian penerbangan

Situs seperti google flights atau skyscanner indonesia bisa dicari untuk mendapatkan harga tiket.

Gunakan situs-situs tersebut untuk menyetel pemberitahuan tarif tiket pesawat. Terutama, kalau kamu mencari tanggal spesifik. Jika tujuan dan tanggal cocok, nantinya informasi harga akan kamu dapatkan.

Kesimpulan

Mencari tiket pesawat murah tidak susah selama kamu mengikuti tips-tips berikut ini.

  Pesan tiket pesawat  pada jam 23.00

  Manfaatkan pemesanan saat kondisi low season

  Manfaatkan jendela pencarian incognito

  Bandingkan harga tiket melalui aplikasi

  Tentukan hari untuk memesan tiket keberangkatan

  Menjadi anggota milis maskapai penerbangan

  Lakukan penerbangan transit

  Menggunakan alat transportasi lebih dari satu

  Hindari pemesanan tiket pesawat di waktu mepet

  Gunakan situs web pencarian penerbangan.

Kalau kamu mau cari tiket pesawat murah lainnya, masuk aja ke aplikasi Traveloka. Berbagai promo menarik bisa kamu dapatkan dan tentunya sistem pembayaran yang aman dan mudah. Jadi gak perlu khawatir beli tiket pesawat yang harganya mahal.