Kemarin saya mendapat email dengan pertanyaan : "Mbak, tempat belanja barang-barang lucu di Singapore dimana sih?" Hmm, agak susah menjawabnya karena saya bukan abg lagi, standart barang lucu dan imut ala abg saya sudah lupa hehehe.. Maklum faktor "U" jadi sekarang kalo belanja lebih fokus ke tempat belanja yang murah.

Tapi saya akan bantu pertanyaan tersebut dengan "Tempat Belanja Murah di Singapore" yang biasanya sering jadi buruan wisatawan Indonesia untuk belanja oleh-oleh.

Penasarankan??? Berikut "Tempat Belanja Murah di Singapore" :
Chinatown
Hampir disetiap negara, kawasan Chinatown itu selalu ada dan umumnya selalu dijadikan tempat berjualan pernik oleh-oleh maupun street food. Sama halnya di Singapore, Chinatown di Singapore juga cukup ramai dengan para penjual kaki lima yang menjual dagangannya. Harga yang ditawarkan pun menurut saya lebih murah daripada kawasan belanja lainnya di Singapore.


Saya ambil contoh barang yang sering jadi buruan wisatawan adalah gantungan kunci seharga SGD 10, dengan harga tersebut bisa mendapatkan gantungan kunci isi 36, adapula asbak, pajangan, korek api, mug, sendok buah kecil dengan isi 3 kotak boleh dicampur seharga SGD 9. Adapula tas dan boneka bertuliskan Singapore dengan SGD 9 dapat 3 biji.

Cara ke Chinatown :
Untuk menuju Chinatown, jangan sampai salah exit ketika dari MRT Chinatown. Ambillah exit A dengan tujuan Pagoda Street. Biasanya jika salah exit, sulit untuk menemukan pasar oleh-oleh ini.

Bugis Street
Kawasan Bugis Street tak kalah menariknya dengan Chinatown. Enaknya, jika di Bugis Street lokasinya indoor sedangkan Chinatown outdoor, jadi kalo siang di Chinatown itu sangat panas. Umumnya turis sering ke Bugis Street siang hari karena lebih adem dan ke Chinatown sore atau malam hari.


Barang yang dijual di Bugis Street sangat beragam mulai dari gantungan kunci, asbak, kaos, sandal, tas dan berbagai barang unik lainnya yang tidak ada di Chinatown. Menurut saya harga untuk barang oleh-oleh lebih murah dikawasan Chinatown. Di Bugis Street harga SGD 10 mendapatkan satu kaos, tapi kualitasnya jauh lebih baik dari yang isi 3 di Chinatown.

Bugis Street yang selalu ramai

Baju lucu di Bugis Street

Di Bugis Street adapula kaos-kaos bermerek yang jadi buruan wisatawan Indonesia seperti Giordano yang harganya lebih miring daripada di Indonesia. Jangan lupa ketika lelah berbelanja beli juice one dolar yang sering menjadi buruan wisatawan dan makan siangnya di Qi Ji yang menjual nasi lemak.


juice one dolar

Cara ke Bugis Street :
MRT Bugis Exit C, naik eskalator kemudian Bugis Street akan terlihat di seberang jalan. 

Mustafa Center
Mustafa Center memang sangat legendaris dikalangan wisatawan. Mall yang berada dikawasan Indianya Singapore, merupakan mal serba ada. Barang dagangannya mulai dari barang elektronik, oleh-oleh, baju, camilan snack hingga koper. Mal yang terdiri dari 6 lantai buka hingga 24 jam non stop.

Awalnya saya tidak tertarik dengan Mustafa Center, karena jika weekend lautan manusia yang beretnis India tumpah ruah di Mal. Bahkan saking ramainya manusia, saya kira ada demo dan takut masuk ke Malnya. Ternyata memang seperti itu jika weekend dan tak perlu khawatir keamanannya karena petugas keamanan selalu berkeliling mal hingga 24 jam. Pengalaman saya berbelanja hingga jam 1 malampun tetap aman dan nyaman, padahal waktu itu kami cewek semua.

Jika ke Mustafa Center sebaiknya jangan membeli barang elektronik karena banyak penipuan, kadang penjualnya memang suka "nakal". Di Mustafa Center paling asik adalah berbelanja camilan yang unik-unik seperti permen cacing warna-warni yang khas Singapore, berburu coklat yang beraneka ragam, permen jelly dan berbagai snack. Harganyapun lebih murah daripada dikawasan belanja lainnya di Singapore.

Di Mustafa Center juga terkenal akan kopernya yang murah-murah. Karena belanja koper yang imut-imut inilah, saya sampai berbelanja hingga jam satu malam. Dibandingkan dengan harga koper di Indonesia, harga koper di Mustafa Center jauh lebih murah, padahal koper tersebut banyak yang bermerek.

Apabila pertama kali ke Mustafa Center, mungkin akan sedikit membingungkan. Karena banyak sekali pintu masuknya ada dari dari depan, samping maupun belakang, dan pintu masuk tersebut langsung masuk ke toko. Jadi ketika masuk Mustafa Center perhatikan huruf dan nomor masuknya biar tidak kebingungan, apabila masuk melalui pintu F maka keluarlah melalui pintu F, karena sebelum masuk toko Mustafa Center barang wajib dititipkan dulu. Apabila keluar melalui pintu lain, maka akan sedikit kebingungan mengambil barang yang kita titipkan tadi.

Cara ke Mustafa Center :
MRT Farrer Park exit F. Jangan sampai salah exit di MRT Little India ya, karena jarak MRT Little India ke Mustafa Center cukup jauh, meskipun Mustafa Center berada dikawasan Little India. Mustafa Center lebih dekat di akses dari MRT Farrer Park.

Orchard Road
Kawasan Orchard Road meski bukan dikatakan kawasan "Tempat Belanja Murah di Singapore" namun setiap wisatawan selalu mengunjungi kawasan ini. Orchard Road selalu diburu ketika ingin berbelanja barang bermerek yang harganya lebih murah daripada di Indonesia.


Barang bermerek yang sering diburu biasanya adalah



  • H &M
  • Meski H & M ada di Jakarta, namun seperti di Surabaya maupun kota besar lainnya H & M belum dibuka counternya, jadi H & M masih memikat wisatawan Indonesia. Untuk berburu barang dari Sweden ini dikawasan Orchard akses terdekat adalah dari MRT Sommerset. Letak H & M juga strategis di pojok jalan jadi tak susah menemukannya.

  • Cotton On
  • Para abg bisa berbelanja di Cotton On karena barang yang dijual mulai dari kaos, topi, sandal dan berbagai fashion lainnya memang murah dan fashionable.


    Cotton On di Singapore cabangnya cukup banyak, untuk di kawasan Orchard ada sekitar 2 toko di Sommerset Mall dan Ion Orchard.

  • Rubi Shoes
    Sepatu jelly dari Rubi Shoes juga sering diburu para abg. Harganya memang murah-murah mulai dari SGD 10 - SGD 25 membuat pengunjung sering kalap berbelanja. Bahkan jika ada sale sepatu tersebut bisa dijual hingga SGD 5.

    Sumber foto : facebook rubi shoes

    Lokasi : Ion Orchard, 2 Orchard Turn berada di lantai basement MRT Orchard  

  • Lucky Plaza
    Lucky Plaza juga merupakan mall favoritnya orang Indonesia, disini kita bisa berbelanja kaos, gantungan kunci, asbak dan berbagai barang oleh-oleh lainnya. Meski harganya lebih mahal dari Chinatown, Bugis Street dan Mustafa Center, Lucky Plaza tetap menarik perhatian karena lokasinya yang strategis di kawasan Orchard.


  • IKEA
    Meski sudah ada di Indonesia, IKEA masih memikat hati wisatawan Indonesia ketika di Singapore. Maklum saja, IKEA yang ada di Indonesia hanya satu yaitu dikawasan Tangerang yang lumayan jauh dari Surabaya dan kota besar lainnya.

    Toko perabot rumah yang berasal dari Swedia ini, memiliki barang-barang yang murah dan setiap storenya memiliki contoh desain ruangan yang unik. Meski tidak berbelanjapun saya suka mengagumi desain interiornya yang sangat apik.


    Ikea di Singapore berada dikawasan ujung Singapore, ada 2 Ikea yaitu dikawasan Alexandra dan kawasan Tampines. Dua lokasi tersebut yang paling dekat dengan pusat kota adalah Alexandra, jaraknya sekitar 40 -50 menit menggunakan MRT dan Bus.


    Cara ke Ikea Alexandra :
    Biasanya saya ke Ikea Alexandra Start dari Bugis MRT turun di Redhill Station exit A. Lalu saya melanjutkan perjalanan dengan nomor bus 33 atau 120 dengan 4 stop, saya kemudian berjalan ke IKEA 100 meter dari pemberhentian tadi.

    Kalo takut naik bus, di Ikea Alexandra disediakan shuttle bus di hari Weekend startnya dari Redhill MRT, Tiong Bahru MRT, dan Buona Vista MRT. Shuttle bus beroperasi mulai pukul 11.00 hingga 21.00, tapi ingat ya shuttle bus ini tidak ada jika weekday.
    Charles and Keith di Singapore
    Ke Singapore rasanya kurang lengkap tanpa berbelanja Charles and Keith, tas dan sepatu yang berasal dari Singapore memang memiliki daya magnet dikalangan wisatawan kaum hawa. Untuk harga Charles and Keith di Singapore dengan Indonesia, harganya selisih sekitar 200 ribu - 300 ribu dari harga reguler, barang lebih murah lagi jika ada sale lagi.
      Di Singapore cabang dari Charles and Keith cukup banyak, namun yang paling ramai menurut saya ada di :
    • Charles and Keith Bugis Junction
      Harga Charles and Keith di kawasan bugis Junction ini lebih murah dibandingkan di kawasan ION Orchard, kadang ada selisih sekitar 50ribu atau 100 ribu dan banyak pula barang yang disale. Tak heran Charles and Keith bugis Junction tak pernah sepi. Untuk ke Bugis Junction sama dengan caranya ke Bugis Street. Lokasi Bugis Junction terintegrated dengan MRT Bugis.

      Suasana di Bugis Junction


    • Charles and Keith Changi Airport
    • Saya juga suka berbelanja Charles and Keith di Changi Airport karena barang diairport tanpa ada tambahan pajak GST 7% jadi otomatis harganya jauh lebih murah daripada counter lainnya. Biasanya setelah turun dari pesawat saya langsung menuju counter charles and keith yang di airport, tapi tak langsung membelinya hanya survei dan membandingkannya di counter di luar airport. Jika harga di airport lebih murah dari luar airport, saya akan membelinya sewaktu akan pulang dari Singapore.


  • Charles and Keith Anchor Point Mall
  • Charles and Keith di Anchor Point Mall ini pamornya memang kalah dibandingkan counter lainnya di Singapore. Padahal harganya murah-murah mulai dari 200 ribuan, barang yang murah ini bukan barang rusak tapi tas dengan model lama dengan kondisi baru. Tapi yang produk barupun banyak yang dijual juga di Anchor Point Mall. Untuk mencapainya adalah sama dengan transportasi ke Ikea Alexandra, Lokasi mall tepat didepan IKEA.


    Tas cuma SGD 29 dan sepatu SGD 12 hanya di anchorpoint mall
    Haji Lane
    Kawasan Haji Lane akhir-akhir ini memang ngehits dikalangan wisatawan Indonesia. Haji Lane menjual barang-barang unik dari desainer lokal Singapore. Yang menarik kawasan Haji Lane penataan tokonya cukup apik, yaitu di gang sempit dengan deretan toko mungil dengan desain interiornya yang lucu-lucu.


    Barang di Haji Lane tak semuanya murah karena dibuat dari desainer, tapi jika kita jeli ada pernak-pernik, tas-tas lucu dan perabot unik yang harganya terjangkau. Siapkan kamera karena lokasinya sangat instagramable dan apabila lapar mampirlah ke restoran Zam-Zam.

    Cara ke Haji Lane :
    MRT Bugis Exit B, naik eskalator lalu beloklah kekiri. Berjalanlah lurus hingga kekawasan Raffles Hospital. Dari Raffles Hospital seberangi jalan terlebih dahulu lalu beloklah kekanan, apabila bertemu perempatan beloklah ke kiri. Lokasi Haji Lane ini dekat dengan Sultan Mosque.

    Tempat Belanja Murah di Singapore mana lagi ya yang belum saya ulas??? Sepertinya sudah saya tulis lengkap di artikel ini. Oia, jangan lupa setelah selesai berbelanja jika total belanja dalam satu SGD 100, refund GST di airport ya. Cek label Singapore untuk melihat artikel tentang GST. Happy Shopping di Singapore.