Ternyata Blora itu ngga sejauh yang saya bayangkan. Selama ini saya berpikir, kalo Blora itu jauh sekali dari Cepu, dan katanya jalannya rusak berat dan susah dilalui. Nyatanya, Blora ngga seekstrim yang saya bayangkan, cuma 40 menit dari Cepu dan jalannyapun masih manusiawi.

Dari dulu saya memang sudah penasaran berat sama Blora, bukan karena mau ngurus KTP atau SIM tapi mau kulineran yang katanya enak-enak. Coba deh googling "wisata kuliner Blora" nanti pasti munculnya kuliner yang lezat, unik dan enak.

Saya sih sudah mengincar wisata kuliner Blora diantaranya adalah Opor ayam Iskandar, Soto kletuk pak Galo, Sate Sapi & pak Ji, ayam panggang mak gogok dan lontong tahu mbah Supi di RM Nyamleng. Namun karena waktu yang hanya sehari saja di Blora, rasanya ngga mungkin kuliner-kuliner tersebut saya cicipi. Dua tempat yang akhirnya saya datangi adalah Sate Sapi Pak Ji dan Soto Kletuk Pak Galo.

Sate Daging Sapi Pak Ji
Biasanya kalo makan sate, antara pilihan sate ayam atau sate kambing, jadi sate daging sapi merupakan pengalaman baru bagi saya. Di Blora sendiri Sate daging Sapi Pak Ji ini cukup terkenal, terlihat dari & jumlah pengunjung warung dan kendaraan yang diparkir.





Meski kaki lima, warung sate sapi Pak Ji cukup nyaman, meja dan kursinyapun nyaman meski berkuran mini dan pendek. Adapula tempat duduk yang menghadap langsung ke penjualnya, tapi tempat duduk yang langsung menghadap ke sate dan gule sengaja saya hindari, karena pastinya akan memberikan kekhilafan, maksudnya lapar mata.

Kami yang terdiri dari 5 orang dewasa, langsung diberikan bumbu sate 5 mangkok. Bumbu satenya terlihat unik, yaitu bumbu kacang yang sepertinya dicampur dengan sedikit kuah gule. Agak surprise sih sama bumbu ini, karena mindset saya adalah sate kambing/sapi jawa tengah itu selalu pake kecap saja. Kadang untuk makan sate jawa tengah, saya suka gemes pengen bawa bumbu kacang sendiri, maklum lidah jawa timur selalu berpikir sate itu lebih afdol pake bumbu kacang.



Setelah diberikan bumbu kacang tadi, meja kami diberikan 20 tusuk sate. Enak-enak makan, kami diberikan 10 tusuk sate lagi, dan hingga ketiga kalinya saya diberikan 20 tusuk sate lagi. Waduh, kayaknya suami mulai ngga beres nih, pesannya maruk banget. Saya sih asik-asik aja nikmatin sate, bayarnya dipikirin belakangan.




Hingga bisikan gaib dari suami, "dek, kalo sate di Blora itu, satenya akan terus disajikan" maksudnya? Iya, sate yang matang, akan terus diberikan kepada pengunjung meskipun kita tidak memesannya. Nanti bayarnya baru dihitung dari jumlah tusuk satenya. Seketika itu sayapun sadar untuk berhenti mengunyah hahahaha...



Pilih Lontong atau Nasi, semuanya cocok, jangan lupa minta tambahan bawang goreng biar makin gurih.

Rasa Sate daging Sapi Pak Ji ini empuk dan tidak prengus. Bumbu dan daging satenyapun sangat cocok, bahkan saya colek2 bumbunya karena enak banget. Harga seporsi 10 tusukpun sesuai harganya yaitu Rp. 22.000,- 

Sate Daging Sapi Pak Ji
Jl Gunung Sumbing No 1
Blora
Open : 07.30 - 16.00
Harga : 10 tusuk Rp. 22.000,- 

Setelah dari sate daging sapi Pak Ji, saya ngga sengaja melewati Jalan Gunung Sindoro dan melihat Sate Sapi Pak Darman yang juga cukup ramai, bahkan lebih ramai dari Sate Sapi Pak Ji. Duh, jadi penasaran mana yang lebih enak atau difavoritkan warga Blora. Mungkin yang di Blora, bisa kasih jawabannya???

Soto Kletuk Pak Galo
Cerita wisata kuliner di Blora, masih berlanjut dengan mencicipi Soto Kletuk Pak Galo. Setelah dari Pak Ji tadi, kami guyonan "kuliner lagi nih, sambil nunggu isi perut melorot dulu" Eh, ternyata kami takjub lokasi Soto Kletuk Pak Galo hanya beda satu blok dari Pak Ji, kurang lebih 5 menitan perut diiisi lagi. Sempat galau dan dilema ketika pesan Soto Kletuk Pak Galo karena kekenyangan Sate. Akhirnya dengan alibi "mumpung di Blora", saya kuliner sesion ke dua 







Soto Kletuk ini sepertinya sangat khas di Blora. Soto ayam dengan kuah bening ini ditambahkan seledri dan kubis yang dipotong tipis memanjang, lalu yang membuatnya berbeda ada kriuk yang berbentuk bulat. Kletuk yang sepertinya terbuat dari ketela ini, meskipun disiram kuah soto tidak melempem. Jadi, kriuk tersebut yang membuat Soto Blora bernama Soto Kletuk.


Seporsi Soto Kletuk ini hanya Rp.10.000,- dijamin kenyang dan sangat unik. Misi selanjutnya di Blora, saya akan mencicipi Nasi Gandul dan Asem-asem Iganya yang juga sama khasnya di Pak Galo ini.

Soto Kletuk Pak Galo
Jl. Gunung Sindoro No: 1C
Blora - Jawa Tengah
Open : 06.00 - 22.00
Harga : Rp. 10.000,-

Begitulah cerita saya mencicipi kuliner khas Blora, masih banyak PR kuliner yang belum saya cicipi. Jadi, ada masukan wisata kuliner Blora lainnya ngga nih dari Blora?