Referensi Menikmati Musim Panas di Hong Kong

Hong Kong memiliki 4 musim berbeda yaitu: Musim Semi yang berlangsung di bulan Maret sampai Mei, Musim Panas di bulan Juni sampai Agustus, Musim Gugur pada bulan September hingga November, dan Musim Dingin di bulan Desember hingga Februari. Saat ini Hong Kong sedang memiliki musim panas dengan suhu 26°C – 31°C. Mengunjungi Hong Kong ketika Musim Panas sangat tepat karena banyak discount season di sejumlah tempat belanja dan atraksi di tempat wisata.

KAN00788

Kurang afdol rasanya kalau ke Hong Kong tanpa belanja. Hong Kong sebagai surganya tempat belanja memiliki banyak spot belanja dengan barang murah dikarenakan pajaknya yang rendah. Banyak barang bermerek di Hong Kong harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan harga di Indonesia. Tak heran jika Hong Kong terkenal sebagai pusat perbelanjaan di Asia yang setiap tahunnya banyak dikunjungi oleh wisatawan, apalagi ketika Musim Panas, banyak penawaran sale di berbagai pusat belanja.

Banyaknya tempat belanja di Hong Kong seringkali membuat wisatawan bingung memilih tempat belanja, setiap tempat belanja memiliki ciri khas masing-masing. Jadi layak dikunjungi semuanya, namun jika waktu anda di Hong Kong terbatas, maka berikut referensi tempat belanja sebagai panduan :

PMQ Hong Kong
PMQ sebenarnya bukanlah sekadar tempat shopping saja, namun tempat ini juga cocok dijadikan sebagai tempat nongkrong yang juga dapat dijadikan sebagai tempat ‘narsis’ karena banyaknya deretan karya seni anak muda Hong Kong yang terpampang di PMQ ini. Tempat ini berbeda dengan tempat shopping lainnya di Hong Kong, kebanyakan menjual barang branded, namun di PMQ banyak barang dari local desainer dengan harga yang relatif terjangkau. Setiap weekend juga selalu ada flea market.

pmq_b
sumber foto: www.discoverhongkong.com 
How to Get to PMQ:
MTR Central Station Exit C, lalu berjalan sekitar 15 menit dari station.

Cheung Sa Wan Road 
Mampir ke daerah Kowloon, tempat favorit saya untuk berbelanja yaitu Cheung Sa Wan Road. Deretan sepanjang jalan Cheung Sa Wan ini merupakan toko grosir dengan harga yang relatif murah. Jadi di Cheung Sa Wan Road ini terdapat hampir semua barang keperluan fashion, mulai dari dress, kaos, celana jeans, tas, dan sebagainya. Namun, jangan lupa ditawar setengah harga ya..jangan kapok kalau dimarahi penjualnya untuk dapat harga murah. 


discover hk
 sumber foto: www.discoverhongkong.com
DSCF1391
DSCF1884
How to Get to Cheung Sa Wan Road:
MTR Sham Shui Po station exit C1, lalu berjalanlah di sepanjang Cheung Sha Wan Road.

Harbour City Mall
Destinasi mall favorit saya selanjutnya yaitu Harbour City Mall yang merupakan salah satu mall terbesar di Hong Kong yang berada di kawasan Tsim Tsa Shui. Mall ini memiliki banyak toko, restoran, galeri seni dan hotel, karena banyaknya toko yang didukung oleh besarnya mall ini. Untuk memudahkan berbelanja, pengunjung dapat meminta map mall yang berada di Information sebagai panduan. Biasanya saya menuju toko kosmetik, pakaian dan juga barang elektronik kamera.

DSCF1966

Paling asik ke Harbour City Mall tuh dari siang sampai sore hari, karena menjelang sore, kita bisa menikmati pemandangan kota Hong Kong dari ocean terminal deck. Selain bersantai menikmati pemandangan, bisa juga nongkrong di kafe Harbour City Mall seraya ditemani akan suasana laut kota Hong Kong.

Setelah dari Harbour City Mall saya selalu mampir ke Avenue Stars dan Clock Tower dengan berjalan kaki. Avenue Star adalah Walk of Fame dari cetakan tangan artis Hong Kong yang diletakkan sepanjang jalan Victoria Harbour, Tsim Tsha Shui. Pada malam hari terdapat pertunjukan A Symphony of Lights dari hotel dan gedung yang berada di sekeliling Avenue Star, suasana semakin cantik dengan kapal-kapal yang lalu lalang sepanjang Victoria Harbour. Clock Tower merupakan bangunan legendaris Hong Kong sejak tahun 1915. Bangunan Clock Tower adalah icon Hong Kong, jadi tak lengkap liburan di Hong Kong tanpa berfoto di bangunan ini.


How to Get to Harbour City Mall:
MTR Tsim Sha Shui Exit A1


Hong Kong Industrial Centre
Sama halnya dengan toko-toko di Cheung Sa Wan Road, Hong Kong Industrial Centre ini menyediakan baju-baju dengan harga grosir yang relatif terjangkau. Bedanya kalau di Hong Kong Industrial Centre ini, tempat dan toko-toko penjualannya tertata lebih rapi dan ber-AC. Paling suka sih sama tatanan toko-toko kecil dengan fashion ala Korea dengan baju dan aksesoris lucunya. Namun, jika tidak ingin membeli barang dengan harga grosir, kalian bisa juga kok membeli eceran dan jangan lupa untuk tetap menawarnya. 
  

langham palace 3
How to Get to Hong Kong Industrial Centre:
MTR Lai Chi Kok Station Exit C
...

Selesai shopping, biasanya saya langsung menjelajahi kuliner aneka dessert di Hong Kong, apalagi kalau musim panas lihat dessert yang seger, akan rela mengantre. Berikut beberapa dessert yang sering diincar wisatawan, siapkan kesabaran untuk antre ya....

Oddies Foodies
Oddies Foodies ini adalah salah satu dessert kekinian khas Hong Kong yang sering disebut sebagai Egg Waffle Gelato. Satu cup di gelas plastik ini berisi ice cream gelato dengan waffle panjang yang disertai dengan bentuk bulatan kecil di atasnya dan menjadi ciri khas dari Oddies Foodies ini. Rasa favorit pada dessert ini yaitu Night Wolf dengan harga HK$ 52 atau setara dengan Rp. 88.400,-. Untuk bisa mencicipi dessert ini, kalian dapat mengunjungi Oddies Foodies. 


foodie
sumber foto: https://www.instagram.com/oddiesfoodies/

How to Get Oddies Foodies dessert: 
45 Gough St, Central, Hong Kong

Mr Tea 
Di Causewaybay, terdapat minuman yang lagi ramai banget dibicarakan sampai-sampai memiliki antrian yang panjang pula, yaitu Mr Tea dengan logo kumisnya. Berbeda dari jenis tea lainnya, Mr Tea ini menyediakan milk tea dengan cream cheese dibagian atasnya. Rasa lainnya pun bervariasi seperti Jasmine Green Milk Tea, Taro Milk Tea, Chocolate Milk Tea, Matcha Milk Tea dengan harga HKD$ 25, setara dengan Rp. 42.500,-


mrtea.hk
 sumber foto: https://www.instagram.com/mrtea_hk 


How to Get Mr Tea:
2-10 Great George St,
Causeway Bay, Hong Kong


Melon Pan Ice 
Melon Pan Ice juga merupakan dessert terkenal di Hong Kong. Sebuah ice cream dengan roti sandwich. Rasa ice cream dari Melon Pan ini bervariasi mulai dari chocolate, green tea, vanilla, cookies, hingga rasa campuran. Ciri khas dari Melon Pan Ice ini selain dari ice cream-nya yang segar, juga karena roti sandwich-nya yang lembut. Satu porsi dibanderol HK$ 38 atau setara dengan Rp. 64.600,-. 


melonpanic
sumber foto: https://www.instagram.com/melonpanice.hk_yuenlong/ 

How to Get Melon Pan Ice:
Shop 1A, G/F, 15-27 Cannon Street,  Causeway Bay, Hong Kong Island

Hui Lau Shan
Katanya sih kalau ke Hong Kong wajib mengunjungi Hui Lau Shan. Sebuah dessert mangga yang terkenal di kalangan wisatawan. Hui Lau Shan ini banyak tersebar dikawasan Hong Kong, jadi tidak sulit untuk menemukannya. Menu favoritnya adalah Mini Crystal Jelly mango dan mango mochi with mango slice dengan harga sekitar HK$33 atau sekitar Rp. 56.100,-

hui lau shan
sumber foto: https://www.instagram.com/p/BVewDEbgkob/?hl=id&taken-at=219151956 


How to get Hui Lau Shan:

Shop No.19, G/F, Lee Garden Road, Causeway Bay

Crumbs Frozen Yogurt 
Causewaybay memang terkenal sebagai pusat aneka dessert para ‘instagramers’, salah satunya yang nggak beda jauh dari Melon Pan Ice adalah Crumbs Frozen Yogurt. Frozen yogurt ini bisa dikasih aneka topping seperti mochi, green tea mochi, kacang, blueberry, dan oreo, selain itu rasa dari yogurtnya juga ada beberapa pilihan yaitu original, watermelon dan banana. 

crumbs
sumber foto: http://crumbs.com.hk/froyo-combos/ 

How to Get Crumbs Frozen Yogurt: 
No. 508 Jaffe Road
Causeway Bay, Hong Kong 


Thing To Do
Sengaja banget saya mereferensikan beberapa destinasi yang harus dikunjungi namun beberapa masih jarang ada yang tahu, seperti Harbour City yang kini deck-nya dibuka untuk umum. Ada pula Shek O, terdapat di kawasan Poho. Yang tentunya wajib untuk dikunjungi adalah Hong Kong Disneyland. Berikut pemaparan secara singkat yang bisa dijadikan sebagai referensi kalian untuk berlibur Musim Panas di Hong Kong! 



Harbour City
Kawasan Harbour City ketika summer benar-benar disulap menjadi tempat yang dapat memanjakan wisatawan melalui Ocean Terminal Deck. Lokasi Ocean Terminal Deck ini dikelilingi oleh laut yang memisahkan pulau-pulau Hong Kong, selain itu gedung yang mengelilinginya menambah cantiknya kawasan ini. Wajib banget mampir kalo musim panas di Harbour City. 

KAN00830

pier 7.jpg

Pada Musim Panas di kawasan Harbour City banyak event berlangsung. Pada tahun 2018 ini ada BE@RBRICK Summer Chill yang menyulap Osean Terminal Deck dengan konsep pantai, aktifitasnya mulai dari games, water play dan tuck shop. Sepanjang Harbour City akan ada boneka pasir dan banyak penjual dessert khas kota Hong Kong. Setiap tahun tema yang diselenggarakan pada event musim panas di Hong Kong selalu berbeda, kita akan mendapatkan pengalaman liburan musim panas yang tidak akan sama. 

Hong Kong Disneyland
Kurang lengkap rasanya jika pergi ke Hong Kong tetapi tidak berkunjung ke Disneyland nya. Menikmati musim panas di Hong Kong Disneyland ini banyak sekali kegiatan atau agenda yang meliputi atraksi-atraksi menarik hingga kembang api khas Disneyland. Jangan lupa untuk booking tiket online Hong Kong Disneyland secara online agar tidak antre ketika masuk. Harga tiketnya adalah HK$ 619 atau seharga Rp. 1.052.300,- untuk kamu bisa main sepuasnya. 


DSCF1434
DSCF1641
  
How to Get to Hong Kong Disneyland:  MTR Sunny Bay kemudian naik MTR Disneyland Resort. 


Shek O
Shek O ini merupakan kawasan pedesaan, namun yang berbeda dari desa ini adalah karena lokasinya yang berada di tepi pantai. Saat musim panas banyak sekali wisatawan yang berkunjung, sehingga ketika musim panas banyak sekali wisatawan yang berjemur di tepi pantai dengan penyewaan kursi di sepanjang kawasan Shek O ini. Referensi kuliner di Shek O yaitu Cococabana yang menyajikan menu western, Ming’s Cafe yang terkenal akan pizza-nya, atau Shek O Chinese and Thai yang terkenal akan hidangan seafood. Namun anda juga menyelenggarakan BBQ Seafood di sepanjang pantai Shek O dengan hasil memancing. 

shek o
sumber foto: www.pinterest.com


How to Get to Shek O:

MTR Shau Kei Wan exit A3, lalu naik bis nomor 9 atau bisa naik taksi dari MTR Shau Kei Wan.


Menjelajahi Kawasan Poho
Kawasan Poho terdapat di dalam Kawasan Old Town Central Hong Kong yang jauh dari hadirnya mall. Akhir-akhir ini kawasan Poho menarik perhatian dan minat para wisatawan karena banyaknya deretan coffee shop dengan konsep bangunan mulai dari yang berwarna-warni hingga unik. Selain itu, di setiap sudut dinding Kawasan ini dipenuhi oleh banyak karya seni lukis berbentuk mural. Kawasan Poho ini cocok banget dinikmati ketika musim panas, terutama di saat dengan lelah berjelajah, maka bisa mampir ke cafe. Cocoknya sih ke kawasan Poho pada saat sore hari menjelang malam. 

poho
sumber foto: http://www.citygirlcitystories.com 



 How to Get to Poho: 
MTR Sai Ying Pun station Exit C lalu berjalan kaki menuju kawasan Poho 

Referensi Penginapan di Hong Kong
Banyak sekali e-mail yang masuk ke saya menanyakan referensi penginapan di Hong Kong. Sebenarnya penginapan di Hong Kong itu banyak banget yang bagus dan interiornya unik, semuanya kembali ke budget masing-masing. Kalau saya akan mereferensikan penginapan dengan budget dibawah Rp, 1.500.000,-. Berikut beberapa pilihannya:


Mojo Nomad Aberdeeen Harbour
Mojo Nomad Aberdeeen Harbour terkenal dikalangan backpacker, namun penginapan ini juga menyediakan tempat tidur dengan kamar private. Bangunannya penuh dengan karya seni mural. Hotel ini berlokasi sangat strategis. Untuk transportasi meskipun jauh dengan MTR namun di depan hotel terdepat halte bus.

mojo nomad 2

mojo nomad
sumber foto: www.booking.com 


Ozo Wesley Hong Kong
Kalau ingin menginap di penginapan yang dekat MTR, maka bisa menginap di Ozo Wesley Hong Kong. Hotel ini lokasinya hanya 15 menit dengan jalan kaki dari MTR Admiralty dan Wan Chai. Meskipun bangunannya tidak khas anak muda, namun konsep Ozo Wesley Hong Kong minimalis dengan warna putih. Selain itu hotel ini juga bersih dan memiliki staf pelayanan yang ramah.


ozo hong kong
 sumber foto: www.booking.com

...


Hong Kong memang nggak ada matinya kalau masalah pariwisata, tempat shopping dan kuliner, bahkan di Musim Panas pun banyak sekali acara dan agenda menarik yang ngga bisa dilewatin. Saya rasa paling pas menikmati Hong Kong minimal 5 hari 4 malam ya, karena kalau sebentar saja ke sana bakalan dapat sedikit saja eksplore-nya. Jadi gimana nih sudah buat itinerary ke Hong Kong di Musim Panas?

causewaybay

You Might Also Like

2 komentar

  1. Lengkaaapp kap kap kaaappp


    Cusss browsing tiket cathay pacific 😅😅😅

    ReplyDelete